Manfaat Dan Khasiat Buah Pisang Bagi Tubuh

Manfaat Dan Khasiat Buah Pisang Bagi Tubuh
Ruh4dian - Pisang merupakan salah satu buah yang enak dan memiliki beragam jenis. Selain itu, pisang merupakan asupan yang mudah dicerna oleh tubuh dan kaya akan nutrisi seperti kalium, kalsium, karbohidrat, vitamin C, vitamin B6, zat besi, magnesium, fosfor, dan masih banyak lagi yang lainnya. Sehingga tidak salah bila pisang memiliki banyak manfaat dan khasiat bagi kesehatan maupun kecantikan tubuh.

Macam-macam manfaat buah pisang bagi kebaikan tubuh


Nah, adapun khasiat dan manfaat buah pisang yang bisa didapat bagi tubuh apabila dikonsumsi secara tepat dan sesuai ialah, sebagai berikut.

1. Berperan dalam memberi nutrisi ke otak


Dalam buah pisang terdapat kandungan kalium dan magnesium yang berfungsi untuk transmisi syaraf di tubuh dan otak. Sehingga, mengkonsumsi buah pisang sangat baik untuk menutrisi otak kita.

2. Baik bagi kesehatan tubuh ibu hamil dan calon bayi


Buah pisang mengandung asam folat yang tinggi yang penting bagi kesempurnaan janin, pembentukan sel-sel baru dan mencegah terjadinya cacat bawaan pada calon bayi yang sedang dikandung. Sehingga dengan memakan buah pisang matang dan segar dapat memenuhi kebutuhan asam folat yang diperlukan. Selain itu, pisang juga dapat membantu menjaga kadar gula darah yang dapat mengurangi morning sickness (pusing, perasaan mual dan muntah-muntah yang biasanya terjadi di pagi hingga siang hari)

3. Membantu mengatasi jerawat pada kulit dan menyembuhkan luka bakar


Buah pisang bisa digunakan untuk menghilangkan dan mengatasi jerawat yang mengganggu penampilan kamu serta dapat membantu menyembuhkan luka bakar. Kamu bisa mencobanya dengan cara menyediakan buah pisang yang matang, kemudian dihancurkan daging buahnya secukupnya hingga halus. Setelah itu, daging buah pisang yang sudah halus teraebut dioleskan pada bagian kulit yang berjerawat maupun yang terkena luka bakar. Selanjutnya diamkan selama 15 sampai 30 menit, kemudian bersihkan. Lakukan tips cara ini secara rutin.

4. Menghaluskan kulit wajah


Bagi kamu yang mempunyai kulit wajah yang terlihat kusam dan terasa kasar dan ingin menghaluskannya, dapat mencoba menggunakan buah pisang ditambah dengan madu. Caranya, sediakan buah pisang yang matang, lalu haluskan secukupnya hingga benar-benar halus, kemudian campur dengan 2 sendok madu. Setelah itu oleskan pada kulit wajah kamu. Selanjutnya diamkan 10 hingga 25 menit, kemudian bersihkan.

5. Membantu menjaga kesehatan jantung


Pisang memiliki kandungan serat makanan yang dapat mencegah berbagai macam penyakit jantung. Buah tropis ini pun memiliki kandungan kalium yang tinggi, namun rendah natrium. Sehingga buah ini cocok dikonsumsi untuk membantu menjaga kesehatan jantung.

6. Mengatur mood dan membantu menenangkan otak


Vitamin B6 (triptofan) yang terkandung dalam buah pisang memiliki peran penting dalam pembentukan hormon serotonin (hormon yang bertugas mengatur suasana hati dan membuat otak tenang).

7. Mengurangi dan meredakan sakit maag


Buah pisang memiliki zat yang dapat menangkal asam dalam tubuh, sehingga dapat menjadi solusi untuk mengurangi rasa sakit karena maag. Untuk itu, apabila sakit maag menyerang, cobalah unruk mengonsumi buah pisang secukupnya.

8. Sebagai sumber energi


Pisang mempunyai tiga jenis kandungan gula alami, yakni fruktosa, glukosa, dan sukrosa, yang dapat diubah dengan cepat menjadi energi. Sehingga dengan mengonsumsi buah pisang dapat membantu kamu menambah energi secara instan.

Nah, itulah artikel tentang "Manfaat Dan Khasiat Buah Pisang Bagi Tubuh". Apabila ada kritik, saran ataupun hal-hal lainnya, harap menghubungi Admin :) Semoga artikel ini bermanfaat!

"Gambar dan isi tulisan di dalam postingan ini diambil dan diperbaharui dari berbagai sumber, mohon maaf apabila terdapat kesalahan, baik itu maksud dari isi postingan ini atau kesalahan apapun. Bijaklah dan selalu belajar untuk mengambil sisi positifnya ya sob!"

Kata kunci terkait pada artikel ini:

Manfaat buah pisang bagi kesehatan tubuh