Go Green

Khasiat Tempuyung Bagi Kesehatan

Khasiat Tempuyung Bagi Kesehatan
Ruh4dianTempuyung (Sonchus Arvensis L.L) merupakan tanaman liar, tanaman ini suka atau biasa tumbuh di sela-sela batu di kebun atau di dekat slokan. Daunnya berwarna hijau licin dan ada sedikit warna ungunya. Tepinya berombak dan bergerigi. Daunnya memiliki ukuran panjang kurang lebih 20 cm dengan lebar 5 cm. Dan ada beberapa lembar jumlah daun yang berjajar-jajar melingkar seperti kipas. Bunganya berwarna kuning. Tinggi batang tumbuhan ini kira-kira 5 cm dari permukaan tanah. Tinggi batang bunga kurang lebih 30 cm.

Khasiat tempuyung

1. Menghancurkan batu ginjal

Caranya, sediakan 5 lembar daun tempuyung, kemudian dicuci bersih. Selanjutnya dimakan begitu saja atau bisa juga dijadikan sebagai lalap makan nasi. Atau bisa juga dengan dibuat ramuan, caranya 5 lembar daun tempuyung yang telah disediakan diseduh dengan air panas mendidih (seperti akan membuat minuman teh). Setelah jadi, minumlah ramuan tersebut 3 kali sehari.

2. Mengobati kulit yang terdapat bisul dan gatal-gatal

Caranya, sediakan batang dan daun tempuyung, kemudian ditumbuk sampai halus. Setelah itu, oleskan ramuan tersebut pada kulit yang terdapat bisul dan kulit yang terasa gatal.

Kandungan zat yang terkandung pada tempuyung

Zat kalium, zat silica, dan flavonida.

Nah, itulah artikel tentang "Khasiat Tempuyung Bagi Kesehatan". Apabila terdapat kesalahan dalam penulisan, mohon maaf. Jika ada kritik, saran maupun hal-hal lainnya, bisa menghubungi Admin di menu yang telah tersedia :) Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa membawa pengaruh yang baik.
Kata kunci terkait pada artikel ini:

Manfaat tempuyung bagi tubuh dan cara mengolahnya
Gunakan tombol di bawah ini bila bermanfaat!