Go Green

Cara Mengatasi Dan Mengobati Mata Merah Dan Gatal

Cara Mengatasi Dan Mengobati Mata Merah Dan Gatal
Ruh4dian - Mata merah yang disertai dengan rasa gatal dapat membuat seseorang terganggu, termasuk juga Anda, bukan? Mata merah dan gatal dapat disebabkan oleh berbagai macam hal, mulai dari masuknya kotoran seperti debu ke dalam mata, alergi, hingga hal-hal lain sebagainya. Biasanya, pada saat mata merah dan terasa gatal, orang-orang sering langsung mengucek (menggosok) mata yang terasa gatal tersebut untuk meredakannya. Padahal, hal tersebut justru hanya akan menyebabkan dampak yang lebih parah lagi. Pasalnya, bakteri yang terdapat di dalam mata akan lebih terdorong masuk, sehingga hal tersebut dapat mengakibatkan rasa gatal yang semakin meningkat.

Sebenarnya, gejala gangguan pada mata yang menyebabkan mata merah dan gatal bisa kita cegah, sehingga kita dapat terhindar dari gangguan tersebut, yaitu dengan sering atau rutin mencuci mata dengan air bersih dan segar. Selain itu, hindari juga berbagai faktor penyebabnya, seperti terlalu lama fokus pada sinar yang menyorot (contohnya: televisi, layar komputer, dan lain sebagainya) dan gunakanlah lensa kontak dengan batasan yang telah ditentukan (sewajarnya) apabila Anda menggunakannya. Namun, apabila Anda sudah terlanjur terkena gangguan pada mata sehingga mata Anda merah dan terasa gatal, maka Anda bisa melakukan beberapa tips mengobati dan mengatasi mata merah dan gatal dengan cara-cara mudah dan sederhana dengan bahan alami, yakni sebagai berikut.

1. Dengan menggunakan daun sirih

Daun sirih dapat Anda gunakan sebagai bahan untuk mengatasi dan mengobati mata merah dan gatal. Caranya, sediakan daun sirih yang segar dan muda sekitar 5 sampai 6 buah lembar, lalu rebus dengan air secukupnya hingga mendidih. Selanjutnya setelah daun sirih yang telah direbus menggunakan air secukupnya mendidih, angkat dan dinginkan terlebih dahulu, kemudian bilaslah mata Anda dengan ramuan (air daun sirih yang telah direbus) tersebut atau Anda juga dapat mencelubkan (memasukkan) langsung mata Anda ke dalam air ramuan tersebut.

2. Dengan menggunakan mentimun


Ketimun mempunyai kandungan anti iritasi yang sifatnya dapat mengurangi iritasi pada mata maupun peradangan atau bakteri. Oleh karena itu, mentimun juga dapat dijadikan cara efektif sebagai obat bagi mata merah dan gatal. Caranya, sediakan 1 buah mentimun, lalu irislah mentimun tersebut menjadi 2 bagian hingga dapat atau cukup untuk menutupi mata Anda, kemudian letakkan di bagian depan mata Anda hingga menutupi mata Anda.
 

3. Dengan menggunakan kentang
 

Selain langkah-langkah di atas, kentang pun dapat dijadikan sebagai cara yang efektif untuk mengatasi mata merah dan gatal. Caranya tidak berbeda dengan menggunakan mentimun, Anda hanya tinggal menyediakan 1 buah kentang yang masih mentah, lalu irislah kentang tersebut menjadi 2 bagian hingga dapat atau cukup untuk menutupi mata Anda, kemudian letakkan di bagian depan mata Anda hingga menutupi mata Anda.
Nah, itulah artikel tentang "Cara Mengatasi Dan Mengobati Mata Merah Dan Gatal". Apabila terdapat kesalahan dalam penulisan, mohon maaf. Jika ada kritik, saran maupun hal-hal lainnya, bisa menghubungi Admin di menu yang telah tersedia :) Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa membawa pengaruh yang baik.
Kata kunci terkait pada artikel ini:

Tips meredakan mata merah dan gatal dengan cara alami
Gunakan tombol di bawah ini bila bermanfaat!