Sunday, May 4, 2014

Asupan Yang Baik Dan Menyehatkan Bagi Ibu Hamil

Asupan Yang Baik Dan Menyehatkan Bagi Ibu Hamil
Ruh4dian - Asupan atau makanan memiliki peran yang penting terhadap keberlangsungan hidup seseorang, khususnya bagi wanita yang sedang mengandung (hamil). Seorang wanita yang sedang mengandung, haruslah mengkonsumsi makanan (asupan) yang baik dan tepat dengan mengetahui asupan sehat apa saja yang perlu dikonsumsi demi menjaga kesehatan dirinya maupun bagi sang calon bayi (janin) yang sedang dikandungnya. Hal tersebut dinilai sangat penting, mengingat bahwa terpenuhi atau tidaknya nutrisi pada bayi dalam kandungan, tergantung dari makanan yang dimakan oleh sang ibu. Oleh karena itu, selama masa kehamilan seorang wanita yang sedang hamil harus ekstra hati-hati dan memastikan bahwa makanan yang akan dimakannya merupakan makanan yang sehat dan patut untuk dikonsumsi. Hal tersebut juga sangat diperlukan untuk senantiasa menjaga tumbuh-kembang bagi sang calon bayi, baik pada saat dikandungan maupun dikemudian hari atau agar terhindar dari kemungkinan-kemungkinan buruk yang diakibatkan karena kekurangan nutrisi. Nah, berikut adalah ulasan beberapa jenis asupan sehat bagi tubuh yang baik untuk ibu hamil.

1. Ikan salmon
 
Selain dipenuhi dengan kandungan protein yang berkualitas tinggi, ikan salmon juga merupakan sumber omega-3. Kandungan gizi pada ikan salmon, baik bagi kehamilan. Selain itu, ikan salmon juga rendah akan kandungan merkuri (salah satu jenis logam yang pada keadaan normal memiliki bentuk cairan berwarna abu-abu yang dapat mengakibatkan beberapa dampak buruk bagi tubuh, khususnya bagi ibu hamil). Berbeda dengan jenis ikan lainnya yang memiliki kandungan merkuri yang tinggi, yang dinilai cukup berbahaya bagi sang calon bayi, dimana kandungan merkuri tersebut dapat menggangu proses pengembangan system saraf sang bayi dan bahkan bisa sampai membunuhnya. Namun meski baik bagi ibu hamil dan kandungannya, ikan salmon juga perlu dihindari untuk dikonsumsi terlalu banyak atau berlebihan. Setidaknya, konsumsilah ikan salmon dengan batas 12 ons tiap minggunya, untuk mengurangi bahaya kandungan merkuri tersebut. 

2. Sayuran berdaun hijau tua 

Sayuran berdaun hijau tua, merupakan asupan makanan yang baik untuk kehamilan. Karena sayuran berdaun hijau tua, kaya akan vitamin dan nutrisi, termasuk vitamin A, C, dan K, serta asam folat yang sangat penting untuk kesehatan sang calon ibu dan calon bayi yang sedang dikandungnya. Selain itu, sayuran berdaun hijau tua juga dapat meningkatkan kesehatan mata. Contoh sayuran berdaun hijau tua ialah brokoli dan bayam. 

3. Buah-buahan dan sayur-sayuran yang beraneka ragam warna 

Buah-buahan dan sayur-sayuran yang beraneka ragam warna, entah itu warna hijau, oranye (oren), merah, kuning, ungu maupun putih semuanya akan memastikan bahwa sang ibu dan bayi yang sedang dikandungnya mendapatkan berbagai macam nutrisi. Setiap kelompok warna yang berbeda, akan memberikan vitamin, mineral, dan antioksidan. 

4. Telur 

Telur merupakan asupan makanan yang mengandung 12 vitamin, mineral dan banyak kandungan protein yang penting bagi kelangsungan proses kehamilan. Selain itu, kandungan protein diperlukan untuk pertumbuhan sel-sel sang calon bayi, karena sel-sel bayi terbentuk dari protein. Kandungan lain yang terdapat pada telur ialah kolin, yang berfungsi untuk mendorong pertumbuhan dan kesehatan otak bagi sang calon bayi. Selain itu, kolin juga dapat membantu mencegah cacat tabung saraf. Kemudian beberapa dari jenis telur terdapat kandungan omega-3 yang sangat penting untuk kecerdasan otak dan pengembangan penglihatan bagi sang calon bayi. Namun, telur dinilai sebagai sumber kolesterol. Terdapat sebuah penelitian membuktikan, bahwa di dalam telur, terdapat kolestrol yang tinggi. Akan tetapi, memiliki kandungan lemak jenuh yang rendah, sekitar 1/5 (satu dari lima) gram perbutirnya. Sehingga, seseorang yang sehat dengan kolesterol darah yang normal, dapat mengkonsumsi 1-2 (satu hingga dua) butir telur sehari sebagai bagian dari diet seimbang yang rendah lemak jenuh. 

5. Ubi jalar

Ubi jalar mengandung vitamin A, C, E, beta karoten, kalium, magnesium dan kaya akan oksidan. Dengan demikian, ubi jalar merupakan salah satu asupan tubuh yang memiliki nutrisi penting bagi kesehatan tubuh, khususnya bagi wanita yang sedang hamil.  Selain itu, ubi jalar juga memiliki beberapa macam jenis seperti ubi jalar merah, kuning, ungu, oranye dan putih.

6. Kacang-kacangan

Jenis kacang-kacangan, memiliki manfaat yang baik bagi kehamilan. Dari semua jenis kacang-kacangan, buncis merupakan salah satu jenis kacang-kacangan yang memiliki kandungan serat yang paling baik dan protein yang paling banyak dari semua jenis sayuran. Mengapa serat diperlukan pada saat masa kehamilan? Karena kandungan serat dapat membantu mencegah dan meringankan masalah sembelit dan wasir. Sebagaimana kita ketahui pada saat-saat masa kehamilan, saluran pencernaan akan melambat dan hal tersebut dapat menyebabkan resiko gangguan sembelit dan wasir. Kelebihan lain yang dimiliki oleh berbagai jenis kacang-kacangan (terutama bijinya), ialah sebagai sumber zat besi, kalsium, asam folat, dan seng. 

7. Daging dengan tanpa lemak

Daging merupakan asupan makanan yang menjadi sumber protein tinggi yang baik bagi pertumbuhan dan perkembangan sang calon bayi. Oleh karena itu, mengkonsumsi daging dengan tanpa lemak merupakan bentuk asupan yang baik bagi sang ibu hamil dan calon bayi dikandungan.

8. Susu dan yogurt

Susu maupun yogurt merupakan jenis asupan yang mengandung banyak kalsium dan memiliki kandungan seperti zat besi dan protein yang cukup tinggi. Dengan mengkonsumsi kedua jenis asupan tersebut, maka akan membantu mencukupi kebutuhan nutrisi pada masa kehamilan dan senantiasa memberikan dampak positif pada kondisi kehamilan.
Nah, itulah artikel tentang "Asupan Yang Baik Dan Menyehatkan Bagi Ibu Hamil". Apabila terdapat kesalahan dalam penulisan, mohon maaf. Jika ada kritik, saran maupun hal-hal lainnya, bisa menghubungi Admin di menu yang telah tersedia :) Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa membawa pengaruh yang baik. 
Kata kunci terkait pada artikel ini:

Makanan yang baik dikonsumsi pada saat hamil