Pola Makan Yang Baik Dan Menyehatkan

Pola Makan Yang Baik Dan Menyehatkan
Ruh4dian - Sebagai mana kita ketahui makan adalah suatu kegiatan memasukkan makanan atau sesuatu ke dalam mulut untuk memenuhi kebutuhan tubuh guna terciptanya kelangsungan hidup. Aktivitas makan, tidak akan maksimal memberikan manfaat pada tubuh atau bahkan bisa memberikan dampak negatif bagi tubuh bila kita asal-asalan dalam melakukan aktivitas makan ini tanpa memperhatikan aturan atau pola makan yang baik dan benar.

Perlu kita ketahui juga bahwa sesungguhnya kebanyakan dari pangkal penyakit bersumber dari makanan yang kita makan dan bagaimana cara kita mengkonsumsinya. Dengan demikian, ada hal-hal tertentu yang harus diperhatikan agar kegiatan makan dapat menjadi sesuatu yang baik dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita.

Metode dalam mengatur pola makan yang baik dan sehat


Nah, berikut merupakan metode yang perlu diperhatikan dalam mengatur pola makan yang baik dan sehat.

1. Makanan dan minuman yang akan dimakan, haruslah baik dan halal


Baik berarti makanan / minuman bersih dan mengandung kandungan gizi yang baik pula untuk tubuh. Sedangkan halal berarti makanan / minuman terbebas dari kandungan atau zat yang diharamkan oleh agama dan makanan didapat dengan cara yang baik.

2. Berdoalah sebelum memulai atau melangsungkan kegiatan makan


Makanlah dengan tidak berlebihan atau secukupnya saja. Lambung cukup diisi dengan 1/3 (sepertiga) makanan dan 2/3 (duapertiga) lagi diisi dengan air minum dan udara atau untuk kita bernapas.

3. Hindari mencampurkan berbagai macam jenis makanan


Penelitian membuktikan bahwa berkumpulnya bermacam jenis makanan dalam perut telah melahirkan bermacam-macam penyakit. Untuk mengkonsumsi makanan pokok (seperti nasi beserta lauknya) sebaiknya tunggu 3 sampai 4 jam terlebih dahulu jika kamu ingin makan lagi. Beri waktu bagi tubuh untuk mencerna makanan yang sebelumnya telah kamu konsumsi agar sistem pencernaan tidak bekerja terlalu berat.

4. Jangan mengkonsumsi makanan dingin dan panas bersamaan


Hindari pula mengkonsumsi dua jenis makanan panas atau dua jenis makanan yang dingin secara bersamaan.

5. Hindari makan dalam keadaan berdiri maupun dalam posisi tidur


Kedua hal tersebut memiliki dampak yang negatif bagi kesehatan tubuh apabila dilakukan, apalagi bila dilakukannya secara terus menerus (sering).

6. Makanlah dengan sikap duduk yang baik yaitu tegap dan tidak menyandar


Posisi makan seperti itu merupakan suatu hal yang baik bagi lambung, karena makanan yang dimakan akan turun dengan sempurna.

7. Hindari kebiasaan setelah makan lalu tidur


Kebiasaan tersebut dapat mengakibatkan timbulnya berbagai penyakit, di antaranya: penyakit maagh (kelebihan asam lambung) dan penyakit stroke.

8. Makanlah sesuai jadwal setiap harinya


Misalnya jika kamu terbiasa makan pagi hari pukul 07.00,  makan siang pukul 13.00, ngemil sore pukul 16.00 dan makan malam pukul 18.30, maka usahakan keesokan maupun hari-hari berikutnya pada jam-jam tersebut kita sudah melakukan aktivitas makan. Hal ini penting dilakukan untuk menjaga keseimbangan dan kestabilan tubuh.

9. Berpuasa dalam jangka waktu yang telah di tentukan


Sesekali berpuasalah atau lakukan puasa sesuai aturan dan sunnah, karena banyak hasil penelitian modern yang memaparkan bahwa puasa sangat menyehatkan. Diantaranya, memberikan istirahat fisiologis menyeluruh bagi sistem pencernaan dan sistem syaraf pusat, menormalisasi metabolisme tubuh, menurunkan kadar gula darah, mengikis lipid "jahat" (penyebab kolesterol), detoksifikasi (membuang racun dari tubuh) dan manfaat-manfaat lain sebagainya. Namun yang perlu diperhatikan dalam berpuasa adalah niatkan puasa untuk ibadah, dengan demikian maka kamu akan mendapatkan berbagai manfaat baiknya, termasuk kesehatan tubuh.

Nah, itulah artikel tentang "Pola Makan Yang Baik Dan Menyehatkan". Apabila terdapat kesalahan dalam penulisan, mohon maaf. Jika ada kritik, saran maupun hal-hal lainnya, bisa menghubungi Admin di menu yang telah tersedia :) Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa membawa pengaruh yang baik.

"Gambar dan isi tulisan di dalam postingan ini diambil dan diperbaharui dari berbagai sumber, mohon maaf apabila terdapat kesalahan, baik itu maksud dari isi postingan ini atau kesalahan apapun. Bijaklah dan selalu belajar untuk mengambil sisi positifnya ya sob!"

Kata kunci terkait pada artikel ini:

Mengatur makan yang baik dan benar bagi kesehatan tubuh