Bahaya Merokok Bagi Tubuh

Bahaya Merokok Bagi Tubuh
Ruh4dian - Rokok merupakan silinder dari kertas, yang memiliki ukuran panjang umum antara 70 hingga 120 mm (variasi-nya, tergantung kepada negara) dengan diameter sekitar 10 mm. Rokok dibakar pada salah satu ujungnya dan dibiarkan membara agar asapnya dapat dihirup melalui mulut pada ujung yang lain.

Kandungan bahan berbahaya pada rokok

Rokok dibuat dari tembakau (Nicotiana tobacum L) yang dikeringkan, kemudian dipotong kecil-kecil dan ditambah dengan bahan-bahan lain. Tembakau memiliki zat adiktif yang disebut nikotin. Kadar nikotin dalam tembakau berkisar antara 1% hingga 4%. Jadi dalam satu batang rokok, terdapat tembakau yang berkisar sekitar 1,1 mg nikotin. Dosis fatal nikotin pada manusia adalah 60%. Pada waktu rokok dihisap, tersedot pula hasil pembakaran yang berupa karbon dioksida (CO2), karbon monoksida (CO), PAH, tar, dinitrogen oksida (N2O), amonia dan berbagai zat lain yang jumlahnya kurang lebih 4.000 macam senyawa.

Adapun penjelasan mengenai bahan-bahan yang terkandung dalam rokok beserta akibat yang dapat ditimbulkannya terhadap kondisi kesehatan tubuh seseorang yaitu, sebagai berikut.


1. Nikotin

Nikotin merupakan stimulan saraf pusat yang dapat menyebabkan kecanduan, kerusakan jaringan otak, penggumpalan darah dan pengerasan dinding arteri. Nikotin memiliki wujud berupa cairan yang tidak berwarna, akan tetapi jika terkena udara wujudnya akan berubah menjadi berwarna cokelat.

2. Tar

Tar dihasilkan dari pembakaran tembakau dan cengkih. Tar memiliki bentuk cairan berwarna cokelat. Zat ini dapat menyebabkan:
  • Kerusakan pada paru-paru.
  • Gangguan pada paru-paru berupa penyakit kanker. 
  • Meningkatkan produksi lendir di paru-paru.

3. Karbon monoksida (CO)

Karbon monoksida merupakan gas yang sangat beracun, yang mudah terikat pada hemoglobin, sehingga mengurangi kemampuan darah dalam mengikat oksigen. Sehingga hal tersebut dapat menyebabkan kematian.

4. Zat iritan

Zat iritan dapat menyebabkan batuk, kanker paru-paru, mengiritasi paru-paru dan juga mengotori saluran udara dan kantung udara.

5. Zat karsinogen

Zat ini dapat memicu pertumbuhan saluran kanker.

Ciri-ciri seorang perokok

Orang yang merokok disebut perokok aktif. Adapun orang yang berada di sekeliling perokok aktif dan menghirup asap rokok yang dihasilkan oleh perokok aktif, disebut perokok pasif. Perokok pasif mempunyai resiko yang sama dengan perokok aktif. Berikut di antara ciri-ciri seorang perokok yang bisa dilihat dari perubahan atau kondisi fisiknya.
  • Gigi berwarna kuning karena email gigi rusak akibat terkena nikotin.
  • Bibir berwarna hitam karena adanya reaksi dengan asap panas.
  • Mata memerah dan sering berair.
  • Sering batuk-batuk.
  • Kuku berwarna kuning.

Bahaya merokok bagi tubuh

Berdasarkan berbagai studi atau penelitian, dapat dipastikan bahwa merokok dapat menyebabkan:
  • Kanker saluran pernapasan dan paru-paru.
  • Penyempitan pembuluh darah.
  • Penyakit jantung koroner.
  • Naiknya kadar gula pada darah (diabetes).
  • Kerusakan sel reproduksi pria dan wanita sehingga menyebabkan impotensi dan kemandulan.
  • Naiknya kadar lemak.
  • Meningkatkan jumlah bayi yang lahir prematur.

Nah, itulah artikel tentang "Bahaya Rokok Bagi Tubuh". Apabila terdapat kesalahan dalam penulisan, mohon maaf. Jika ada kritik, saran maupun hal-hal lainnya, bisa menghubungi Admin di menu yang telah tersedia :) Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa membawa pengaruh yang baik.

"Gambar dan isi tulisan di dalam postingan ini diambil dan diperbaharui dari berbagai sumber, mohon maaf apabila terdapat kesalahan, baik itu maksud dari isi postingan ini atau kesalahan apapun. Bijaklah dan selalu belajar untuk mengambil sisi positifnya ya sob!"

Kata kunci terkait pada artikel ini:

Dampak negatif merokok bagi kesehatan