Go Green

Gangguan Dan Kelainan Pada Kulit Manusia

Gangguan Pada Kulit Manusia
Ruh4dian - Gangguan maupun kelainan dan penyakit yang berhubungan dengan kulit sering kita temukan dalam kehidupan sehari-hari. Ada gangguan dan kelainan yang berupa penyakit yang tidak berbahaya dan ada juga penyakit yang berbahaya. Adapun gangguan dan kelainan pada kulit yang biasa terjadi ialah, sebagai berikut.
 
1. Biang keringat
 
Biang keringat dapat mengenai siapa saja, baik anak-anak, remaja, atau orang tua. Biang keringat terjadi karena kelenjar keringat tersumbat oleh sel-sel kulit mati yang tidak dapat terbuang sempurna. Keringat yang terperangkap tersebut menyebabkan timbulnya bintik-bintik kemerahan yang disertai gatal. Daki, debu, dan kosmetik juga dapat menyebabkan biang keringat. Orang yang tinggal di daerah tropis yang kelembapannya tidak terlalu tinggi, akan lebih mudah terkena biang keringat. Biasanya, anggota badan yang terkena biang keringat yaitu dahi, leher, punggung, dan dada.
 
2. Biduran
 
Biduran dapat disebabkan oleh udara dingin, alergi makanan, dan alergi bahan kimia. Biduran ditandai dengan timbulnya bentol-bentol yang tidak beraturan dan terasa gatal. Biduran dapat berlangsung selama beberapa jam dan dapat pula berlangsung berhari-hari.
 
3. Eksim
 
Eksim merupakan penyakit kulit yang akut atau kronis. Penyakit tersebut menyebabkan kulit menjadi kering, kemerah-merahan, gatal-gatal, dan bersisik.
 
4. Jerawat
 
Jerawat merupakan gangguan umum yang bersifat kronis pada kelenjar minyak. Gangguan tersebut umumnya dialami oleh anak-anak masa remaja. Jerawat biasanya menyerang bagian wajah, dada atas, dan punggung. Bekas jerawat dapat menimbulka bopeng. Pemijitan jerawat secara tidak benar perlu dihindari, dikarenakan hal tersebut dapat menyebabkan infeksi.
 
5. Kanker Kulit
 
Kanker kulit disebakan oleh penerimaan sinar matahari yang berlebihan. Penyakit ini lebih sering menyerang orang yang berkulit putih atau terang, karena warna kulit tersebut lebih sensitif terhadap sinar matahari.
 
6. Psoriasis
 
Gejala [enyakit ini ialah kulit kemerahan yang dapat terjadi di kulit kepala, sikut, punggung, dan lutut. Penyebab pasti dari penyakti ini belum dapat ditentukan, tetapi hasil dari banyak penelitian penyakti ini disebabkan adanya gangguan pada sistem kekebalan tubuh. Ada dua tipe sel darah putih yang berperan dalam sistem kekebalan tubuh, yaitu sel limfosit T dan limfosit B.Pada psoriasis terjadi aktivasi limfosit T yang tidak normal di kulit. Ini menyebabkan kulit menjadi meradang secara berlebihan.
 
7. Ringworm
 
Ringworm adalah sejenis jamur yang menginfeksi kulit. Infeksi ini ditandai dengan timbulnya bercak lingkaran di kulit.
 
8. Skabies
 
Skabies atau seven-year itch disebabkan oleh parasit insekta yang sangat kecil (Sarvoptes scabies) dan dapat menular pada orang lain.
Gunakan tombol di bawah ini bila bermanfaat!