Friday, February 7, 2014

Asupan Sehat Yang Bisa Mengatasi Stres

Asupan Makanan Yang Bisa Mengatasi Stres
Ruh4dian - Stres merupakan suatu gangguan pikiran, yang mungkin masih banyak dialami oleh sebagian besar manusia yang dapat dipengaruhi oleh berbagai macam hal, seperti gangguan penyakit, masalah ekonomi keluarga, tuntutan pekerjaan dan lain sebagainya. Jadi bisa kita uraikan bahwa stred merupakan suatu kondisi yang terjadi karena tekanan yang melebihi kemampuan maksimal seseorang secara psikologis, sehingga tindakan yang dilakukan menjadi kurang terkendali. Stres dapat menggangu sistem metabolisme tubuh serta menurunkan sistem imun (kekebalan) di dalam tubuh, sehingga tubuh dapat terserang oleh berbagai macam penyakit dan tentunya hal itu akan menyebabkan kegiatan sehari-hari terganggu. Oleh karena itu, gangguan stres perlu dihindari dan diatasi.

Nah, berikut ini merupakan beberapa jenis asupan yang baik untuk dikonsumsi dalam menghindari atau membantu mengatasi stres yang sedang melanda. 
    1. Ikan
      Ikan merupakan asupan yang baik untuk kesehatan dan kecerdasan otak manusia. Namun ternyata, ikan juga dapat membantu mengurangi dan bahkan menghilangkan stres. Omega 3 yang terkandung di dalam ikan (seperti halnya ikan salmon dan ikan tuna) tidak hanya dapat membantu perkembangan otak, tetapi juga dapat menenangkan otak dari hal-hal yang dapat menyebabkan stres.
        2. Brokoli
          Brokoli merupakan sayuran yang banyak mengandung antioksidan, yang dapat mengurangi dan mengatasi stres. Selain itu juga, vitamin B, terutama kandungan folic acid di dalamnya juga, terbukti dapat meredakan perasaan gelisah hingga depresi.
            3. Gandum utuh
              Kandungan vitamin B di dalam gandum utuh dapat menstimulasikan produksi hormon serotonin, sehingga hal itu dapat membantu menenangkan otak. Gandum utuh juga merupakan asupan yang termasuk ke dalam kategori rendah lemak, yang tentunya baik untuk dijadikan menu sarapan pagi dan kelangsungan diet kamu.
                4. Teh hijau
                  Banyak sekali kandungan yang baik di dalam teh hijau bagi kesehatan, seperti katekin yang dapat mencegah radikal bebas dan menjaga kesehatan mata. Dan juga, kandungan asam amino thenine di dalamnya, yang dipercaya dapat menenangkan otak.
                    5. Susu rendah lemak
                      Mengkonsumsi susu yang rendah lemak, dapat mengurangi stres yang menyerang. Kandungan kalsium di dalamnya, dapat mengurangi ketegangan otot dan juga menenangkan syaraf, sehingga hal tersebut dinilai sangat baik untuk ketenangan suasana hati (mood).
                        6. Almon
                          Almon merupakan jenis kacang-kacangan yang baik dan menyehatkan. Selain memiliki kandungan vitamin B, almon juga memiliki kandungan vitamin E dan zat besi, yang ampuh untuk mengatasi stres, sekaligus juga menangkal radikal bebas di dalam tubuh.
                            7. Ubi jalar
                              Ubi jalar merupakan suatu asupan berkarbohidrat komplek, yang banyak mengandung vitamin A, vitamin C dan berbagai macam vitamin B. Ubi jalar juga, merupakan asupan yang padat akan gizi, yang juga dapat membantu mengatasi stress, menenangkan syaraf-syaraf di dalam tubuh, dan menurunkan tekanan darah.
                                8. Kedelai
                                  Kadar protein, kalsium, vitamin B dan juga magnesium yang terkandung di dalam kedelai, dinilai mampu membantu dalam menghilangkan stres.
                                    9. Es krim
                                      Dinginnya es krim, dinilai mampu mendinginkan panas di kepala seseorang yang memakannya yang disebabkan oleh terlalu banyak orang itu berpikir. Krim dan susu yang terkandung di dalam es krim, memiliki banyak asam amino tryptophan yang dapat membantu menenangkan otak.
                                        10. Blueberry
                                          Selain rendah kalori, blueberry juga merupakan salah satu asupan tubuh yang baik untuk mengatasi stres. Bluberry memiliki antioksidan dan flavonoid, yang dapat mencegah penuaan dini terhadap otak, yang disebabkan oleh stres berat.
                                            11. Buah-buahan yang banyak mengandung vitamin C
                                              Jeruk, jeruk nipis, dan lemon merupakan contoh asupan yanh kaya akan vitamin C yang dapat mengurangi produksi hormon stres, yang sekaligus dapat menguatkan sistem daya tahan tubuh. Buah-buahan tersebut pun, banyak mengandung serat, akan tetapi rendah kalori. Sehingga sangat baik untuk kesehatan tubuh.

                                              Nah, itulah artikel tentang "Asupan Sehat Yang Bisa Mengatasi Stres". Apabila terdapat kesalahan dalam penulisan, mohon maaf. Jika ada kritik, saran maupun hal-hal lainnya, bisa menghubungi Admin di menu yang telah tersedia :) Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa membawa pengaruh yang baik.
                                              "Gambar dan isi tulisan di dalam postingan ini diambil dan diperbaharui dari berbagai sumber, mohon maaf apabila terdapat kesalahan, baik itu maksud dari isi postingan ini atau kesalahan apapun. Bijaklah dan selalu belajar untuk mengambil sisi positifnya ya sob!"

                                              Kata kunci terkait pada artikel ini:

                                              Makanan yang bisa membantu menghilangkan stres

                                              Asupan Sehat Yang Bisa Mengatasi Stres Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Iqbal Ruhadian

                                              0 komentar:

                                              Post a Comment

                                              Apa komentar kamu?