Monday, July 29, 2013

Pola Tidur Yang Baik Dan Menyehatkan

Pola Tidur Yang Baik Dan Menyehatkan
Ruh4dian - Tidur dapat dikatakan sebagai keadaan tidak sadarkan diri yang relatif, bukan hanya keadaan penuh ketenangan tanpa kegiatan, tetapi lebih merupakan suatu urutan siklus yang berulang, dengan ciri adanya aktifitas yang minim, memiliki kesadaran yang bervariasi terhadap perubahan fisiologis dan terjadi penurunan respon terhadap rangsangan dari luar.

Tidur merupakan salah satu faktor penentu yang penting dalam kesehatan. Sehingga jika pola tidur seseorang tidak sesuai (buruk), maka hal itu dapat menimbulkan gangguan kesehatan pada tubuh dan hal buruk lainnya. Oleh karena itu, mengatur pola tidur dengan baik dan benar merupakan hal yang patut diperhatikan, karena dalam hal ini, tidur ikut membabtu menentukan kondisi kesehatan tubuh kita.

Nah, adapun hal-hal yang perlu diperhatikan dalam mengatur pola tidur yang baik dan menyehatkan ialah, sebagai berikut.

1. Memastikan tempat yang layak untuk dipakai tidur

Dengan memastikan tempat yang akan digunakan untuk tidur aman, nyaman dan bersih, maka hal tersebut akan mendukung aktivitas tidur yang baik dan sehat.

2. Berdo'a ketika hendak tidur

Do'a merupakan sarana yang sangat penting untuk melakukan berbagai macam aktivitas, mulai dari yang terkecil hingga yang terbesar, salah satunya adalah ketika hendak melangsungkan aktivitas tidur. Berdo'a ketika henda tidur dapat menghindarkan diri kita dari hal-hal buruk yang tidak kita inginkan, contohnya seperti mimpi buruk dan hal negatif lain sebagainya.

3. Hindari kebiasaan tidur setelah makan

Hal atau kebiasaan tidur setelah makan (khususnya setelah makan makanan berat/pokok seperti nasi dan lauknya) dapat mengakibatkan berbagai gangguan pada kesehatan tubuh atau penyakit, di antaranya ialah penyakit maag (kelebihan asam lambung) dan penyakit stroke. Sebaiknya ambil waktu tidur setelah makanan yang sudah kita konsumsi tersebut telah dicerna tubuh, kira-kira 2 jam setelah kita makan makanan berat tersebut.

4. Memiringkan tubuh ke arah bagian kanan (menghadapkan tubuh ke arah kanan)

Ketika hendak tidur, mengambil posisi miring ke arah kanan sangat dianjurkan bagi kita yang memiliki kondisi tubuh normal. Tidur dengan memiringkan tubuh ke arah bagian kanan mempunyai manfaat yang cukup besar terhadap kesehatan tubuh, di antaranya ialah menjaga saluran pernafasan, menjaga kesehatan jantung dan menjaga kesehatan paru-paru.

5. Tidak melebihi kebutuhan waktu tidur

Usahakan bagi kamu untuk mencukupi waktu tidur dan tidak berlebih-lebihan dalam meluangkan waktu tidur. Bagi balita, cukuplah mendapat waktu tidur sekitar 9 jam, untuk usia lewat balita hingga usia 29 tahun-an cukup sekitar 7 hingga 8 jam, sedangkan dari usia 30 hingga 120 tahun cukup 6 sampai 7 jam. Orang yang berlebihan dalam tidur dapat mengakibatkan timbulnya gangguan pada kesehatan tubuh. Sebuah penelitian juga membuktikan bahwa orang yang biasa tidur berlebih dalam satu harinya, maka ia memiliki resiko kematian yang lebih cepat.

6. Hindari kekurangan waktu tidur

Selain berlebihan dalam tidur, kekurangan tidur pun perlu kita hindari karena hal tersebut dapat mengakibatkan berbagai ganguan fisik dan mental, di antaranya: mempercepat penuaan dini, menurunkan daya ingat dan bahkan dapat menyebabkan tubuh terserang penyakit-penyakit serius (kanker, diabetes, penyakit jantung dan berbagai gangguan atau penyakit berbahaya lainnya).
Nah, itulah artikel tentang "Pola Tidur Yang Baik Dan Menyehatkan". Apabila terdapat kesalahan dalam penulisan, mohon maaf. Jika ada kritik, saran maupun hal-hal lainnya, bisa menghubungi Admin di menu yang telah tersedia :) Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa membawa pengaruh yang baik.
"Gambar dan isi tulisan di dalam postingan ini diambil dan diperbaharui dari berbagai sumber, mohon maaf apabila terdapat kesalahan, baik itu maksud dari isi postingan ini atau kesalahan apapun. Bijaklah dan selalu belajar untuk mengambil sisi positifnya ya sob!"

Kata kunci terkait pada artikel ini:

Mengatur tidur yang baik dan benar bagi kesehatan tubuh

Pola Tidur Yang Baik Dan Menyehatkan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Iqbal Ruhadian

0 komentar:

Post a Comment

Apa komentar kamu?