Tuesday, December 10, 2013

Cara Mencegah Gangguan Penyakit Osteoporosis

Cara Mencegah Gangguan Penyakit Osteoporosis
Ruh4dian - Osteoporosis (biasa disebut keropos tulang) merupakan kondisi di mana tulang seseorang mengalami kelemahan yang dapat menyebabkan tulang menjadi pecah atau patah. Nah dengan demikian, mencegah terjadinya osteoporosis dan meningkatkan kepadatan tulang merupakan salah satu topik yang perlu untuk dibahas mengingat hal tersebut cukup berbahaya bagi kesehatan tubuh kita dan semakin banyak kasus osteoporosis terjadi, terutama pada wanita yang berusia di atas usia 50 tahun.

Kekeroposan tulang yang paling sering terjadi, yaitu pada tulang belakang, pinggul, dan tulang rusuk. Hampir 1 dari 3 perempuan dan 1 dari 6 dari laki-laki, mungkin akan mengalami patah tulang pinggul dalam hidupnya, bahkan 12 hingga 20% kasus tersebut dapat menyebabkan kematian. Cukup mengerikan, bukan? Nah untuk melindungi dan memperkuat kepadatan tulang merupakan hal yang penting untuk dilakukan, terutama bagi kaum wanita. Berikut merupakan cara untuk mencegah gangguan osteoporosis yang bisa kamu lakukan.

1. Penuhi asupan kalsium

Pastikan untuk mengkonsumsi sumber makanan dan minuman yang mengandung kalsium yang tinggi. Sumber kalsium alami yang baik bagi tubuh ialah asparagus, beberapa jenis kacang-kacangan seperti almon, biji-bijian, dan kacang hijau segar. Selain itu, ikan salmon dan sarden juga merupakan sumber kalsium yang sangat baik bagi tubuh, khususnya untuk kepadatan tulang seseorang yang mengkonsumsinya.
    2. Penuhi asupan vitamin D

    Vitamin D dapat merangsang penyerapan kalsium dan mengatur kadar fosfor di dalam darah, sehingga hal itu bisa menjaga kesehatan tulang. Vitamin D bisa kita dapatkan melalui sinar matahari di pagi hari. Oleh karena itu, berjemur di pagi hari untuk mendapatkan sinar matahari merupakan suatu hal yang baik untuk mendapatkan asupan vitamin D, sehingga hal tersebut dapat mengoptimalkan kinerja kalsium dan fosfor dengan bantuan vitamin D yang mengatur kadar kalsium dan fosfor untuk kesehatan tulang. Dengan demikian, hal itu dapat mencegah terjadinya gangguan osteoporosis.
      3. Hindari asap rokok dan minuman beralkohol

      Untuk mencegah osteoporosis, itu artinya kita harus menghindari asap rokok dan minum minuman beralkohol, karena kedua hal tersebut dapat mempengaruhi kesehatan tulang. Dengan demikian, kedua hal tersebut dapat meningkatkan resiko osteoporosis.

      4. Hindari minuman berkarbonasi (mengandung soda)

      Minuman berkarbonasi adalah salah satu faktor yang berkontribusi terhadap kerusakan tulang. Asam yang terkandung dalam minuman yang berkarbonasi, dapat menghapus email gigi dan menghabiskan simpanan kalsium dalam tulang. Sehingga dengan mengkonsumsi minuman berkarbonasi, maka hal itu dapat meningkatkan resiko terkena osteoporosis lebih besar.
        5. Olahraga secara rutin dan teratur

        Salah satu cara termudah untuk mencegah osteoporosis adalah dengan berolahraga secara teratur. Melakukan olahraga teratur, sangat baik untuk memperkuat tulang. Beberapa jenis olahraga yang dapat diperhatikan dan dilakukan ialah berjalan kaki, aerobik, yoga dan latihan beban.
          6. Konsumsi sayuran berdaun hijau

          Sayuran berdaun hijau mengandung berbagai vitamin dan mineral penting untuk menjaga kesehatan tulang, seperti vitamin K1, kalsium dan boron. Dengan demikian, sayuran berdaun hijau dapat menjadi pelindung tubuh dari serangan gangguan penyakit osteoporosis. Beberapa sayuran hijau yang dapat dikonsumsi untuk mencegah osteoporosis di antaranya adalah bayam, brokoli dan sawi.
            7. Konsumsi teh hijau

            Minum teh hijau dapat mencegah osteoporosis dengan mempertahankan kepadatan tulang. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of American College of Nutrition menunjukkan, bahwa wanita berusia 70 hingga 85 tahun yang mengkonsumsi teh hijau secara teratur, memiliki kepadatan tulang pinggul yang lebih, daripada wanita yang tidak meminum teh hijau atau bahkan jarang.
            Nah, itulah artikel tentang "Cara Mencegah Gangguan Penyakit Osteoporosis". Apabila terdapat kesalahan dalam penulisan, mohon maaf. Jika ada kritik, saran maupun hal-hal lainnya, bisa menghubungi Admin di menu yang telah tersedia :) Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa membawa pengaruh yang baik.
            "Gambar dan isi tulisan di dalam postingan ini diambil dan diperbaharui dari berbagai sumber, mohon maaf apabila terdapat kesalahan, baik itu maksud dari isi postingan ini atau kesalahan apapun. Bijaklah dan selalu belajar untuk mengambil sisi positifnya ya sob!"

            Kata kunci terkait pada artikel ini:

            Tips menghindari gangguan osteoporosis pada kesehatan tubuh

            Cara Mencegah Gangguan Penyakit Osteoporosis Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Iqbal Ruhadian

            0 komentar:

            Post a Comment

            Apa komentar kamu?