Friday, July 12, 2013

Dampak Penyalahgunaan Narkoba

Ruh4dian - Penyalahgunaan narkoba dapat memberikan dampak bagi si pemakai dalam bentuk gangguan kesehatan fisik, kesehatan jiwa, gangguan fungsi sosial atau pekerjaan dan gangguan keamanan masyarakat.

Dampak Penyalahgunaan Narkoba

Gangguan kesehatan fisik salah satu ciri dari ketergantungannya, dapat berupa adanya sindrom putus obat (Whitdrawal Symptoms) yang akan menimbulkan gejala, baik ringan maupun berat sampai dengan kematian bila tidak ditangani dengan cepat. Penyakit-penyakit yang timbul akibat penyalahgunaan jenis narkotika tertentu antara lain: radang hati, radang ginjal, radang jantung, radang paru-paru dan radang pembuluh darah balik (Vena). Akibat lain dengan penggunaan yang berlebihan (Over Dosis) dapat menyebabkan kematian.

Gangguan kesehatan jiwa bervariasi mulai degan gangguan konsentrasi, penurunan daya ingat sampai pada proses berpikir dan gangguan prilaku.

Gangguan fungsi sosial atau pekerjaan sering menimbulkan kerusuhan di rumah, hubungan antara orang tua dan saudara-saudaranya menjadi renggang. Bila si pemakai masih sekolah, maka tidak jarang yang putus sekolah atau berhenti untuk sementara dan bila sudah bekerja, maka tidak jarang yang dikeluarkan dari pekerjaannya.

Si pemakai narkoba sering membuat kerusuhan, mencuri, menjambret, menodong dan perbuatan-perbuatan melanggar hukum lainnya. Di samping itu, bila si pemakai narkoba menggunakan kendaraan di jalan raya, maka sering mengganggu ketertiban lalu lintas dengan mulai yang ringan sampai yang berat atau meninggal.

Dengan timbulnya dampak dari narkoba tersebut, sudah waktunya semua pihak mempunyai kepedulian untuk menanggulangi masalah tersebut secara bersama-sama mengingat penyalahgunaan narkoba ini semakin lama semakin meningkat jumlahnya.