Monday, April 14, 2014

Hal-hal Yang Perlu Dihindari Setelah Makan

Hal-hal Yang Perlu Dihindari Setelah Makan
Ruh4dian - Ada berbagai macam hal yang sudah menjadi kebiasaan buruk yang sering dilakukan oleh sebagian orang setelah selesai makan, khususnya makan berat atau makan makanan pokok (seperti mengkonsumsi nasi dan lauknya) yang tentunya perlu dihindari, karena hal dan kebiasaan-kebiasaan tersebut memiliki dampak yang negatif terhadap kesehatan tubuh atau membuat hal yang bermanfaat menjadi tidak ada manfaatnya bagi tubuh.

Nah, alangkah baiknya kita mengetahui akan hal apa sajakah yang tidak baik bagi kesehatan tubuh setelah makan, kemudian kita lakukan langkah pencegahannya sebagai tindakan untuk menghindari hal-hal tidak baik tersebut, minimal demi kebaikan diri kita sendiri. Adapun hal-hal yang sebaiknya jangan dilakukan dan perlu dihindari setelah selesai makan ialah, sebagai berikut.

1. Merokok

Banyak orang telah mengetahui bahwa merokok merupakan aktivitas buruk atau tidak baik dan tentunya berbahaya bagi kesehatan tubuh, karena aktivitas tersebut dapat menyebabkan banyak keluhan terhadap kesehatan, seperti gangguan pada paru-paru, penyakit jantung, hipertensi (tekanan darah tinggi), kanker dan penyakit berbahaya lainnya. Meski banyak orang sudah mengetahui, namun sebagian orang malah tidak peduli dan melakukan aktivitas merokok ini. Sedangkan sebagian besar perokok sering kali menjadikan aktivitas merokok sebagai aktivitas wajib setelah makan. Padahal, efek buruknya dapat menjadi lebih berbahaya lagi apabila dilakukan setelah selesai makan. Berdasarkan dari sejumlah penelitian, merokok setelah makan akan sangat berbahaya, karena merokok setelah makan dapat meningkatkan resiko terkena kanker sepuluh kali lebih besar.

2. Berjalan-jalan

Berjalan-jalan setelah usai makan, khususnya makan berat dapat menyebabkan sistem pencernaan terganggu atau pencernaan menjadi tidak dapat menyerap nutrisi dari makanan yang telah dikonsumsi. Dengan demikian, makanan yang telah masuk ke dalam tubuh kamu akan menjadi tidak berguna bagi tubuhmu.

3. Tidur

Tidur setelah makan dapat membuat makanan yang telah dimakan tidak dapat dicerna dengan baik, sehingga pencernaan akan menjadi terganggu. Dan dalam jangka waktu yang panjang, hal tersebut dapat menyebabkan infeksi pada usus dan lambung.

4. Beraktivitas berat

Aktivitas fisik yang berat, dapat membuat perut menjadi kembung dan dapat memicu terjadinya kram di bagian perut. Oleh karena itu, sebaiknya setelah selesai makan hindari kegiatan fisik yang berat, seperti mengangkat beban, berlari atau aktivitas lainnya yang mengharuskan tubuh untuk mengeluarkan banyak tenaga dan banyak bergerak.

5. Mengkonsumsi buah-buahan

Mengkonsumsi buah-buahan memang baik bagi kesehatan tubuh seseorang. Namun, bila langsung dimakan setelah makan, khususnya makan makanan pokok, maka hal itu dapat menyebabkan penyerapan nutrisi di dalam tubuh menjadi tidak sempurna. Oleh karena itu, sebaiknya konsumsi buah-buahan satu jam sebelum makan atau dua jam setelah makan.

6. Minum air teh

Minum air teh setelah makan dapat membuat kandungan protein yang terdapat dalam makanan yang telah dikonsumsi menjadi sulit dicerna oleh tubuh. Hal teraebut disebabkan oleh kandungan asam daun teh yang tinggi. Oleh karenanya, sebaiknya minum teh dilakukan jauh sebelum kamu memakan sesuatu (khususnya makam makanan berat) dan sebaiknya minum teh dilakukan setelah jam makanmu telah lama berlalu.

7. Mandi

Mandi dapat menyebabkan peningkatan aliran darah ke bagian kepala, tangan, kaki, serta tubuh. Dengan mandi setelah makan, maka hal itu akan menyebabkan jumlah darah di sekitar perut menjadi berkurang. Selain itu, aktivitas tersebut juga akan melemahkan sistem pencernaan dalam perut, sehingga proses pencernaan makanan dalam tubuh pun akan menjadi terganggu.

8. Menyikat gigi

Menyikat gigi setelah makan sering dianjurkan oleh pakar atau ahli gigi untuk dilakukan. Namun, hal itu bukan berarti langsung dilakukan setelah makan. Karena jika setelah makan seseorang langsung menyikat giginya, maka hal itu hanya akan menyebabkan kerusakan pada giginya itu. Seharusnya setelah makan, beri jeda waktu sekitar 15 hingga 20 menit untuk menyikat gigi.
Nah, itulah artikel tentang "Hal-hal Yang Perlu Dihindari Setelah Makan". Apabila terdapat kesalahan dalam penulisan, mohon maaf. Jika ada kritik, saran maupun hal-hal lainnya, bisa menghubungi Admin di menu yang telah tersedia :) Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa membawa pengaruh yang baik.
"Gambar dan isi tulisan di dalam postingan ini diambil dan diperbaharui dari berbagai sumber, mohon maaf apabila terdapat kesalahan, baik itu maksud dari isi postingan ini atau kesalahan apapun. Bijaklah dan selalu belajar untuk mengambil sisi positifnya ya sob!"

Kata kunci terkait pada artikel ini:

Aktivitas yang tidak baik setelah makan

Hal-hal Yang Perlu Dihindari Setelah Makan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Iqbal Ruhadian

0 komentar:

Post a Comment

Apa komentar kamu?