Go Green

Manfaat Dan Khasiat Minyak Zaitun Bagi Tubuh

Manfaat Dan Khasiat Minyak Zaitun Bagi Tubuh
Ruh4dian - Minyak zaitun merupakan minyak nabati yang memiliki kandungan minyak tak jenuh yang sangat tinggi, terutama kandungan asam oleat (omega-9) dan polifenol di dalamnya. Sudah sejak lama, minyak zaitun dipercaya memiliki khasiat dan manfaat bagi kesehatan untuk mengatasi berbagai jenis gangguan. Selain itu, minyak zaitun juga memiliki kandungan senyawa seperti fenol, tokoferol, sterol, squalene, dan pigmen, yang mempunyai peran penting bagi kesehatan tubuh dan lain sebagainya. Adapun beberapa khasiat dan manfaat minyak zaitun bagi tubuh apabila dikonsumsi secara tepat dan sesuai ialah, sebagai berikut.
 
1. Menjaga dan Merawat Kesehatan Kulit
Minyak zaitun mengandung banyak vitamin E yang berguna untuk menjaga elastisitas kulit. Dengan mengonsumsi minyak zaitun, secara tidak langsung kulit akan terasa lebih kencang, halus, dan segar. Selain itu, minyak zaitun juga berguna untuk melembapkan kulit kering apabila digunakan sebagai masker. Manfaat lain yang terkandung di dalam minyak zaitun, ialah dapat melindungi kulit dari pengaruh buruk sinar matahari apabila dioleskan pada kulit.
2. Menghilangkan Noda Di Wajah
Minyak zaitun dapat berfungsi untuk menjaga kelembaban alami kulit agar tetap seimbang, dan juga berfungsi untuk mengangkat sel-sel kulit mati dipermukaan wajah, sehingga wajah tidak akan tampak kering dan kusam. Caranya, oleskan minyak zaitun pada bagian wajah dan leher, dan biarkan selama 4-5 menit, kemudian diuapkan. Hal tersebut, akan membuka pori-pori kulit dan membersihkan kulit secara alami. Hal tersebut juga cukup efektif untuk menyingkirkan flek-flek yang muncul pada kulit wajah.
3. Mencegah Penuaan Pada Kulit
Minyak zaitun dapat digunakan untuk pencegahan terhadap penuaan dini terhadap kulit, seperti timbulnya kerutan pada wajah. Caranya, cukup campurkan minyak zaitun dengan air perasan lemon, oleskan campuran tersebut secara merata pada kulit wajah, kemudian pijat secara perlahan. Lakukan cara tersebut, sebelum tidur dan diamkan 20-30 menit, lalu bilas dengan air atau sabun khusus muka. Penggunaan minyak zaitun seperti ini, akan membuat kulit menjadi lebih kencang dan terhindar dari kerutan.
4. Menghaluskan dan Menyegarkan Rambut
Rambut yang kusut (berantakan), dapat diatasi oleh minyak zaitun dengan cara mengusapkan langsung minyak zaitun pada bagian rambut yang kering dan kusut mengunakan tangan. Jika digunakan secara teratur, minyak zaitun akan memberikan nutrisi tambahan bagi rambut. Sehingga, rambut akan menjadi lebih lembut, segar dan sehat.
5. Mengatasi Ketombe
Dengan mencampurkan minyak zaitun dengan shampoo anti ketombe, akan lebih efektif untuk menghilangkan ketombe, dibandingkan dengan memakai shampoo anti ketombe saja.
6. Memberikan Nutrisi Pada Bibir
Minyak zaitun dapat memberikan nutrisi pada bibir. Dengan mengoleskan minyak zaitun jenis extra virgin setiap malam menjelang tidur, maka bibir akan menjadi lembab dan terhindar dari kekeringan dan pecah-pecah (sariawan).
7. Menjaga Kesehatan Kuku Jari
Minyak zaitun, dapat digunakan untuk menjaga kesehatan kuku jari. Caranya, teteskan 2-3 tetes minyak zaitun kedalam air hangat, kemudian rendam kuku jari ke dalam larutan tersebut, selama 20 menit. Lakukan cara tersebut secara rutin, minimal seminggu sekali.
8. Mencegah Kolestrol dan Diabetes Mellitus
Minyak zaitun memiliki kandungan asam lemak tak jenuh tunggal, sehingga mampu mengatur kolesterol dalam tubuh anda. Minyak ini juga dapat menurunkan kadar gula dalam darah sehingga dapat mencegah terjadinya penyakit diabetes mellitus.
9. Mencegah Penyakit Kanker dan Jantung
Terdapat kandungan antioksidan yang tinggi pada minyak zaitun yang dipercaya dapat mencegah penyakit kanker dan mengurangi resiko terkena penyakit jantung. Antioksidan yang terkandung dalam minyak zaitun, terutama senyawa hidroksitirosol, memiliki manfaat untuk menyeimbangkan kadar gula tubuh serta mencegah pertumbuhan sel-sel abnormal penyebab kanker.
10. Menghilangkan Rasa Nyeri
Rasa nyeri yang dirasakan, dapat ditekan dengan menggunakan minyak ini. Kandungan senyawa oleokantal dalam minyak zaitun, dapat mencegah radang seperti asam mefenamat dan obat penghilang radang lainnya. Minyak zaitun juga, mampu menghambat pembentukan prostaglandin yang merupakan salah satu penyebab timbulnya rasa nyeri. Caranya, cukup langsung dioleskan pada bagian tubuh yang terasa nyeri.

Nah, itulah artikel tentang "Manfaat Dan Khasiat Minyak Zaitun Bagi Tubuh". Apabila ada kritik, saran ataupun hal-hal lainnya, harap menghubungi Admin :) Semoga artikel ini bermanfaat!
Gunakan tombol di bawah ini bila bermanfaat!