Ibadah Yang Paling Utama Dalam Islam

Ibadah Yang Paling Utama Dalam Islam
Ruh4dian - Dari Nafi' dari Ibnu Umar bahwasanya ia telah berkata, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam pernah bersabda: "Tidak ada praktek ibadah kepada Allah yang lebih utama daripada memperdalam ilmu agama."

Penjelasan mengenai memperdalam ilmu agama sebagai ibadah yang utama


Dari Husein dari bapaknya, Ali bin Abu Thalib, bahwasanya ada seorang lelaki dari orang Arab Anshar bertanya kepada Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam, "Ya Rasulullah! Menurut anda, amal perbuatan apa yang paling utama?"

Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam pun menjawab: "Amal perbuatan yang paling utama adalah mengenal akan kebesaran Allah dan memperdalam ilmu agama."

Rupanya lelaki tersebut menduga bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam tidak memahami pertanyaan yang dilontarkannya. Akhirnya, sekali lagi ia bertanya kepada beliau seraya melontarkan pertanyaan yang sama dengan pertanyaan yang pertama. "Ya Rasulullah! Sebenarnya yang saya tanyakan kepada anda adalah tentang amal perbuatan. Akan tetapi, mengapa anda menghubungkannya dengan ilmu pengetahuan." Ujarnya.

Kemudian Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam pun menjawab: "Ya, memang benar seperti itu. Ketahuilah olehmu bahwa ilmu pengetahuan yang disertai dengan amal perbuatan yang sedikit ataupun banyak akan memberi manfaat kepadamu. Akan tetapi sebaliknya, kebodohan yang disertai dengan amal perbuatan yang sedikit ataupun banyak tidak akan memberi manfaat kepadamu."

Dari Makhul bahwasanya ia telah berkata: "Tidak ada praktek ibadah kepada Allah yang lebih utama daripada memperdalam ilmu agama. Sesungguhnya Allah Subhanahu wa Ta’ala, para malaikat, makhluk-makhluk di bumi, dan ikan-ikan di laut akan memohonkan ampun kepada Allah bagi orang yang mengajarkan kebaikan kepada orang lain dan juga bagi orang yang menuntut ilmu." Imam Az-Zuhri telah menceritakan pula riwayat seperti yang telah disebutkan di atas.

Dari Anas radhiyallahu anhu bahwasanya ia telah berkata, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam pernah bersabda: "Pada hari kiamat kelak, orang yang ahli ibadah dan orang yang ahli ilmu agama akan dikatakan: 'Masuklah kamu ke dalam surga, sedangkan amal perbuatanmu itu hanya bermanfaat bagi dirimu sendiri.' Kemudian kepada orang yang ahli ilmu agama akan dikatakan: "Berilah syafaat, karena ilmumu itu bermanfaat bagi orang lain."

Nah, itulah artikel tentang "Ibadah Yang Paling Utama Dalam Islam". Apabila terdapat kesalahan dalam penulisan, mohon maaf. Jika ada kritik, saran maupun hal-hal lainnya, bisa menghubungi Admin di menu yang telah tersedia :) Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa membawa pengaruh yang baik. Wallahu a'lam bisshawab

"Gambar dan isi tulisan di dalam postingan ini diambil dan diperbaharui dari berbagai sumber, mohon maaf apabila terdapat kesalahan, baik itu maksud dari isi postingan ini atau kesalahan apapun. Bijaklah dan selalu belajar untuk mengambil sisi positifnya ya sob!"

Kata kunci terkait pada artikel ini:

Ibadah yang nomor satu di dalam agama Islam