Saturday, May 24, 2014

Manfaat Menangis Bagi Kesehatan

Manfaat Menangis Bagi Kesehatan
Ruh4dian - Menangis merupakan bentuk dari respon fisik akibat dari refleks atau gejolak emosi yang dirasakan oleh seseorang yang ditandai dengan keluarnya air mata. Menangis sering diartikan sebagai hal yang negatif dan orang-orang yang mengalaminya sering dianggap cengeng (mudah tersinggung). Namun, tahukah kamu bahwa ternyata di balik semua itu, menangis atau proses keluarnya air dari mata memiliki manfaat kesehatan bagi tubuh? Nah untuk lebih mengetahui apa sajakah manfaat atau dampak positif bagi kesehatan yang bisa diperoleh dari menangis, maka simaklah ulasan-ulasan sebagai berikut!

1. Memberi pengaruh terhadap emosional dan membantu mengatasi stres

Menangis bisa menyebabkan keluarnya hormon endorphin leucine-enkaphalin dan prolactin dari dalam tubuh, dimana hormon tersebut merupakan hormon yang memicu atau menyebabkan seseorang mengalami stres yang kita tahu bahwa stres dapat memicu berbagai macam penyakit. Selain itu, air mata yang keluar akibat proses menangis pun dapat membantu melawan penyakit-penyakit yang disebabkan oleh stres, seperti hipertensi (tekanan darah tinggi).

2. Membantu menjaga kesehatan mata

Air mata ternyata bisa meningkatkan kesehatan pada mata. Alasannya karena cairan yang keluar dari mata memiliki kandungan yang berfungsi untuk mencegah iritasi mata akibat bakteri atau benda asing dan mencegah dehidrasi pada membran mata yang bisa membuat penglihatan menjadi kabur.

3. Meningkatkan suasana hati (mood)

Seseorang yang sedang menangis bisa menurunkan level depresi, suasana hati seseorang bisa terangkat kembali. Air mata yang dihasilkan dari tipe menangis karena emosi mengandung 24% protein albumin yang berguna dalam meregulasi sistem metabolisme tubuh dibandingkan dengan air mata yang dihasilkan dari iritasi mata.

4. Membantu mengeluarkan racun yang berasal dari dalam tubuh

Seorang ahli biokimia telah melakukan beberapa riset (penelitian) tentang air mata, dan ia menemukan bahwa air mata yang keluar dari hasil menangis karena emosional ternyata mengandung racun. Akan tetapi jangan salah, keluarnya air mata yang beracun itu menandakan bahwa air yang keluar itu telah membawa racun dari dalam tubuh dan mengeluarkannya melalui mata.

5. Membuat perasaan menjadi lebih lega

Meskipun seseorang menangis karena didera atau ditimpa oleh berbagai macam masalah, atau cobaan/ujian hidup, namun setelah menangis biasanya akan muncul perasaan lega. Hal itu disebabkan karena setelah seseorang berhenti menangis, maka sistem limbik, otak dan jantung akan menjadi lancar. Dengan demikian, maka hal itu qkan membuat seseorang merasa lebih baik dan lega dari sebelumnya.

Nah, itulah artikel tentang "Manfaat Menangis Bagi Kesehatan". Apabila terdapat kesalahan dalam penulisan, mohon maaf. Jika ada kritik, saran maupun hal-hal lainnya, bisa menghubungi Admin di menu yang telah tersedia :) Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa membawa pengaruh yang baik.
"Gambar dan isi tulisan di dalam postingan ini diambil dan diperbaharui dari berbagai sumber, mohon maaf apabila terdapat kesalahan, baik itu maksud dari isi postingan ini atau kesalahan apapun. Bijaklah dan selalu belajar untuk mengambil sisi positifnya ya sob!"

Kata kunci terkait pada artikel ini:

Dampak positif dari menangis bagi kesehatan tubuh

Manfaat Menangis Bagi Kesehatan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Iqbal Ruhadian

0 komentar:

Post a Comment

Apa komentar kamu?