Saturday, June 14, 2014

Asupan Yang Bisa Membuat Tubuh Menjadi Bau

Asupan Yang Bisa Membuat Tubuh Menjadi Bau
Ruh4dian - Tahukah kamu bahwa asupan atau makanan yang dikonsumsi secara langsung maupun diolah terlebih dahulu bisa mempengaruhi aroma tubuh seseorang, bahkan hal itu bisa membuat nafas pun menjadi beraroma tidak sedap? Secara ilmiah hal tersebut bermuara pada metabolisme tubuh yang memiliki senyawa bau yang ditemukan dari berbagai macam jenis makanan. Selama ini banyak orang yang mengira bahwa hanya petai dan jengkol saja yang bisa menimbulkan bau aroma yang tidak sedap pada tubuh. Namun, ternyata ada cukup banyak juga asupan makanan selain jengkol ataupun petai yang bisa menimbulkan bau aroma yang tidak sedap pada tubuh, seperti bau badan dan juga bau mulut. 

Nah, adapun ulasan mengenai beberapa jenis asupan berupa makanan maupun minuman yang bisa menyebabkan tubuh menimbulkan bau atau beraroma tidak sedap yang kuat di tubuh yaitu, sebagai berikut.

1. Bawang-bawangan

Jenis makanan ini mungkin sudah sering kita konsumsi, mengingat kita sebagai orang Indonesia sering kali menggunakan jenis rempah yang satu ini untuk bahan konsumsi. Meski rasanya yang enak sebagai penyedap, dijadikan tambahan makanan atau dikonsumsi secara langsung setelah dimasak kering, nyatanya rempah ini tidak bersahabat dengan aroma tubuh kita. Soalnya, kandungan sulfur yang terdapat pada bawang dapat mengeluarkan bau yang tidak sedap secara alami. Jadi ketika bawang diserap ke dalam aliran darah, maka bawang akan keluar kembali melalui saluran pernafasan yang menyebabkan bau mulut juga bau badan. Cobalah untuk mencari solusi untuk mengatasi bau yang tidak sedap akibat mengkonsumsi asupan jenis bawang ini!


2. Brokoli

Jenis sayuran yang satu ini memang memiliki banyak kandungan yang baik dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh, seperti potasium dan anti oksidan. Akan tetapi, efek negatif yang diakibatkan setelah mengkonsumsi brokoli hampir sama ketika kita mengkonsumsi bawang. Hal ini disebabkan karena brokoli juga memiliki kandungan sulfur yang bisa membuat bau badan seseorang semakin menjadi-jadi. Jadi jangan heran ketika kita mengkonsumsi jenis sayuran yang satu ini dan setelahnya tubuhmu menjadi beraroma tidak sedap bahkan pada saat bernafas maupun berkeringat.


3. Daging merah

Daging ini, biasanya sering dijadikan sebagai steak. Pada umumnya daging merah sulit untuk dicerna atau membutuhkan waktu yang cukup lama untuk diproses oleh tubuh, sehingga hal itu sering menyebabkan residu (ampas atau pengkotor) dalam tubuh tertinggal. Akibatnya ketika dilepaskan menjadi keringat, residu bercampur dengan bakteri di kulit, sehingga dapat meninggalkan bau yang tidak sedap terutama di badan.

4. Beberapa jenis ikan

Sudah tidak asing lagi bahwasanya ikan merupakan jenis asupan yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Namun, untuk beberapa jenis ikan tertentu yang mengandung kolin ternyata dapat menimbulkan bau yang tidak sedap pada tubuh. Dengan demikian, tidak semua jenis ikan dapat dicerna dengan baik oleh tubuh. Selain itu, dengan adanya pelepasan senyawa trimetilamin (komponen yang tidak berwarna yang mempunyai aroma seperti ikan) pada ikan yang mengandung kolin melalui keringat, maka hal itu menyebabkan tubuh menjadi mengeluarkan bau yang dapat membuat orang di sekitar merasa terganggu.


5. Alkohol

Selain banyak sekali dampak buruk bagi kesehatan tubuh, alkohol juga bisa memicu tubuh mengalami bau khas yang tidak sedap ketika tercium. Pada saat alkohol diminum, maka asupan tersebut akan diserap menjadi asam asetat. Sedangkan asam asetat tersebut dapat menimbulkan bau yang tidak sedap pada tubuh. Jadi apabila seseorang meminum alkohol, maka seseorang itu akan mendapati tubuhnya (khususnya aroma mulutnya) menjadi bau khas dari alkohol itu sendiri yang tertinggal di dalam tubuh. Sebaiknya dihindari untuk mengkonsumsi alkohol.


Pesan

Mengkonsumsi beberapa jenis asupan tersebut merupakan hal yang wajar dan boleh-boleh saja (terkecuali alkohol), hanya saja kita perlu mengetahui batasan dalam mengkonsumsinya.
Nah, itulah artikel tentang "Asupan Yang Bisa Membuat Tubuh Menjadi Bau". Apabila terdapat kesalahan dalam penulisan, mohon maaf. Jika ada kritik, saran maupun hal-hal lainnya, bisa menghubungi Admin di menu yang telah tersedia :) Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa membawa pengaruh yang baik.
"Gambar dan isi tulisan di dalam postingan ini diambil dan diperbaharui dari berbagai sumber, mohon maaf apabila terdapat kesalahan, baik itu maksud dari isi postingan ini atau kesalahan apapun. Bijaklah dan selalu belajar untuk mengambil sisi positifnya ya sob!"

Kata kunci terkait pada artikel ini:

Makanan dan minuman yang bisa menyebabkan aroma badan menjadi tidak enak

Asupan Yang Bisa Membuat Tubuh Menjadi Bau Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Iqbal Ruhadian

0 komentar:

Post a Comment

Apa komentar kamu?