Cara Mengatasi Dan Menghilangkan Stres

Cara Mengatasi Dan Menghilangkan Stres
Ruh4dian - Stres merupakan suatu kondisi yang terjadi karena tekanan yang melebihi kemampuan maksimum seseorang secara psikologis, sehingga tindakan menjadi kurang terkendali secara sehat serta dapat mengakibatkan sistem metabolisme tubuh menjadi terganggu, sehingga hal tersebut dapat mengakibatkan timbulnya berbagai macam penyakit.

Stres sering dialami oleh sebagian besar manusia, yang dipengaruhi oleh berbagai macam hal seperti masalah ekonomi keluarga, tuntutan pekerjaan, pendidikan, gaya hidup, penyakit dan lain sebagainya. Biasanya, stres mudah terjadi kepada tipe orang yang perasa, perfeksionis (seseorang yang mempunyai sikap meyakini bahwa seseorang harus menjadi sempurna untuk mencapai kondisi terbaik), kurang percaya diri dan temperamental dengan pemicu seperti ketidak puasan, kehilangan, kekhawatiran, kegagalan ataupun beban fisik. Semua hal tersebut dapat menimbulkan efek stres yang berkepanjangan.

Langkah-langkah untuk menghilangkan stres


Nah untuk kamu yang sedang mengalami atau dilanda stres, ada baiknya kamu simak ulasan-ulasan cara mengatasi dan menghilangkan stres yang mungkin sedang melanda diri kamu itu, yakni sebagai berikut.

1. Kenali kemudian atasi dan hindari faktor penyebab stres


Stres dapat dipicu akibat berbagai macam faktor yang menjadi penyebabnya. Dengan demikian, maka kamu harus mengenali terlebih dahulu faktor apa yang membuat diri kamu mengalami stres. Jika faktor permasalahannya seperti gaya hidup yang salah (seperti kebiasaan merokok dan mengkonsumsi minuman keras/beralkohol) maka kamu bisa menghindari stres dengan mengubah gaya hidup kamu ke arah yang baik dan benar. Namun bila faktor permasalahannya seperti permasalahan ekonomi, masalah keluarga, tuntutan pekerjaan maupun pendidikan, maka kamu memang harus berusaha untuk mengatasinya dengan solusi dan mengikuti langkah-langkah cara mengatasi dan menghilangkan stres berikutnya.

2. Cari suasana yang nyaman, tenang dan segar


Pada saat kamu mengalami stres, maka cobalah mencari suasana yang nyaman, tenang dan segar dengan mendatangi tempat-tempat terbuka hijau seperti taman, untuk menengkan diri dan menghirup udara segar. Suasana yang nyaman, tenang dan segar, dapat membantu kamu dalam meningkatkan konsentrasi dan menjernihkan pikiran, sehingga kamu pun dapat memikirkan jalan keluar untuk menyelesaikan atau mengatasi masalah yang sedang kamu pikirkan dengan pikiran yang lebih jernih.

3. Konsumsi asupan tubuh yang bisa membantu mengatasi stres


Mengonsumsi asupan tubuh seperti teh hijau, ikan, brokoli, ubi jalar, dan gandum utuh, terbukti dapat mengatasi stres yang sedang melanda seseorang, karena asupan-asupan tersebut memiliki kandungan zat yang dapat membuat pikiran menjadi lebih tenang. Oleh karena itu, bila stres melanda pikiran kamu, maka cobalah mengonsumsi berbagai asupan-asupan tersebut.

4. Melakukan hobi


Melakukan hobi, dapat membuat stres dalam pikiran kamu menjadi hilang. Oleh karena itu, jika kamu memiliki hobi seperti bermain sepak bola, membaca buku, jalan-jalan, maka sebaiknya kamu lakukan hal tersebut. Tapi ingat, lakukanlah hobi yang memang bermanfaat dan boleh dilakukan atau tidak melanggar norma dan agama.

5. Cari hal yang dapat membuat diri kamu senang dan tertawa


Mendapatkan hal-hal menyenangkan hingga tertawa dapat membuat pikiran menjadi lebih ringan dan dapat membuat stres dalam pikiran pun menjadi hilang. Oleh karena itu, cari hal menyenangkan dan buatlah diri kamu senang hingga membuat dirimu tertawa pada saat stres melanda pikiranmu, entah itu dengan membaca humor yang bermanfaat atau dengan melakukan berbagai macam hal lainnya yang dapat membuat diri kamu senang. Yang perlu kamu hindari adalah senang dalam penderitaan orang lain atau menertawakan kejelakan maupun kegagalan orang lain.

6. Bicarakan masalah kamu pada orang-orang terdekat


Teman bicara memang diperlukan bagi kamu yang sedang mengalami stres. Dengan demikian, maka suatu beban stres yang kita pikul dapat terasa lebih ringan ketika kamu membaginya dengan orang-orang terdekatmu. Tapi ingat, ada batasan-batasan tertentu dalam menceritakan permasalahanmu kepada orang lain (seperti halnya menjaga aib, dan sebagainya), sekalipun ia merupakan orang terdekat kamu.


7. Mendekatkan diri kepada Sang Pencipta Yang Maha Kuasa


Ketika kamu memiliki banyak masalah hidup yang membuat diri kamu mengidap stres maupun masalah yang lainnya, baik itu masalah yang besar maupun yang terkecil sekalipun, sudah sepantasnya kita mengadukan (mencurahkan isi hati / curhat) tentang masalah kita itu kepada Sang Pencipta Yang Maha Agung. Tumpahkan segala kegalauan serta kegundahan yang menimpa diri kamu kepada-Nya.

Bagi seorang muslim tentu saja dengan cara mengikuti kajian agama yang ahlus sunnah atau dengan cara beribadah (shalat) yang dilakukan dengan niat yang sungguh-sungguh karena mengharap ridho dan pertolongan-Nya (ikhlas), maka tentu hal itu dapat membukakan jalan bagi kamu untuk semakin dekat dengan-Nya dan mendapatkan bantuan dari-Nya.

Dengan demikian, hal tersebut dapat membantu kamu dalam mengatasi dan menghilangkan stres dengan ampuh. Entah dengan cara yang Maha Kuasa membuat hati dan perasaan kamu menjadi lebih tenang, menjadi semangat, atau langsung memberikan solusi dari permasalahanmu itu melalui orang lain maupun dirimu sendiri, atau melalaui keajaiban-keajaiban lainnya yang kita harus yakini bahwa mudah bagi-Nya. 

Dengan mendekatkan diri kepada Sang Pencipta Yang Maha Esa juga, hal tersebut dapat membukakan kesadaran bagi diri kita bahwasannya kehidupan di dunia ini hanyalah ujian dan merupakan jalan bagi kita sebagai manusia untuk menuju ke kehidupan selanjutnya (akhirat).

Nah, itulah artikel tentang "Cara Mengatasi Dan Menghilangkan Stres". Apabila terdapat kesalahan dalam penulisan, mohon maaf. Jika ada kritik, saran maupun hal-hal lainnya, bisa menghubungi Admin di menu yang telah tersedia :) Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa membawa pengaruh yang baik.

"Gambar dan isi tulisan di dalam postingan ini diambil dan diperbaharui dari berbagai sumber, mohon maaf apabila terdapat kesalahan, baik itu maksud dari isi postingan ini atau kesalahan apapun. Bijaklah dan selalu belajar untuk mengambil sisi positifnya ya sob!"

Kata kunci terkait pada artikel ini:

Tips ampuh mengatasi dan menghilangkan stres