Go Green

Fakta-fakta Unik Tentang Tubuh Wanita

Fakta-fakta Unik Tentang Tubuh Wanita
Ruh4dian - Wanita memang terlahir sebagai makhluk yang dianugrahi dengan banyak kelebihan oleh Tuhan yang maha esa, misalnya saja kemampuan menahan sakit saat melahirkan. Konon, meskipun secara fisik wanita lebih lemah bila dibandingkan dengan fisik pria, namun kenyataanya pria tidak bisa atau tidak akan mampu menahan rasa sakit akibat melahirkan layaknya wanita bila pria berada pada posisi wanita. Nah, selain itu ada beberapa fakta unik dan menarik lainnya tentang tubuh wanita yang akan Admin bahas, yaitu sebagai berikut.

1. Wanita memiliki indra penciuman di atas rata-rata pada saat-saat tertentu

Sebuah penelitian dari University of Ottawa menemukan bahwa semua wanita ternyata memang memiliki kemampuan indra penciuman di atas rata-rata, setidaknya pada saat-saat tertentu, seperti sedang datang bulan misalnya. Riset lain juga menunjukkan bahwa wanita yang sedang haid bisa mencium aroma feromon (sejenis zat kimia yang berfungsi untuk merangsang dan memiliki daya pikat seksual pada wanita) pria sebagai dasar untuk menentukan apakah si pria cocok menjadi pasangannya atau tidak.

2. Wanita memiliki jaringan lemak khusus yang bisa membakar kalori dengan cepat

Ternyata wanita memiliki jaringan lemak khusus atau biasa disebut lemak coklat yang bermanfaat untuk dirinya. Fungsi dari lemak tersebut ialah untuk menjaga agar tubuh tetap hangat dengan cara menyedot (menyerap) lemak berlebih di bagian penjuru tubuh dan menjadikannya bahan bakar sebagai penghangat tubuh. Padahal selama ini, hanya bayi-lah yang diyakini memiliki lemak coklat tersebut. Sayangnya, riset (penelitian) tentang kandungan lemak coklat dalam tubuh wanita belum banyak dilakukan. Setidaknya para peneliti mengetahui jika jumlah lemak tersebut bisa terus bertambah jika wanita aktif melakukan latihan (olahraga).


3. Proses penuaan kulit pada wanita lebih cepat daripada pria

Salah seorang ahli bedah di Atlanta mengatakan bahwa kulit wanita lebih cepat menua dibandingkan dengan pria. Dari keterangan salah satu dokter dari negara Belanda, alasan mengapa kulit wanita lebih cepat menua dibandingkan wanita adalah karena wanita mempunyai sebaceous glands (kelenjar keringat yang berfungsi sebagai penghasil minyak yang akan membuat kulit tetap lembut) yang lebih sedikit daripada pria. Sehingga hal itu menyebabkan wanita mengalami penuaan lebih cepat terhadap kulit dibandingkan pria dengan seiring berjalannya waktu, terutama pada daerah sekitat mulut yang akan lebih berkeriput.

4. Wanita lebih rentan terkena gangguan mental daripada pria

Wanita tercatat lebih sering didiagnosis (hasil dari upaya yang dilakukan untuk mengetahui atau menegakkan jenis penyakit yang diderita atau masalah kesehatan yang dialami oleh seseorang) mengidap gangguan kecemasan dibandingkan dengan pria (33% banding 22%). Alasannya sangat beragam, mulai dari naik turunnya hormon, tekanan sosial atau bagaimana cara otak wanita menanggapi sebuah ancaman. Belum lagi jika dihadapkan dengan urusan karir atau pekerjaan, urusan rumah tangga, dan banyak lagi hal-hal yang lainnya. Wanita mudah menjadikan hal apapun sebagai alasan dari stres, depresi atau gangguan mental yang dialaminya.

Nah, itulah artikel tentang "Fakta-fakta Unik Tentang Tubuh Wanita". Apabila terdapat kesalahan dalam penulisan, mohon maaf. Jika ada kritik, saran maupun hal-hal lainnya, bisa menghubungi Admin di menu yang telah tersedia :) Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa membawa pengaruh yang baik.
Kata kunci terkait pada artikel ini:

Keunikan tubuh wanita dan hal-hal menarik di dalamnya
Gunakan tombol di bawah ini bila bermanfaat!