Cara Menjaga Tubuh Agar Tetap Sehat

Cara Menjaga Tubuh Agar Tetap Sehat
Ruh4dian - Mempunyai tubuh yang sehat merupakan dambaan atau keinginan bagi setiap orang yang memiliki akal sehat, termasuk kamu juga, bukan? Dengan tubuh yang sehat, maka segala kegiatan yang kita lakukan pun dapat berjalan dengan lancar dan sesuai dengan apa yang kita harapkan. Selain itu, dengan kondisi tubuh yang sehat, maka kita tidak perlu mengeluarkan biaya maupun waktu untuk mengatasi gangguan atau masalah kesehatan yang kita derita. Sebagaimana kita ketahui bahwa sehat itu mahal harganya. Oleh karena itu, dengan menjaga kesehatan tubuh dari berbagai macam penyakit merupakan hal yang sangat penting.

Nah, lalu bagaimana cara agar tubuh kita senantiasa sehat dan terhindar dari bakteri maupun virus berbahaya yang menyebabkan penyakit? Berikut adalah beberapa tips dan cara menjaga kesehatan tubuh yang perlu kamu ketahui dan lakukan agar tubuh senantiasa tetap sehat.

Langkah-langkah menjaga kesehatan tubuh dari serangan penyakit



1. Rajin mencuci tangan pada saat-saat tertentu


Mungkin mencuci tangan terdengar suatu hal yang kecil, akan tetapi dampaknya cukup besar. Perlu kamu ketahui bahwa di tangan manusia banyak ditemukan kontaminasi dari bahan-bahan berbahaya dan beracun, yang biasa disebabkan karena manusia yang selalu menjalankan aktivitasnya dengan menggunakan tangan. Selain itu, tangan manusia selalu dapat menjadi tempat berkembangnya bakteri-bakteri yang membahayakan bagi tubuh. Oleh karena itu, pastikanlah untuk kamu mencuci tangan secara teratur dengan menggunakan sabun yang tepat pada saat-saat tertentu, seperti ketika hendak makan, setelah buang air besar maupun kecil dan sebagainya.

2. Makan makanan sehat dan atur pola makan


Makan makanan sehat dan mengatur pola makan merupakan hal yang perlu kamu perhatikan, karena seseungguhnya kebanyakan dari pangkal penyakit bersumber dari makanan yang kita makan dan bagaimana kita mengkonsumsinya. Oleh karena itu, dengan mengkonsumsi asupan apa yang baik bagi diri kita dan mengetahui kapan dan bagaimana cara yang baik dan benar dalam mengkonsumsi asupan tersebut adalah hal yang perlu kita terapkan dalam diri kita, agar kita senantiasa terhindar dari pangkal penyakit yang siap menyerang diri kita kapan pun.

3. Olahraga (latihan tubuh) yang sesuai


Berolahraga merupakan cara yang mendasar untuk melancarkan aliran darah ke seluruh bagian tubuh dan membuat pasokan nutrisi ke seluruh tubuh menjadi lebih optimal. Kamu dapat melakukan olahraga sederhana dengan berjalan cepat selama 45 menit. Meski hal tersebut dinilai sepele, akan tetapi olahraga tersebut memiliki banyak manfaat, seperti mengurangi risiko penyakit jantung, stroke, memperbaiki metabolisme tubuh, dan meningkatkan imunitas (sistem kekebalan) dalam tubuh. Olahraga tersebut juga sangat cocok dilakukan oleh hampir siapa saja dan hampir dari segala usia. Untuk mendapatkan hasil terbaik, kamu dapat melakukan olahraga tersebut 6 kali dalam seminggu (secara rutin). Dan hindarilah melakukan aktivitas olahraga berlebih dan sekaligus (melakukan beragam jenis olahraga) selama berjam-jam dalam sehari, karena hal tersebut dapat menyebabkan penambahan radikal bebas yang juga dapat mengakibatkan gangguan pada tubuh.

4. Istirahat yang cukup


Manusia membutuhkan waktu untuk beristirahat setiap harinya, karena dengan beristirahat akan membuat kerja organ tubuh kembali maksimal. Pada malam hari, tidur yang cukup merupakan cara terbaik untuk beristirahat, karena tidur dapat menjaga keseimbangan hormon, menjaga kesehatan kulit, menjaga berat badan dan menjaga suasana hati menjadi stabil. Sedangkan pada siang harinya, kamu dapat melakukan tidur dengan durasi yang lebih sedikit pada waktu setelah dzuhur (matahari tergelincir).

