Go Green

Faktor Penyebab Rusaknya Lapisan Ozon

Faktor Penyebab Rusaknya Lapisan Ozon
Ruh4dian - Ozon merupakan molekul yang berbentuk gas, yang terjadi secara alami dan ditemukan pada atmosfer bumi. Molekul ini (ozon) dapat menyerap panjang gelombang tertentu dari radiasi ultraviolet (atau biasa disingkat UV) matahari sebelum mencapai pada permukaan bumi, sehingga hal tersebut membawa pengaruh yang baik bagi bumi, khususnya bagi kehidupan di bumi. Namun demikian, ozon dapat mengalami kerusakan dan penipisan akibat beberapa faktor, yakni sebagai berikut.

1. CFC (Chlorofluorocarbon)

CFC merupakan jenis zat kimia yang terdapat dalam kaleng aerosol (penyembur), refrigerant (pendingin) pada lemari es dan juga AC (Air Conditioner), pelarut, dan bahan lainnya. CFC dapat mengakibatkan kerusakan dan penipisan pada lapisan ozon. Satu buah molekul CFC, memiliki masa hidup 50-100 tahun dalam atmosfer sebelum terhapuskan atau menghilang. Dalam perkiraan waktu 5 tahun, CFC akan bergerak naik dengan perlahan ke dalam stratosfer (10–50 km). Molekul CFC, baru akan terurai setelah bercampur dengan sinar ultraviolet, dan akan membebaskan atom klorin. Atom klorin tersebut, akan berupaya memusnahkan ozon dan menghasilkan lubang ozon. Penipisan lapisan ozon akan menyebabkan lebih banyak sinar ultraviolet yang memasuki bumi. Dengan masuknya sinar ultraviolet ke bumi maka dapat menyebabkan beberapa dampak negatif seperti penyakit katarak dan juga kanker kulit pada manusia.

2. Banyaknya volume (jumlah) kendaraan yang beroperasi

Banyaknya volume kendaraan, khususnya kendaraan dengan bahan bakar seperti bensin yang terdapat di bumi, maka akan sangat berakibat negatif pada lapisan ozon. Karbon monoksida yang dihasilkan oleh kendaraan berbahan dasar bensin dapat mengakibatkan rusaknya lapisan ozon. Dengan demikian, semakin banyak volume kendaraan yang beroperasi, maka akan semakin banyak pula gas karbon monokida yang akan dikeluarkan oleh kendaraan tersebut.

3. Gundulnya hutan

Penggundulan hutan secara besar-besaran, akan sangat berakibat buruk pada kualitas udara yang terdapat di bumi. Mengapa demikian? Karena gas-gas karbon monoksida yang dapat merusak lapisan ozon, tidak akan diserap dan dijadikan oksigen lagi oleh tumbuh-tumbuhan. Sehingga, hal tersebut akan menyebabkan keadaan di bumi menjadi tidak stabil. Padahal, tumbuh-tumbuhan yang terdapat di bumi dapat membantu mengurangi kerusakan terhadap lapisan ozon dan tentunya bisa menghasilkan oksigen bagi kelangsungan makhluk hidup di bumi.

4. Asap hasil pabrik 

Asap yang dihasilkan oleh pabrik akan sangat berpengaruh dalam memperparah kerusakan pada lapisan ozon. Sama halnya seperti kendaraan, asap pabrik pun dapat menghasilkan gas karbon monoksida. Dengan demikian, asap yang dikeluarkan oleh pabrik dapat merusak lapisan ozon dan akan menjadi polusi bagi udara.

Pesan

Dari ke-4 point di atas, manusia menjadi biang/sumber dari rusak atau menipisnya lapisan ozon. Jika kita sebagai manusia terus-menerus melakukan sesuatu yang dapat mengakibatkan kerusakan di muka bumi (khususnya dalam masalah ini), maka dampak buruknya akan kita rasakan sendiri, baik setelahnya maupun suatu saat nanti. Oleh karena itu, sudah saatnya bagi kita selaku umat manusia yang mempunyai akal untuk senantiasa memiliki akhlaq atau prilaku yang baik, menyadari dan senantiasa peduli terhadap kelangsungan hidup di bumi kita. Selain itu, hindari juga sifat egois dan serakah dan juga selalu ingat bahwa hidupmu bukan hanya untuk dirimu saja.
Nah, itulah artikel tentang "Faktor Penyebab Rusaknya Lapisan Ozon". Apabila terdapat kesalahan dalam penulisan, mohon maaf. Jika ada kritik, saran maupun hal-hal lainnya, bisa menghubungi Admin di menu yang telah tersedia :) Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa membawa pengaruh yang baik.
Kata kunci terkait pada artikel ini:

Hal-hal yang menyebabkan lapisan ozon berlubang
Gunakan tombol di bawah ini bila bermanfaat!