Go Green

Cara Mencegah Gangguan Osteoporosis

Cara Mencegah Gangguan Osteoporosis
Ruh4dian - Bagaimana cara mencegah osteoporosis dan bagaimana cara meningkatkan kepadatan tulang merupakan salah satu topik yang menarik untuk dibahas. Hal tersebut disebabkan, semakin banyak kasus osteoporosis terjadi, terutama pada wanita yang berusia di atas usia 50 tahun. Kekeroposan tulang yang paling sering terjadi, yaitu pada tulang belakang, pinggul, dan tulang rusuk. Hampir 1/3 perempuan, dan 1/6 dari laki-laki, mungkin akan mengalami patah tulang pinggul dalam hidupnya, bahkan 12-20% kasus dapat menyebabkan kematian. Oleh karena itu, untuk melindungi dan memperkuat kepadatan tulang merupakan hal yang penting untuk dilakukan, terutama bagi kaum wanita. Berikut merupakan cara untuk mencegah gangguan osteoporosis.
 
1. Penuhi Asupan Kalsium
 
Pastikan untuk mengkonsumsi sumber makanan dan minuman yang mengandung kalsium yang tinggi. Sumber kalsium alami ialah asparagus, kacang-kacangan, almond, biji-bijian, dan kacang hijau segar. Salmon dan sarden merupakan sumber kalsium yang sangat baik juga.
 
2. Penuhi Asupan Vitamin D
 
Vitamin D dapat merangsang penyerapan kalsium. Sinar matahari akan membantu mengoptimalkan kinerja vitamin D. Oleh karena itu, berjemur di pagi hari untuk mendapatkan sinar matahari, merupakan salah satu hal yang dapat kita lakukan, untuk mencegah terjadinya gangguan osteoporosis.
 
3. Hindari Asap Rokok, Konsumsi Kopi dan Minuman Beralkohol
 
Untuk mencegah osteoporosis, itu artinya kita harus menghindari asap rokok, mengkonsumsi kopi dan alkohol, karena hal-hal tersebut, dapat mempengaruhi kesehatan tulang. Tidak hanya itu, hal-hal tersebut juga, diduga dapat meningkatkan risiko osteoporosis.
 
4. Hindari Minuman Berkarbonasi (Bersoda)
 
Minuman berkarbonasi adalah salah satu faktor yang berkontribusi terhadap kerusakan tulang. Asam yang terkandung dalam minuman yang berkarbonasi, dapat menghapus email gigi dan menghabiskan simpanan kalsium dalam tulang.
 
5. Olahraga Secara Teratur
 
Salah satu cara termudah untuk mencegah osteoporosis adalah dengan berolahraga secara teratur. Melakukan olahraga teratur, sangat baik untuk memperkuat tulang. Beberapa jenis olahraga yang dapat diperhatikan dan dilakukan aialah aerobik, yoga, atau latihan beban.
 
6. Konsumsi Sayuran Berdaun Hijau
 
Sayuran berdaun hijau mengandung berbagai vitamin dan mineral penting untuk menjaga kesehatan tulang, seperti vitamin K1, kalsium, dan boron. Oleh karena itu, sayuran berdaun hijau dapat menjadi pelindung tubuh yang besar dari serangan gangguan osteoporosis. Beberapa sayuran hijau yang dapat dikonsumsi untuk mencegah osteoporosis di antaranya adalah bayam, brokoli, dan sawi.
 
7. Minum Teh Hijau
 
Minum teh hijau, dapat mencegah osteoporosis dengan mempertahankan kepadatan tulang. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of American College of Nutrition menunjukkan, bahwa wanita berusia 70 hingga 85 tahun yang minum teh hijau secara teratur, memiliki kepadatan tulang pinggul yang lebih, daripada wanita yang tidak minum teh hijau.
Gunakan tombol di bawah ini bila bermanfaat!