Mempelajari Huruf (Aksara) Sunda Kaganga

Belajar Huruf (Aksara) Sunda Kaganga
Ruh4dian - Huruf atau aksara sunda kaganga atau juga disebut huruf sunda tempo lama (buhun) terdiri dari tiga puluh dua (32) huruf, yang dibangun oleh tujuh (7) huruf suara ‘vokal mandiri’ dan dua puluh lima (25) 'huruf konsonan (ngalagena)'.

Nah untuk lebih memahaminya, maka kamu bisa menyimak ulasan-ulasan mengenai pembahasan aksara sunda kaganga, sebagai berikut.

Aksara sunda kaganga (berdasarkan huruf suara dan konsonan)



1. Tujuh (7) huruf suara ‘vokal mandiri’


Belajar Huruf (Aksara) Sunda Kaganga

Huruf suara 'vokal mandiri', artinya huruf vokal tersebut digunakan ketika tidak digunakan oleh konsonan. Saperti huruf "i" di dalam kata "internet"  atau "iklan", huruf "a" di dalam kata "assalamu'alaikum" atau "air". Sedangkan huruf konsonan di dalam huruf sunda kaganga sudah menyatu dengan huruf vokal /a/. Seperti "ka", "ga", "Nga", "pa", “da” dan sebagainya. Jika ingin diubah dari misalnya "ka" menjadi "ke" atau "ko", maka harus memakai kiasan. Dan ada 14 kiasan yang dibangun oleh tiga (3) kategori, yaitu: 1. Kiasan yang ditulis di atas huruf, 2. Kiasan yang ditulis di bawah huruf, dan 3. Kiasan yang ditulis sejajar dengan huruf.

1. Lima (5) macam kiasan yang ditulis di atas huruf


Belajar Huruf (Aksara) Sunda Kaganga

2. Tiga (3) macam kiasan yang ditulis di bawah huruf


Belajar Huruf (Aksara) Sunda Kaganga

3. Lima (5) macam kiasan yang ditulis sejajar dengan huruf


Belajar Huruf (Aksara) Sunda Kaganga

2. Dua puluh lima (25) huruf konsonan (ngalagena)


Dua puluh lima huruf konsonan ini, tediri dari 18 huruf konsonan vokal /a/, 5 huruf konsonan untuk kata asing, dan 2 huruf konsonan tambahan. Adapun 25 huruf konsonan tersebut, antara lain:

Belajar Huruf (Aksara) Sunda Kaganga
Nah, itulah artikel tentang "Mempelajari Huruf (Aksara) Sunda Kaganga". Apabila terdapat kesalahan dalam penulisan, mohon maaf. Jika ada kritik, saran maupun hal-hal lainnya, bisa menghubungi Admin di menu yang telah tersedia :) Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa membawa pengaruh yang baik.

"Gambar dan isi tulisan di dalam postingan ini diambil dan diperbaharui dari berbagai sumber, mohon maaf apabila terdapat kesalahan, baik itu maksud dari isi postingan ini atau kesalahan apapun. Bijaklah dan selalu belajar untuk mengambil sisi positifnya ya sob!"

Kata kunci terkait pada artikel ini:

Belajar dan mengenal aksara sunda kaganga