Gangguan Dan Kelainan Pada Hati Manusia

Gangguan Dan Kelainan Pada Hati Manusia
Ruh4dian - Gangguan atau penyakit dan kelainan pada hati manusia dapat disebabkan oleh infeksi virus, tidak bekerjanya hati dan empedu. Sehingga hal itu bisa memberikan dampak negatif atau efek fatal bagi kondisi tubuh. Oleh karena itu, alangkah baiknya kita mengetahui dan mengenal apa-apa saja gangguan dan kelainan itu.

Macam-macam bentuk gangguan (penyakit) pada hati manusia


Nah, adapun beberapa macam contoh gangguan dan kelainan terhadap hati manusia ialah, sebagai berikut.

1. Hemokromatotis


Hemokromatosis ialah penyakit yang menggangu metabolisme zat besi, sehingga tubuh akan kelebihan cadangan zat besi terutama di dalam hati, yang dapat disebabkan oleh penyakit thalasemia, sideroblastic anemia dan alkohol kronis.

2. Hepatitis


Hepatitis ialah radang hati yang disebabkan oleh virus. Virus hepatitis ada beberapa macam, misalnya virus hepatitis A dan hepatitis B. Hepatitis yang disebabkan oleh virus hepatitis B lebih berbahaya daripada hepatitis yang disebabkan oleh virus hepatitis A.

3. Penyakit kuning


Penyakit kuning disebabkan oleh tersumbatnya saluran empedu yang mengakibatkan cairan empedu tidak dapat dialirkan ke dalam usus dua belas jari, sehingga masuk ke dalam darah dan membuat warna darah menjadi kuning. Kulit si penderita tampak pucat kekuningan, bagian putih bola mata berwarna kekuningan, dan kuku jari pun berwarna kuning. Hal ini terjadi karena di seluruh tubuh terdapat pembuluh darah yang mengangkut darah berwarna kekuningan karena bercampur dengan cairan empedu.

4. Penyakit wilson


Penyakit Wilson merupakan penyakit keturunan dengan kadar zat tembaga berlebihan dalam tubuh, sehingga menyebabkan penyakit hati dan kerusakan pada sistem saraf.

5. Sirosis


Sirosis merupakan puncak dari penyakit hati yang kronis dan menyebabkan guratan pada hati, sehingga hati menjadi tidak berfungsi, keadaan itu dapat mengakibatkan berbagai komplikasi, termasuk akumulasi cairan dalam perut, ketidaknormalan pendarahan dan meningkatkan tekanan pembuluh darah hati.

6. Tumor dan kanker hati


Tipe tumor hati ini dapat terbagi menjadi dua (2) bagian, yaitu tipe tumor hati yang jinak dan berbahaya. Di antara tipe tumor hati yang jinak antara lain: hemangioma, hepatic adenomas dan focal nodular hyperplasia. Sedangkan di antara tipe tumor hati yang berbahaya (kanker) antara lain seperti hepatocellular carcinoma.

Nah, itulah artikel tentang "Gangguan Dan Kelainan Pada Hati Manusia". Apabila terdapat kesalahan dalam penulisan, mohon maaf. Jika ada kritik, saran maupun hal-hal lainnya, bisa menghubungi Admin di menu yang telah tersedia :) Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa membawa pengaruh yang baik.

"Gambar dan isi tulisan di dalam postingan ini diambil dan diperbaharui dari berbagai sumber, mohon maaf apabila terdapat kesalahan, baik itu maksud dari isi postingan ini atau kesalahan apapun. Bijaklah dan selalu belajar untuk mengambil sisi positifnya ya sob!"

Kata kunci terkait pada artikel ini:

Berbagai penyakit dan gangguan pada hati manusia