5. Memperbanyak mengkonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran


Mengkonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran merupakan salah satu cara untuk kamu mempertahankan kesehatan tubuh. Buah-buahan maupun sayur-sayuran (khususnya yang berwarna hijau gelap) memiliki peran sebagai asupan pelindung tubuh, karena buah dan sayuran mampu meningkatkan fungsi organ tubuh dan memberikan vitamin-vitamin esensial serta zat-zat gizi yang dapat menjaga tubuh dari berbagai macam penyakit. Mengkonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran juga merupakan salah satu cara kamu untuk menjalani diet yang sehat.

6. Merawat dan menjaga kesehatan gigi


Perawatan gigi dinilai cukup penting, karena apabila gigi kita rusak maka kerusakan gigi tersebut sebenarnya dapat menjadi indikator penyebab terjadinya penyakit jantung dan stroke pada seseorang. Dengan demikian, merawat kesehatan gigi penting untuk dilakukan dalam menjaga kesehatan tubuh. Merawat kesehatan gigi dapat dilakukan dengan cara menggosok (menyikat) gigi secara rutin minimal 2 kali sehari. Selain demi keindahan dan kecantikan, menggosok gigi secara teratur yakni minimal 2 kali sehari, pada pagi hari setelah sarapan dan malam hari sebelum tidur, maka dapat juga menghindarkan gigi dari kerusakan yang biasanya memberikan rasa sakit.

7. Selalu menjalani kehidupan yang bersih


Menjaga kebersihan, baik kebersihan diri (raga), lingkungan maupun hati (batin) merupakan hal yang penting. Kebersihan diri dan lingkungan dapat menghindari diri dari kuman pathogen dan zat-zat yang berbahaya. Sedangkan kebersihan hati dapat membantu perjalanan mental manusia ke arah yang positif. Dengan selalu membiasakan diri berbuat hal-hal baik dan menyenangkan, psikologi manusia akan berkembang ke arah yang lebih baik, sehingga hal tersebut dapat membantu manusia untuk bertahan di setiap perjalanan kehidupannya.

8. Merawat tubuh dengan asupan tambahan dan perawatan dari luar


Merawat tubuh dapat juga dilakukan dengan asupan tambahan melalui perawatan dari dalam, seperti mengkonsumsi obat herbal. Sedangkan melakukan perawatan dari luarnya bisa kamu lakukan dengan rutin mandi menggunakan sabun yang sesuai atau tepat minimal 1 kali sehari dan mencuci wajah dengan menggunakan pembersih wajah. Kamu juga perlu mengkonsumsi air mineral (lebih dikenal dengan istilah air putih/bening) sesuai porsi atau takaran tubuh kamu dan juga menjaga kebutuhan tidur (istirahat secukupnya).

9. Menjadi seorang sukarelawan dalam kegiatan bakti sosial


Sebuah penelitian dari Universitas Vanderbilt menyatakan bahwa bekerja sebagai tenaga sukarelawan, memiliki pengaruh yang sangat baik terhadap kesehatan fisik dan mental. Dengan demikian, dapat pula diartikan bahwa orang yang terbiasa menjadi sukarelawan dalam suatu kegiatan sosial kemasyarakatan, akan memiliki kondisi mental dan fisik yang lebih baik dibandingkan dengan orang yang tidak menjadi sukarelawan.

10. Mengikuti perkembangan informasi kesehatan


Berbagai penelitian dan informasi seputar kesehatan, selalu berkembang setiap saat seiring dengan perkembangan zaman. Oleh karena itu, Upaya pencegahan terhadap berbagai macam penyakit maupun gangguan lainnya, dapat dilakukan dengan lebih optimal bila kamu selalu mengikuti perkembangan informasi kesehatan, baik itu melalui televisi, dari internet, dari membaca koran maupun majalah.

11. Berdo'a


Berdo'a kepada yang Sang Pencipta adalah cara paling ampuh untuk mewujudkan segala macam keinginan baik kamu di dunia ini. Dengan do'a, maka segala yang dapat menyulitkan kamu dalam menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh akan dimudahkan oleh Sang Pencipta Yang Maha Agung.

Nah, itulah artikel tentang "Cara Menjaga Tubuh Agar Tetap Sehat". Apabila terdapat kesalahan dalam penulisan, mohon maaf. Jika ada kritik, saran maupun hal-hal lainnya, bisa menghubungi Admin di menu yang telah tersedia :) Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa membawa pengaruh yang baik.

"Gambar dan isi tulisan di dalam postingan ini diambil dan diperbaharui dari berbagai sumber, mohon maaf apabila terdapat kesalahan, baik itu maksud dari isi postingan ini atau kesalahan apapun. Bijaklah dan selalu belajar untuk mengambil sisi positifnya ya sob!"

Kata kunci terkait pada artikel ini:

Tips menjaga kondisi tubuh agar tetap fit