Friday, August 30, 2013

Sistem Saraf Pusat Manusia

Sistem Saraf Pusat Manusia
Ruh4dian - Sistem saraf pusat manusia terdiri atas otak dan sumsum tulang belakang yang mengatur seluruh aktivitas tubuh. Sistem saraf ini merupakan pusat pengontrol atau pengendali tubuh yang menerima dan menyalurkan rangsangan ke jaringan otot dan kelenjar serta mengatur tindakan selanjutnya. 
    A. Otak
      Otak merupakan pusat saraf utama yang terletak di dalam rongga tengkorak. Volume otak orang dewasa kurang lebih 1.500 cm³. Otak dibedakan menjadi tiga bagian, yaitu otak depan, otak tengah, dan otak belakang. Otak tengah berukuran kecil dan merupakan penghubung antara otak depan dengan otak belakang. Otak belakang terdiri atas otak kecil dan sumsum lanjutan.
      a. Otak besar (cerebrum)
      Otak besar berfungsi mengendalikan semua kegiatan tubuh yang disadari , misalnya berbicara, membaca, bergerak, berpikir, dan melihat. Otak besar juga berfungsi sebagai pusat ingatan dan pengendalian kesadaran, misalnya bergerak, mendengar, membau atau mencium bau dan lain-lain. Otak besar tersusun atas dua lapisan, yaitu lapisan luar dan lapisan dalam.
      1. Lapisan luar (korteks), merupakan lapisan tipis berwarna abu-abu. Lapisan ini berisi badan sel saraf. Pada bagian ini terdapat berbagai macam pusat saraf.
      2. Lapisan dalam, merupakan lapisan yang berwarna putih, banyak mengandung serabut saraf, yaitu dendrit dan neurit.


      b. Otak kecil (cerebellum)
      Otak kecil berfungsi mengatur keseimbangan tubuh dan mengkoordinasi kerja otot ketika bergerak. Otak kecil kanan dan otak kecil kiri dihubungkan dengan jembatan Varol.

      c. Otak tengah
      Otak tengah terbagi menjadi tiga bagian, antara lain:
      1. Otak tengah bagian depan, berfungsi mengatur impuls sensonik. 
      2. Otak tengah bagian bawah, berfungsi mengatur homeostasis suhu, selera makan, metabolisme lemak dan karbohidrat, tekanan darah, serta tidur. 
      3. Otak tengah bagian atas, berfungsi dalam refleksi mata.

      d. Sumsum lanjutan (medulla oblongata)
      Sumsum lanjutan terletak di depan otak kecil dan di bawah otak besar. Fungsi sumsum lanjutan adalah mengatur kecepatan pernapasan, denyut jantung, tekanan darah, suhu badan, dan kegiatan yang tidak disadari. Sumsum lanjutan bagian dalam berwarna kelabu karena banyak mengandung neuron, sedangkan bagian luar berwarna putih karena banyak mengandung dendrit dan neurit.

        B. Sumsum tulang belakang
          Sumsum tulang belakang mempunyai organ menyerupai sayap. Organ tersebut yang menuju ke depan disebut akar dorsal dan mengandung urat saraf sensonik, sedangkan bagian yang menuju ke belakang disebut akar ventral dan mengandung urat saraf motorik. Sumsum tulang belakang berfungsi sebagai konduktor (penghantar) dari otak dan ke otak, serta sebagai pusat gerak refleks.
          Nah, itulah artikel tentang "Sistem Saraf Pusat Manusia". Apabila terdapat kesalahan dalam penulisan, mohon maaf. Jika ada kritik, saran maupun hal-hal lainnya, bisa menghubungi Admin di menu yang telah tersedia :) Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa membawa pengaruh yang baik.
          "Gambar dan isi tulisan di dalam postingan ini diambil dan diperbaharui dari berbagai sumber, mohon maaf apabila terdapat kesalahan, baik itu maksud dari isi postingan ini atau kesalahan apapun. Bijaklah dan selalu belajar untuk mengambil sisi positifnya ya sob!"

          Kata kunci terkait pada artikel ini:

          Mengetahui sistem saraf pusat pada manusia

          Sistem Saraf Pusat Manusia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Iqbal Ruhadian

          0 komentar:

          Post a Comment

          Apa komentar kamu?