Tuesday, August 20, 2013

Mempelajari Huruf (Aksara) Sunda Kaganga

Ruh4dian - Huruf sunda kaganga atau huruf sunda tempo lama (buhun) terdiri dari tiga puluh dua (32) huruf, yang dibangun oleh tujuh (7) huruf suara ‘vokal mandiri’ dan dua puluh lima (25) huruf konsonan (ngalagena).
1. Tujuh (7) huruf suara ‘vokal mandiri’
Belajar Huruf (Aksara) Sunda Kaganga

Huruf suara 'vokal mandiri', artinya huruf vokal tersebut digunakan ketika tidak digunakan oleh konsonan. Saperti huruf "i" di dalam kata "internet"  dan "iklan", huruf "a" di dalam kata "mutiara" dan "air". Sedangkan huruf konsonan di dalam huruf sunda kaganga, sudah menyatu dengan huruf vokal /a/. Seperti "ka", "ga", "Nga", "pa", “da”, dan sebagainya. Jika ingin diubah menjadi "ke" atau "ko", harus memakai kiasan. Dan ada 14 kiasan yang dibangun oleh tiga (3) kategori, yaitu: 1. Kiasan yang ditulis di atas huruf, 2. Kiasan yang ditulis di bawah huruf, dan 3. Kiasan yang ditulis sejajar dengan huruf.

1. Lima (5) macam kiasan yang ditulis di atas huruf:
Belajar Huruf (Aksara) Sunda Kaganga

2. Tiga (3) macam kiasan yang ditulis di bawah huruf:
Belajar Huruf (Aksara) Sunda Kaganga

3. Enam (6) macam kiasan yang ditulis sejajar dengan huruf :
Belajar Huruf (Aksara) Sunda Kaganga


2. Dua puluh lima (25) huruf konsonan (ngalagena)
Belajar Huruf (Aksara) Sunda Kaganga
Nah, itulah artikel tentang "Mempelajari Huruf (Aksara) Sunda Kaganga". Apabila ada kritik, saran ataupun hal-hal lainnya, harap menghubungi Admin :) Semoga artikel ini bermanfaat!
Kata Kunci Utama Lainnya Pada Artikel Ini:

Belajar Menulis Huruf Sunda Kaganga