Zat Penyedap Dan Pemberi Aroma Pada Makanan

Zat Penyedap Dan Pemberi Aroma Pada Makanan
Ruh4dian - Di Indonesia terdapat banyak ragam rempah-rempah yang dipakai sebagai penyedap makanan, misalnya cengkih, pala, merica, ketumbar, cabai, laos, bawang, dan masih banyak lagi.

Macam-macam jenis penyedap dan pemberi aroma pada makanan


Rempah-rempah termasuk zat penyedap alami. Jika rempah-rempah dicampur secara tepat dengan makanan saat diolah, maka hal itu dapat menimbulkan cita rasa tertentu pada makanan.

Selain penyedap alami tersebut, ada penyedap sintetis (buatan) yang biasa digunakan pada makanan oleh masyarakat, yaitu monosodium glutamate (MSG) atau lebih dikenal dengan vetsin. Monosodium glutamat dapat memberikan campuran rasa manis dan asin. Monosodium glutamat adalah suatu asam amino karboksilat yang diperlukan tubuh kita untuk pembentukan protein. Walaupun demikian, penggunaan zat ini sebagai penyedap makanan tidak boleh berlebihan. Konsumsi monosodium glutamat secara berlebihan dapat menyebabkan timbulnya sindrom restoran cina (Chinesse Rastaurant Syndrome). Gejala penyakit ini adalah sakit kepala, sesak napas, badan letih, dan sakit dada seperti serangan jantung.

Selain zat penyedap, ada zat lain yang berfungsi memberi aroma. Aroma tertentu pada makanan dapat menambah cita rasa dan meningkatkan selera bagi konsumen. Kayu manis, cengkih, dan vanili merupakan beberapa contoh zat pemberi aroma alami. Selain itu, ada juga zat pemberi aroma sintetis yang dapat kita ketahui nama dan kegunaannya pada tabel sebagai berikut.

No Nama Senyawa Aroma Yang Dihasilkan
1 Butil asetat Arbei
2 Oktil asetat Jeruk
3 Etil butirat Arbei
4 Amil valerat Apel
5 Amil asetat Pisang
6 Mentol Mint
7 Benzil asetat Stroberi
8 Aldehid sinamat Kayu manis, kola
9 Benzaldehid Ceri, almond
10 Sitronelal Bunga mawar

Nah, itulah artikel tentang "Zat Penyedap Dan Pemberi Aroma Pada Makanan". Apabila terdapat kesalahan dalam penulisan, mohon maaf. Jika ada kritik, saran maupun hal-hal lainnya, bisa menghubungi Admin di menu yang telah tersedia :) Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa membawa pengaruh yang baik.

"Gambar dan isi tulisan di dalam postingan ini diambil dan diperbaharui dari berbagai sumber, mohon maaf apabila terdapat kesalahan, baik itu maksud dari isi postingan ini atau kesalahan apapun. Bijaklah dan selalu belajar untuk mengambil sisi positifnya ya sob!"

Kata kunci terkait pada artikel ini:

Bahan pemberi aroma dan penyedap makanan