Thursday, April 10, 2014

Rasul-rasul Allah Yang Mendapat Gelar Ulul Azmi

Rasul-rasul Allah Yang Mendapat Gelar Ulul Azmi
Ruh4dian - Di antara sejumlah nabi dan rasul, ada lima (5) orang rasul atau utusan Allah yang mendapat gelar ulul azmi. Ulul azmi merupakan suatu gelar yang diberikan kepada para rasul Allah yang memiliki ketabahan dan keuletan yang luar biasa dalam menyampaikan risalah (sesuatu yang diwahyukan oleh Allah Subhanahu wa Ta'ala berupa prinsip hidup, moral, aqidah yang bertujuan untuk mengatur kehidupan manusia agar tercipta kebahagiaan di dunia maupun di akhirat) yang diemban atau diterimanya. Dari kelima rasul tersebut ialah, sebagai berikut.
  1. Nabi Nuh alaihis salam.
  2. Nabi Ibrahim alaihis salam.
  3. Nabi Musa alaihis salam.
  4. Nabi Isa alaihis salam.
  5. Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam.

Para nabi dan rasul yang termasuk ulul azmi tersebut juga diberi mukjizat olah Allah Subhanahu wa Ta’ala agar umatnya dengan mudah mempercayai dirinya sebagai rasul Allah. Mukzijat merupakan kemampuan luar biasa yang diberikan oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala kepada rasul-Nya dan tidak dapat ditiru oleh siapa pun. Mukzijat yang diberikankan oleh Allah kepada para nabi dan rasul yang mendapat gelar ulul azmi tersebut ialah, sebagai berikut.

1. Nabi Nuh alaihis salam

Mukzijat Nabi Nuh alaihis salam, yaitu dapat membuat perahu yang besar untuk memuat umatnya yang beriman kepada Allah dan ditambah dengan setiap pasangan hewan yang hidup pada masa itu.

2. Nabi Ibrahim alaihis salam

Mukzijat Nabi Ibrahim alaihis salam, yaitu tidak bisa hangus (tidak habis terbakar) dalam api ketikan Nabi Ibrahim di bakar oleh raja Namrud.

3. Nabi Musa alaihis salam

Mukzijat Nabi Musa alaihis salam, yaitu tongkatnya dapat berubah menjadi ular besar dan dapat membelah laut merah hingga menjadi jalan untuk menyebrang ke seberang laut pada saat dikejar oleh Fir'aun dan bala tentaranya.

4. Nabi Isa alaihis salam

Mukzijat Nabi Isa alaihis salam, yaitu dapat berbicara pada saat baru lahir, bisa membuat burung hidup dari tanah, dapat menghidupkan orang mati (walaupun sebentar) dan dapat menyembuhkan beberapa penyakit yang sulit disembuhkan.

5. Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam

Mukzijat Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam, yaitu dapat membelah bulan tampak menjadi dua, dapat mengeluarkan air dari celah-celah jari tangannya untuk memberi minum sahabat-sahabatnya dan Al-Qur'an yang merupakan kitab suci paling lengkap dan keasliannya akan tetap terjaga sepanjang masa hingga hari kiamat.
Nah, itulah artikel tentang "Rasul-rasul Allah Yang Mendapat Gelar Ulul Azmi". Apabila terdapat kesalahan dalam penulisan, mohon maaf. Jika ada kritik, saran maupun hal-hal lainnya, bisa menghubungi Admin di menu yang telah tersedia :) Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa membawa pengaruh yang baik. Wallahu a'lam bisshawab
"Gambar dan isi tulisan di dalam postingan ini diambil dan diperbaharui dari berbagai sumber, mohon maaf apabila terdapat kesalahan, baik itu maksud dari isi postingan ini atau kesalahan apapun. Bijaklah dan selalu belajar untuk mengambil sisi positifnya ya sob!"

Kata kunci terkait pada artikel ini:

Daftar Rasul Allah yang termasuk ulul azmi

Rasul-rasul Allah Yang Mendapat Gelar Ulul Azmi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Iqbal Ruhadian

0 komentar:

Post a Comment

Apa komentar kamu?