Go Green

Rasul-rasul Allah Yang Mendapat Gelar Ulul Azmi

Ruh4dian - Di antara sejumlah nabi dan rasul, ada 5 orang rasul Allah yang mendapat gelar ulul azmi. Ulul azmi merupakan suatu gelar yang diberikan kepada para rasul Allah yang memiliki ketabahan dan keuletan yang luar biasa dalam menyampaikan risalah yang diembannya. Dari kelima rasul tersebut ialah, sebagai berikut.
  1. Nabi Nuh Alaihi salam.
  2. Nabi Ibrahim Alaihi salam.
  3. Nabi Musa Alaihi salam.
  4. Nabi Isa Alaihi salam.
  5. Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi wa Sallam.

Para nabi dan rasul yang termasuk ulul azmi tersebut juga diberi mukjizat olah Allah Subhanahu wa Ta’ala agar umatnya dengan mudah mempercayai dirinya sebagai rasul Allah. Mukzijat merupakan kemampuan luar biasa yang diberikan oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala kepada rasul-Nya dan tidak dapat ditiru oleh siapa pun. Mukzijat yang diberikan oleh Allah kepada para nabi dan rasul yang mendapat gelar ulul azmi tersebut ialah, sebagai berikut.
  • Mukzijat Nabi Nuh Alaihi salam, yaitu dapat membuat perahu yang besar untuk memuat umatnya yang beriman kepada Allah dan ditambah setiap pasangan hewan yang hidup pada masa itu.
  • Mukzijat Nabi Ibrahim Alaihi salam, yaitu tidak bisa hangus dalam api ketikan nabi ibrahim di bakar oleh raja namrud.
  • Mukzijat Nabi Musa Alaihi salam, yaitu tongkatnya dapat berubah menjadi ular besar dan dapat membelah laut merah hingga menjadi jalan untuk menyebrangi seberang laut.
  • Mukzijat Nabi Isa Alaihi salam, yaitu dapat membuat burung hidup dari tanah, dapat menghidupkan orang mati (walaupun sebentar), dan dapat menyembuhkan beberapa penyakit yang sulit disembuhkan.
  • Mukzijat Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi wa Sallam, yaitu dapat membelah bulan tampak menjadi dua, dapat mengeluarkan air dari celah-celah jari tangannya untuk memberi minum sahabat-sahabatnya, dan Al-Qur'an yang merupakan kitab suci paling lengkap dan keasliannya akan tetap terjaga sepanjang masa.
Nah, itulah artikel tentang "Rasul-rasul Allah Yang Mendapat Gelar Ulul Azmi". Apabila ada kritik, saran ataupun hal-hal lainnya, harap menghubungi Admin :) Semoga artikel ini bermanfaat! Wallahu a'lam bishshawwab
Gunakan tombol di bawah ini bila bermanfaat!