Saturday, May 17, 2014

Dampak Buruk Akibat Hubungan Seks Bebas

Dampak Buruk Akibat Hubungan Seks Bebas
Ruh4dian - Mungkin bagi orang-orang di negara barat hubungan seks sebelum menikah atau bahkan berganti-ganti pasangan merupakan hal yang biasa dan mungkin juga hal itu memang merupakan budaya mereka. Akan tetapi di negara timur terutama di Indonesia yang menjunjung tinggi norma agama, hal semacam itu merupakan aib atau prilaku yang harus dihindari dan hal itu dipastikan dapat mengganggu ketentraman hidup di masa yang akan mendatang. Oleh karena itu, agar seorang remaja terhindar dari pergaulan yang bisa menyebabkan terjadinya hubungan seks bebas, ada baiknya para remaja mengenali dan perduli akan bahaya yang bisa diakibatkan oleh hubungan pra-nikah (sebelum menikah).

Dampak dan akibat buruk (bahaya) dari hubungan seks bebas mencangkup bahaya bagi perkembangan psikis (jiwa manusia), mental, fisik dan masa depan remaja. Adapun dampak dan akibat buruk yang bisa disebabkan oleh hubungan seks bebas ialah, sebagai berikut.

1. Terciptanya kenangan yang buruk

 
Seseorang yang telah melakukan hubungan seks sebelum menikah, hidupnya akan selalu dibayang-bayangi oleh pengalamannya. Selain itu, hal itu pun dapat membuat orang tua dari para pelaku seks bebas, merasa malu akan perbuatan anaknya tersebut dan akan membuat mereka (para orang tua) merasa gagal dalam mendidik anak tersebut. Dengan demikian, maka mental sang pelaku seks bebas akan terganggu secara kejiwaan.


2. Dampak buruk bagi pelaku wanita dan calon bayinya di masa yang akan datang

Seks sebelum menikah dapat menyebabkan kehamilan yang akan mendatangkan malapetaka dan dampak buruk dikemudian hari bagi sang janin yang sedang dikandungnya. Selain itu, hal itu juga akan memberikan beban yang sangat besar bagi orang yang mengandungnya. Pertannyaan-pertannyaan seperti "bagaimana bila nanti keluarga dan masyarakat mempertanyakan?" jelas akan menghantui pikiran para pelaku seks bebas, terutama bagi pelaku wanita. Dalam keadaan kalut seperti itu, biasanya akan terjadi depresi, terlebih lagi jika orang yang telah menghamili kemudian pergi dan tidak ingin kembali lagi (tidak bertanggung jawab). Selain itu, mungkin apabila nanti janin telah lahir, maka ia akan mempertanyakan siapa ayah kandungnya. Apabila ternyata setelah besar ia mengetahui perilaku buruk ibunya dahulu, maka tentu hal itu akan menjadi beban mental. Alhasil hal itu juga akan menimbulkan malapetaka, baik bagi diri sendiri maupun keturunan.


3. Terjadi pembunuhan atau pengguguran bayi (aborsi)

Khususnya bagi para wanita yang sudah terlanjur hamil di luar nikah yang disebabkan karena seks bebas, maka kemungkinan besar mereka akan mencoba untuk menggugurkan bayi dalam kandungannya. Selain itu apabila sudah demikian, maka hal itu dapat mengancam keselamatan sang calon bayi, bahkan juga bagi sang pelaku wanitanya (ibunya). Namun, meskipun sang pelaku selamat dalam melakukan pengguguran bayi, maka rahim akan rentan (mudah) terkena beberapa penyakit tertentu, antara lain ialah kemandulan, kanker rahim dan AIDS.

4. Penularan dan penyebaran penyakit

Hubungan pra-nikah bersifat ketergantungan. Akibatnya, hal itu menyebabkan seseorang sering berganti-ganti pasangan. Dan hal tersebut merupakan jalan untuk terjangkitnya penyakit kelamin, misalnya sifilis, gonorea dan AIDS.


Pesan

Mengerikan memang merupakan kata yang pantas dan cocok bagi dampak yang diakibatkan oleh prilaku seks di luar nikah (seks bebas). Jika semua dampak buruk tersebut sudah terjadi, maka penyesalan tidak akan ada artinya. Dengan demikian, bila Anda seorang remaja maka sebaiknya selalu jaga diri Anda dari lawan jenis, jauhi pergaulan-pergaulan negatif atau pergaulan yang dapat membawa atau menjerumuskan Anda kepada hal-hal yang dilarang oleh agama. Sebaliknya, lakukanlah hal-hal positif dan jadikan orang-orang yang berprilaku positif sebagai teladan. Hal yang paling penting adalah jalani perintah agama dan selalu dekatkan diri Anda kepada Tuhan yang maha esa.
Nah, itulah artikel tentang "Dampak Buruk Akibat Hubungan Seks Bebas". Apabila terdapat kesalahan dalam penulisan, mohon maaf. Jika ada kritik, saran maupun hal-hal lainnya, bisa menghubungi Admin di menu yang telah tersedia :) Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa membawa pengaruh yang baik.
Kata kunci terkait pada artikel ini:

Bahaya hubungan seks bebas (seks di luar nikah)