Sunday, July 28, 2013

Dampak Dan Akibat Rusaknya Lapisan Ozon

Ruh4dian - Rusaknya ozon di stratosfer mengakibatkan semakin tipisnya lapisan ozon. Hal tersebut akan menyebabkan semakin banyak sinar ultraviolet yang dapat sampai ke bumi. Banyaknya sinar ultraviolet yang sampai ke bumi mengakibatkan dampak negatif terhadap kehidupan, baik di darat maupun di laut (manusia, hewan, dan tumbuh-tumbuhan, serta mikroorganisme).

Dampak Rusaknya Lapisan Ozon

Selain itu, sinar ultraviolet dapat berdampak negatif pula terhadap bahan-bahan yang digunakan di luar ruangan dan langsung terkena sinarnya, misalnya plastik akan cepat rusak apabila terkena sinar matahari secara langsung. Adapun dampak dari kerusakan lapisan ozon ialah, sebagai berikut.

  • Terhadap manusia
Sinar ultraviolet dalam jumlah kecil diperlukan oleh tubuh manusia, yaitu membantu pembentukan vitamin D oleh tubuh. Tetapi sinar ultraviolet dalam jumlah berlebih dapat mengakibatkan penyakit kanker kulit bahkan penyakit katarak. Untuk melindungi diri sebaiknya pada siang hari tidak membiarkan kulit dan mata terkena sinar matahari secara langsung dan dalam waktu yang lama.

  • Terhadap tumbuh-tumbuhan
Peningkatan sinar ultraviolet akan mengganggu tumbuh-tumbuhan di darat, karena pengaruh sinar ultraviolet pada kegiatan mikroorganisme (dalam asimilasi nitrogen). Hasil padi dan sejumlah tanaman budidaya lainnya akan menurun bila terjadi peningkatan sinar ultraviolet, karena ketersediaan nitrogen menurun. Peningkatan sinar ultraviolet dapat juga mengancam kemampuan dan kelangsungan hidup pohon-pohon di hutan.

  • Terhadap kehidupan di laut
 Penipisan ozon dapat mengganggu ekosistem kehidupan di laut dan memberi dampak negatif pada rantai makanan di laut. Dampak yang cukup memprihatinkan adalah peningkatan sinar ultraviolet yang dapat membunuh organisme kecil (plankton) yang menjadi basis dari rantai makanan di laut. Selain itu, fitoplankton di laut yang dapat menyerap banyak karbondioksida (CO2) dari atmosfer melalui proses fotosintesis akan menurun drastis, bila mikroorganisme ini tersinari oleh sinar ultraviolet dengan peningkatan yang kecil sekalipun. Berkurangnya kemampuan penyerapan karbondioksida oleh fitoplankton di laut merupakan ancaman karena menyebabkan pemanasan global.