Gangguan Dan Kelainan Pada Sistem Pernapasan Manusia

Gangguan Dan Kelainan Pada Sistem Pernapasan Manusia

Ruh4dian - Terdapat berbagai jenis gangguan atau penyakit atau kelainan pada sistem pernapasan manusia. Sehingga hal itu bisa memberikan dampak negatif atau efek fatal bagi kondisi tubuh. Oleh karena itu, alangkah baiknya kita mengetahui dan mengenal apa-apa saja gangguan dan kelainan itu.

Macam-macam bentuk gangguan (penyakit) pada sistem pernapasan manusia


Nah, adapun beberapa macam contoh gangguan dan kelainan terhadap seputaran organ pernapasan manusia ialah, sebagai berikut.

1. Alergi


Alergi dapat terjadi pada sistem pernapasan manusia dengan bermacam-macam sebab. Alergi karena debu misalnya yang dapat menimbulkan bersin-bersin, lalu rongga hidung membengkak dan terasa gatal sehingga terjadi batuk-batuk, baik ringan maupun berat.

2. Bronkhitis


Bronkhitis merupakan peradangan pada bronkhus yang disebabkan oleh infeksi yang dapat diperparah oleh asap, seperti asap polusi dari mesin kendaraan maupun asap rokok.

3. Laringitis


Laringitis merupakan peradangan pada kotak suara yang menyebabkan suara menjadi lirih, bahkan mungkin dapat tidak terdengar sama sekali.

4. Mimisan


Mimisan terjadi akibat pecahnya pembuluh darah yang ada di dalam hidung. Umumnya, mimisan sering terjadi pada anak-anak. Namun, dapat pula terjadi pada orang dewasa yang memiliki hipertensi dan gejala stroke.

5. Pleuritis


Pleuritis ialah kelainan yang berupa radang selaput yang menyelubungi paru, yang disebut pula sebagai selaput pleura.

6. Pneumonia


Pneumonia ialah kelainan yang diawali dengan adanya gejala radang pada paru-paru dan paru-paru terisi dengan cairan radang. Pneumonia disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus, atau dapat pula disebabkan oleh asap polusi dan asap rokok.

7. Polip


Polip merupakan jenis tumor jinak yang menyumbat sebagian jalan udara pada hidung. Kelainan ini sering menimbulkan suara yang sengau dan dapat mengakibatkan kesulitan bernapas.

8. Rhinitis


Rhinitis merupakan radang selaput hidung yang disebabkan oleh bakteri, atau dapat pula disebabkan oleh selesma maupun alergi.

9. Selesma (pilek yang diiringi influenza)


Selesma merupakan kondisi hidung yang berair atau mungkin tersumbat lendir diikuti dengan hilangnya sensitivitas indra penciuman. Selesma disebabkan oleh infeksi virus.

Nah, itulah artikel tentang "Gangguan Dan Kelainan Pada Sistem Pernapasan Manusia". Apabila terdapat kesalahan dalam penulisan, mohon maaf. Jika ada kritik, saran maupun hal-hal lainnya, bisa menghubungi Admin di menu yang telah tersedia :) Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa membawa pengaruh yang baik.

"Gambar dan isi tulisan di dalam postingan ini diambil dan diperbaharui dari berbagai sumber, mohon maaf apabila terdapat kesalahan, baik itu maksud dari isi postingan ini atau kesalahan apapun. Bijaklah dan selalu belajar untuk mengambil sisi positifnya ya sob!"

Kata kunci terkait pada artikel ini:

Berbagai penyakit pada sistem pernapasan manusia