Saturday, April 5, 2014

Cara Merawat Dan Menjaga Kesehatan Mata

Cara Merawat Dan Menjaga Kesehatan Mata
Ruh4dian - Mata merupakan salah satu organ yang sangat penting dan berharga yang merupakan salah satu anugerah dari Sang Maha Kuasa. Dengan memiliki mata yang tetap sehat, maka kita bisa melengkapi aktivitas sehari-hari dan melihat keindahan dunia yang telah diciptakan oleh Rabb yang Maha Esa. Oleh karena itu, sudah sepantasnya kita senantiasa bersyukur dengan rahmat (kasih sayang) dan anugerah Sang Maha Kuasa yang satu ini (mata).

Dalam mensyukuri nikmat dari Sang Maha Kuasa ini, salah satunya kita harus menjaga dan merawat kesehatan mata yang telah diberikannya, agar mata kita dapat terhindar dari berbagai macam gangguan atau penyakit yang berhubungan dengan mata, seperti miopia (rabun jauh), presbiopi (tidak dapat melihat benda dekat dan jauh), katarak, hipermetropi (rabun jauh), dan buta warna (tidak bisa membedakan warna).

Berbagai penyebab dari gangguan-gangguan penyakit tersebut, dapat menimpa mata seseorang, termasuk juga mata kamu. Seperti penyakit miopia yang banyak menimpa kalangan pelajar dan orang-orang yang sangat gemar dalam membaca. Hal tersebut disebabkan karena terlalu seringnya membaca dengan jarak yang terlalu dekat.

Nah, untuk mengetahui dan mengerti bagaimana cara merawat dan menjaga kesehatan mata, maka simaklah ulasan-ulasan sebagai berikut!

1. Hindari melihat cahaya yang terlalu terang secara langsung dan tiba-tiba
 
Mata dapat mengalami gangguan yang cukup berbahaya apabila mata diperlihatkan dengan sinar cahaya yang terang, hingga melebihi kapasitas mata, seperti melihat sinar matahari yang sedang bersinar terang. Oleh karena itu, agar mata kamu terhindar dari gangguan mata yang tidak kamu inginkan, maka sebaiknya hindari mata dari sinar yang terlalu terang, atau kamu pun dapat menggunakan kaca mata anti radiasi pada saat kamu sedang beraktivitas pada siang hari di luar ruangan atau di luar rumah.

2. Hindari mengucek (menggosok-gosok) mata

Mengucek mata yang biasa dilakukan dengan menggunakan tangan dapat menyebabkan kerusakan pada mata, bahkan dapat berdampak serius terhadap penglihatan. Oleh karena itu, hindarilah mengucek mata, demi menjaga kesehatan mata kamu.

3. Usahakan membaca dengan jarak yang ideal 

Jarak yang ideal, dapat diartikan dengan jarak yang tidak terlalu dekat dan tidak pula terlalu jauh. Cukuplah membaca dengan jarak sekitar 30 cm dari mata ke objek. Hal tersebut, dapat mencegah mata dari gangguan yang dapat menimpa kesehatan mata kamu.

4. Hindari membaca dengan keadaan atau posisi sambil tidur

Membaca dengan keadaan sambil tidur, dapat membuat kesehatan mata kamu menjadi terganggu. Dengan demikian hal tersebut harus kamu hindari. Sebaiknya ambil posisi yang baik saat membaca, seperti membaca dengan sikap duduk yang benar.

5. Gunakan penerangan yang baik pada saat sedang membaca maupun pada saat sedang melihat layar terang secara fokus

Menggunakan penerangan yang buruk dari layar terang (seperti monitor dan handphone) pada saat kamu menggunakannya dapat membuat kesehatan mata kamu terganggu. Oleh karena itu, aturlah pencahayaan dari layar terang itu pada saat kamu menggunakannya. Karena dengan menggunakan penerangan yang baik disaat sedang membaca maupun melihat layar secara fokus, maka hal itu dapat membuat mata kamu terhindar dari gangguan yang dapat menimpa kesehatan mata kamu.

6. Istirahatkan mata pada saat menggunakan layar terang

Jika kamu banyak menghabiskan waktu di depan layar, baik komputer maupun handphone maka sebaiknya cobalah alihkan mata kamu setiap 20 menit sekali untuk memandang objek lain yang jauh (sekitar 20 meter) selama beberapa detik. Kemudian setelah 2 jam, istirahatkan mata kamu selama 30 menit. Hal tersebut cukup penting dilakukan karena dapat membantu mengurangi kelelahan pada mata kamu.

7. Hindari asap rokok

Sebuah penelitian telah menghubungkan asap rokok dengan peningkatan risiko penyakit mata akibat degenerasi, katarak, dan kerusakan syaraf optik, yang semuanya itu dapat menyebabkan kebutaan. Oleh karena itu, sebaiknya hindari asap rokok, apabila kamu masih menyayangi kesehatan mata kamu.

8. Konsumsi asupan tubuh yang tepat untuk melindungi kesehatan mata dari dalam

Mengkonsumsi asupan yang baik dan tepat bagi kesehatan mata, cukup penting juga untuk membantu merawat dan menjaga kesehatan mata dari dalam tubuh. Wortel merupakan salah satu asupan yang terkenal baik untuk kesehatan mata. Akan tetapi, tidak hanya wortel saja, buah-buahan dan sayuran yang berdaun hijau gelap, seperti bayam atau sayuran lainnya juga memiliki peran penting untuk melindungi kesehatan mata. Penelitian juga menunjukkan bahwa mengkonsumsi ikan yang tinggi akan kandungan omega 3 (seperti ikan salmon, ikan tuna dan ikan pecak) dapat memberikan manfaat bagi kesehatan mata seseorang.
Nah, itulah artikel tentang "Cara Merawat Dan Menjaga Kesehatan Mata". Apabila terdapat kesalahan dalam penulisan, mohon maaf. Jika ada kritik, saran maupun hal-hal lainnya, bisa menghubungi Admin di menu yang telah tersedia :) Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa membawa pengaruh yang baik.
"Gambar dan isi tulisan di dalam postingan ini diambil dan diperbaharui dari berbagai sumber, mohon maaf apabila terdapat kesalahan, baik itu maksud dari isi postingan ini atau kesalahan apapun. Bijaklah dan selalu belajar untuk mengambil sisi positifnya ya sob!"

Kata kunci terkait pada artikel ini:

Tips menjaga dan merawat mata dengan baik dan benar

Cara Merawat Dan Menjaga Kesehatan Mata Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Iqbal Ruhadian

0 komentar:

Post a Comment

Apa komentar kamu?