Go Green

Pola Tidur Yang Baik Dan Menyehatkan

Ruh4dian - Tidur dapat dikatakan sebagai keadaan tidak sadarkan diri yang relatif, bukan hanya keadaan penuh ketenangan tanpa kegiatan, tetapi lebih merupakan suatu urutan siklus yang berulang, dengan ciri adanya aktifitas yang minim, memiliki kesadaran yang bervariasi terhadap perubahan fisiologis dan terjadi penurunan respon terhadap rangsangan dari luar.

Pola Tidur Yang Baik Dan Menyehatkan

Tidur merupakan salah satu faktor penentu penting dalam kesehatan. Oleh karena itu, mengatur pola tidur merupakan hal yang patut diperhatikan, karena dalam hal ini, tidur ikut menentukan kesehatan tubuh kita. Adapun hal-hal yang perlu diperhatikan dalam mengatur pola tidur yang baik dan sehat, ialah sebagai berikut.
  • Berdoalah ketika akan tidur, karena dengan berdoa kita dapat terhindar dari mimpi buruk
  • Hindari kebiasaan tidur setelah makan, karena kebiasaan tersebut dapat mengakibatkan berbagai penyakit, di antaranya: penyakit maag (kelebihan asam lambung), dan penyakit stroke
  • Memiringkan tubuh ke arah kanan (menghadap ke arah kanan) ketika hendak tidur, karena tidur dengan memiringkan tubuh ke arah kanan mempunyai manfaat yang cukup besar terhadap kesehatan, di antaranya ialah: menjaga saluran pernafasan, menjaga kesehatan jantung, menjaga kesehatan paru-paru
  • Tidak melebihi kebutuhan waktu tidur. Usahakan bagi balita mendapat waktu tidur sekitar 9 jam, untuk usia lewat balita sampai usia sekitar 29 tahun cukup 7 sampai 8 jam, namun dari usia 30 sampai 120 tahun cukup 6 sampai 7 jam, karena penelitian membuktikan, bahwa orang yang biasa tidur berlebihan dalam sehari memiliki resiko kematian yang lebih cepat
  • Hindari juga kekurangan tidur, karena hal tersebut pun dapat mengakibatkan berbagai ganguan fisik dan mental, di antaranya: penyakit kanker, dan mengurangnya daya ingat
Gunakan tombol di bawah ini bila bermanfaat!