Go Green

Fakta-fakta Unik Tentang Gigi Manusia

Fakta-fakta Unik Tentang Gigi Manusia
Ruh4dian - Sebagaimana kita ketahui, bahwa gigi merupakan salah satu bagian penting pada tubuh manusia yang dapat mempengaruhi penampilan dan aktivitas seseorang. Dengan demikian, seseorang yang memiliki gigi, khususnya gigi yang berwarna putih dan bersih akan membuat dirinya lebih percaya diri dan biasanya lebih sering/mudah tersenyum dan akan memudahkannya dalam menjalani kegiatan sehari-hari seperti kegiatan makan. Oleh karena itu, tidak heran bila kita melihat sebagian orang yang melakukan pemutihan pada gigi mereka dan rajin pergi ke dokter gigi untuk membersihkan bakteri yang terdapat pada plak gigi demi menunjang penampilannya. Bahkan ada juga orang yang rela mengeluarkan uang yang cukup besar untuk membuat penampilan giginya itu menjadi tampak sempurna dengan mempercantik atau memperindahnya. Nah, ada beberapa hal unik dan menarik yang mungkin tidak diketahui oleh banyak orang tentang gigi manusia. Untuk mengetahui fakta-fakta unik tentang gigi manusia, maka simaklah ulasan-ulasan sebagai berikut!

1. Elemen paling keras di dalam tubuh manusia


Gigi merupakan elemen paling keras di dalam tubuh manusia. Gigi mempunyai kekuatan yang tangguh dalam mengunyah makanan hingga menghancurkannya. Salah satu bukti kekuatannya ialah dengan membandingkan ketika Anda menghancurkan es batu dengan menggigit menggunakan gigi atau menekannya menggunakan tangan, maka es tersebut bisa atau lebih mudah dihancurkan oleh gigi daripada oleh tangan Anda.

2. Elemen yang unik


Gigi merupakan salah satu elemen yang unik dari tubuh manusia. Dalam beberapa kasus, polisi atau detektif memerlukan sampel gigi untuk memastikan seseorang. Gigi seperti memiliki tanda di dalamnya seperti halnya sidik jari pada tangan.

3. Terdapat 300 bakteri yang hidup di dalam plak gigi


Plak terdiri dari lapisan bening di gigi dan kuman. Plak diketahui memiliki 300 bakteri yang hidup di dalamnya. Untuk itu, agar bakteri di dalam plak gigi tidak semakin berkembang, Anda disarankan menyikat gigi sebelum tidur.

4. Membutuhkan air liur


Air liur dibutuhkan untuk membersihkan gigi secara alami. Rata-rata orang memiliki 10 ribu galon air liur selama hidupnya. Akan tetapi, produksi air liur di dalam tubuh manusia semakin lama (semakin bertambahnya usia) maka akan semakin lambat. Oleh karena itu, orang-orang yang sudah lansia (lanjut usia) biasanya rentan atau mudah terkena gangguan penyakit gigi.

5. Membutuhkan biaya perawatan yang mahal


Mungkin Anda berpikir bahwa gigi mudah diurus dan tidak memiliki perawatan yang mahal. Namun faktanya banyak orang yang menghabiskan uang mereka untuk mempercantik gigi mereka. Menurut riset (penelitian), orang Amerika menghabiskan lebih dari 1,4 juta US $ (1.400.000 dollar United States) atau sekitar 16 triliun rupiah hanya untuk merawat gigi dan memakai produk pemutih. Tak hanya itu, sebagian dari mereka pun banyak menghabiskan uang sekitar 775 juta US $ atau sekitar 8,9 triliun rupiah per tahunnya hanya untuk sikat gigi.
Nah, itulah artikel tentang "Fakta-fakta Unik Tentang Gigi Manusia". Apabila terdapat kesalahan dalam penulisan, mohon maaf. Jika ada kritik, saran maupun hal-hal lainnya, bisa menghubungi Admin di menu yang telah tersedia :) Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa membawa pengaruh yang baik.
Kata kunci terkait pada artikel ini:

Keunikan gigi manusia dan hal-hal menarik di dalamnya
Gunakan tombol di bawah ini bila bermanfaat!