Friday, December 20, 2013

Cara Membuat Otak Berpikir Lebih Cepat

Cara Membuat Otak Berpikir Lebih Cepat

Ruh4dian - Pada dasarnya, otak manusia hampir mirip dengan sebuah komputer biologis. Otak membutuhkan asupan, oksigen, dan juga membutuhkan latihan. Kita dapat melakukan beberapa hal untuk meningkatkan kemampuan otak dengan melatihnya, memodifikasi, atau bahkan memanipulasinya. Kita juga, mungkin tidak akan menjadi sempurna. Namun, hal ini juga bukan alasan untuk tidak membuat otak menjadi lebih baik. Berikut adalah beberapa hal yang dapat membuat otak berpikir lebih cepat.
1. Menarik Nafas Dalam-dalam

Menarik nafas dalam-dalam melalui hidung, dapat meningkatkan fungsi otak dengan cepat. Menarik nafas dalam-dalam pun, dapat memberikan asupan oksigen yang lebih banyak pada darah. Sedangkan, tingkat oksigen yang rendah pada darah, dapat mengurangi fungsi kerja otak.
2. Mengambil Dosis EPA Secukupnya

EPA adalah bahan kimia dalam minyak ikan, yang merupakan asupan tubuh yang baik untuk otak. Mungkin, dari sebagian besar orang, pasti sudah mengetahuinya. Jadi mengapa tidak memberikan minyak ikan setiap hari untuk meningkatkan kerja otak. Penelitian menunjukkan, bahwa minyak ikan dapat memfasilitasi peningkatan aktivitas pada otak, memperlancar peredaran darah, meningkatkan daya ingat dan konsentrasi.
3. Menghindari Asupan Yang Mengandung Gula Buatan

Dampak dari mengkonsumsi asupan yang mengandung gula buatan, akan membuat otak sulit berpikir jernih. Hal tersebut, merupakan hasil dari insulin yang mengalir dalam darah.
4. Mengerjakan Sebuah Teka-teki

Sudoku, Teka-teki silang, atau hal semacamnya, dapat membuat otak tetap berada pada kondisi yang terbaik. Sama seperti otot, jika kita tidak berlatih secara teratur, maka otot akan kehilangan kemampuannya untuk bekerja secara maksimal.
5. Tertawa

Tertawa bukan hanya merupakan obat yang terbaik, akan tetapi tertawa juga dapat meningkatkan fungsi otak dan menstimulasi kedua sisi otak pada saat yang bersamaan.
6. Menjadi Lebih Kreatif

Menjadi lebih kreatif, dapat memungkinkan kita untuk menemukan solusi baru untuk permasalahan yang sudah lama dan meningkatkan kesadaran pada saat yang bersamaan.
7. Belajar Melempar Barang

Penelitian dari Universitas Regensburg di Jerman, memindai otak dari seorang juggler (pemain sulap yang melemparkan barang), dan menemukan bahwa kegiatan melemparkan barang tersebut, dapat meningkatkan struktur otak. Setelah berlatih selama tiga bulan, otak akan menunjukan peningkatan signifikan pada dua bagian, yaitu bagian mid-portal dan posterior intraprietal sulcus kiri.
8. Melakukan Hal Yang Berhubungan Dengan Sifat Kekanak-kanakan

Albert Enstein (Fisikawan, penemu Teori Relativitas) pernah berkata, bahwa imajinasi lebih penting dari pada pengetahuan. Sebuah penelitian terhadap orang-orang yang sangat sukses menunjukkan, bahwa mereka juga memiliki ciri-ciri lain yang menonjol. Pertama, mereka mempunyai mimpi yang besar, tujuan yang jelas, dan teguh memegang mimpinya tersebut. Kedua, mereka tidak bekerja sendirian, mereka mampi memanfaatkan kekuatan yang ada di dalam dirinya maupun di sekeliling dirinya.
Nah, itulah artikel tentang "Cara Membuat Otak Berpikir Lebih Cepat". Apabila ada kritik, saran ataupun hal-hal lainnya, harap menghubungi Admin :) Semoga artikel ini bermanfaat!