Go Green

Cara Mencegah Penularan Penyakit AIDS

Cara Mencegah Penularan Penyakit AIDS

Ruh4dian - AIDS (Acquired Immuno Deficiency Syndrome), Acquired berarti diperoleh, Immuno Deficiency berarti kekebalan yang rapuh, dan Syndrome berarti penyakit, sehingga pengidap AIDS mudah sekali terserang penyakit yang berbahaya. AIDS (Acquired Immuno Deficiency Syndrome) merupakan kumpulan dari gejala dan infeksi atau biasa disebut syndrome yang diakibatkan oleh kerusakan sistem kekebalan tubuh manusia.
 
Faktor Penyebab Penyakit AIDS:

AIDS disebabkan oleh virus yang disebut HIV (Human Immuno Deficiency Virus). Virus ini menyerang sel darah putih tertentu, dimana sel putih ini berfungsi sebagai sistem kekebalan tubuh yaitu menangkal infeksi atau serangan penyakit terhadap tubuh. Apabila virus HIV bersarang dalam sel darah putih dan merusak sel darah putih maka tubuh akan menjadi lemah dan mudah terserang penyakit. Untuk mengetahui apakah seseorang dinyatakan positif menderita AIDS, harus dilakukan pemeriksaan laboratorium terhadap banyaknya jumlah sel T pada darahnya.

Penularan Penyakit AIDS:

Virus HIV dapat berpindah atau menular dari seseorang ke orang lain. Penularan AIDS tidak menyebar melalui udara atau karena berjabat tangan dengan penderita AIDS. AIDS juga tidak menular melalui peralatan makan penderita AIDS, tetapi virus HIV ini dapat menular masuk ke dalam tubuh orang lain melalui transfusi darah (donor darah dari seseorang yang terinfeksi HIV), atau melalui alat-alat yang memyebabkan luka, seperti jarum suntik dan jarum infus, serta dapat juga melalui kontak seksual.

Pencegahan Terhadap Penyakit AIDS:

Sebaiknya kita berusaha menghindari penyakit ini dengan cara mencegah penularan virus HIV, antara lain:
  • Apabila kita menggunakan jarum suntik, gunakanlah jarum suntik yang steril dan jarum yang sekali pakai lalu dibuang.
  • Memeriksa darah terlebih dahulu sebelum melakukan transfusi darah, sehingga darah dapat dipastikan tidak terinfeksi virus HIV.
  • Hendaknya kita melakukan kontak seksual hanya dengan pasangannya yang sah.
  • Menghindari hubungan seks bebas dengan orang yang menderita penyakit ini.
  • Menghindari hubungan seks dengan orang yang pencandu narkoba.
  • Menjaga kesehatan sistem reproduksi.
Gunakan tombol di bawah ini bila bermanfaat!