Saturday, April 12, 2014

Cara Mencegah Penuaan Dini Pada Kulit

Cara Mencegah Penuaan Dini Pada Kulit
Ruh4dian - Menjadi tua merupakan suatu hal yang wajar dan pasti akan terjadi. Akan tetapi menjadi tua sebelum waktunya, itu merupakan hal yang aneh dan tidak wajar. Bagi kamu terutama kaum hawa (wanita), tentu tidak ingin dibilang tua sebelum waktunya, bukan? Pada dasarnya, penuaan dini terhadap kulit kerap terjadi pada orang-orang yang mempunyai jenis kulit yang mudah kering. Karena pada jenis kulit yang mudah kering, kandungan minyak yang memiliki fungsi untuk melindungi kulit dari polusi dan membantu melembabkan kulit, kadarnya sangat sedikit. Oleh karena itu, agar kamu memiliki kulit yang segar dan cerah bersinar dan terhindar dari kulit yang kering yang dapat menyebabkan penuaan dini terhadap kulit, maka simaklah ulasan-ulasan sebagai berikut!

1. Hindari paparan sinar matahari langsung (selain di waktu pagi)

Faktor penyebab maupun alasan utama seseorang mengalami penuaan dini terhadap kulit ialah akibat kulit terlalu sering terpapar sinar matahari. Dengan gaya hidup yang tidak teratur, banyak orang yang tidak memperhatikan perawatan kulit mereka. Padahal, memperhatikan perawatan kulit itu merupakan suatu yang penting. Oleh karena itu, para ahli dan dermatologis menyatakan bahwa perawatan dasar masih merupakan keharusan, seperti penggunaan pelembap dan tabir surya.

2. Konsumsi asupan tubuh yang baik dan sehat

Untuk membuat kulit kamu lebih bersinar secara alami, tentunya diperlukan juga asupan tubuh yang baik dan menyehatkan bagi tubuh, khususnya kulit. Dan sertakan asupan tubuh yang banyak mengandung vitamin, protein dan nutrisi dalam menu makanan kamu, agar kulit pun dapat ternutrisi dari dalam.

3. Cukupi dan penuhi kebutuhan tidur

Tidur merupakan salah satu aspek yang penting dalam menghindari penuaan dini terhadap kulit. Para ahli menyatakan bahwa ketika kamu tidak mendapat waktu yang cukup untuk tidur, maka hormon kortisol akan muncul, sehingga hal tersebut dapat mengakibatkan terputusnya sel-sel kulit. Oleh karena itu, penuhi kebutuhan tidur, dengan demikian maka kulit kamu akan menghasilkan sel-sel baru yang dapat membuat kulitmu lebih elastis, sehingga mencegah timbulnya keriput di kulit.

4. Cukupi dan penuhi kebutuhan air mineral


Mengkonsumsi air mineral atau biasa dikenal dengan air putih/bening, memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh dan kulit. Diketahui bahwa dengan mengkonsumsi air mineral secara tepat dan cukup dalam setiap harinya, maka akan memberikan manfaat positif bagi kesehatan tubuh dan kulit, seperti menjaga kelembapan kulit, membuat kulit bercahaya, menjaga berat badan, mencegah penuaan dini pada kulit dan masih banyak kelebihan lainnya.

5. Konsumsi lebih banyak asupan yang mengandung antioksidan

Menambahkan buah-buahan dan sayur-sayuranan segar dalam menu asupan harian kamu, dapat melawan kerusakan sel-sel dalam kulitmu. Jika kamu tidak dapat memasukkan buah-buahan dan sayur-sayuran dalam menu asupan harian kamu dalam bentuk mentah, pastikan setidaknya kamu mengkonsumsi segelas jus buah atau jus sayuran setiap hari, karena hal tersebut akan membuat kulitmu lebih cerah dan bersinar.


6. Hindari asap rokok dan minuman beralkohol

Merokok dan minum minuman mengandung alkohol (minuman keras) merupakan aktivitas yang buruk, karena kedua hal tersebut memiliki dampak negatif bagi kesehatan tubuh, khususnya kesehatan kulit. Merokok dan minum minuman beralkohol dapat menyebabkan terhambatnya proses regenerasi (menumbuhkan kembali) sel baru pada kulit, sehingga hal tersebut dapat menyebabkan kulit akan mengalami penuaan dini.


7. Hindari atau jangan terlalu sering berada di ruangan ber-AC (Air Conditioner)

Ruangan ber-AC atau berpendingin udara ruangan dapat menyebabkan kulit kehilangan kelembapan, sehingga akan berdampak pada keringnya kondisi kulit tubuh dan hilangnya keelastisan kulit. Jika dalam jangka panjang hal tersebut terus berulang, maka akan menyebabkan kulit mengalami penuaan dini.

8. Milikilah selalu perasaan bahagia (hindari stres)

Usaha yang paling mudah untuk mencegah penuaan pada kulit dan membuatnya segar dan cerah bersinar ialah dengan membuat diri kamu selalu bahagia. Hal tersebut sangat penting untuk kamu miliki, yang bertujuan untuk mensejahterakan fisik dan emosional. Dan dengan memiliki perasaan bahagia, kamu pun dapat terhindar dan terbebas dari perasaan stres atau tekanan jiwa, yang dapat menyebabkan kamu kehilangan kendali dalam menjalankan aktivitas dan dapat menyebabkan tubuh terserang berbagai macam gangguan kesehatan, yang salah satunya merupakan munculnya keriput pada kulit.
Nah, itulah artikel tentang "Cara Mencegah Penuaan Dini Pada Kulit". Apabila terdapat kesalahan dalam penulisan, mohon maaf. Jika ada kritik, saran maupun hal-hal lainnya, bisa menghubungi Admin di menu yang telah tersedia :) Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa membawa pengaruh yang baik.
"Gambar dan isi tulisan di dalam postingan ini diambil dan diperbaharui dari berbagai sumber, mohon maaf apabila terdapat kesalahan, baik itu maksud dari isi postingan ini atau kesalahan apapun. Bijaklah dan selalu belajar untuk mengambil sisi positifnya ya sob!"

Kata kunci terkait pada artikel ini:

Tips menghindari dan mencegah penuaan dini pada kulit

Cara Mencegah Penuaan Dini Pada Kulit Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Iqbal Ruhadian

0 komentar:

Post a Comment

Apa komentar kamu?