Wednesday, July 9, 2014

Fakta-fakta Unik Tentang Lumba-lumba

Fakta-fakta Unik Tentang Lumba-lumba
Ruh4dianJika ada pertannyaan tentang hewan laut yang sangat menarik, lucu dan juga akrab dikalangan anak-anak, mungkin jawaban yang tepat adalah lumba-lumba. Hewan ini termasuk hewan mamalia karena melahirkan anaknya. Hewan yang biasa tinggal di laut ini terkenal akan kecerdasannya, ramah, bahkan pada sejumlah kasus lumba-lumba kerap menolong manusia yang tenggelam di laut. Bukan hanya itu, dengan karakteristik yang dimiliki oleh hewan pintar dan juga cerdas yang satu ini, lumba-lumba sering dijadikan simbol persahabatan dan cinta.

Ketertarikan manusia terhadap lumba-lumba sebenarnya sudah berlangsung sejak berabad-abad yang lalu, salah satu buktinya ialah gambar mozaik lumba-lumba karya bangsa romawi. Oleh karena itu tidak dipungkiri lagi apabila banyak manusia yang telah jatuh hati pada lumba-lumba, kelucuan hewan yang satu ini tidak hanya dapat membuat anak-anak senang, tapi juga mampu menghipnotis atau membuat orang dewasa sekalipun tertarik dengannya.

Ada berbagai fakta unik dan menarik tentang lumba-lumba yang menjadi perhatian manusia. Bahkan penelitian yang dilakukan pada lumba-lumba telah menghasilkan penemuan baru yang berkaitan dengan kehidupan manusia. Nah, adapun beberapa fakta unik dan menarik tentang lumba-lumba yang beberapa di antaranya menjadi inspirasi manusia dalam bidang teknologi ialah, sebagai berikut.

1. Kulit lumba-lumba memiliki tekstur dan sistem yang berbeda dengan kebanyakan makhluk air lainnya

Secara kasat mata kulit lumba-lumba seperti sangat tipis, licin dan berkilap. Setelah diteliti, permukaan kulit lumba-lumba yang terlihat seperti itu ternyata mampu menimalisir gesekan dengan air, sehingga hal itu menyebabkan lumba-lumba bisa berenang bebas tanpa hambatan. Dengan kondisi kulit yang seperti itu, lumba-lumba juga dikenal sebagai mamalia laut yang memiliki kemampuan berenang yang sangat cepat, karakteristik kulit lumba-lumba tersebut, kemudian dianggap tepat untuk pakaian para penyelam dan perenang. Bahkan sejumlah produsen olahraga air terus menciptakan pakaian renang dengan karakteristik yang mirip dengan kulit lumba-lumba. Tidak hanya kulitnya, sepatu katak yang kerap digunakan untuk berenang pun sebenarnya terisnpirasi dari gaya berenang lumba-lumba. Sapuan sirip pada bagian ekor memberikan dorongan kecepatan pada lumba-lumba, karenanya seseorang yang menyelam atau berenang dengan menggunakan sepatu katak akan bergerak lebih cepat dibanding dengan mereka yang tidak menggunakan atau bertelanjang kaki.

2. Memiliki sistem unik yang digunakan untuk berkomunikasi yang disebut sistem sonar

Sistem ini (sonar) dapat membawa lumba-lumba menghindari benda yang ada di depannya. Dengan demikian, lumba-lumba akan terhindar dari benturan dengan benda atau makhluk lain. Sistem yang dimiliki lumba-lumba ini kemudian diteliti dan diadaptasi untuk diterapkan atau digunakan sebagai elemen penting dalam pembuatan radar kapal selam. Radar kapal selam memang membutuhkan sebuah sistem yang mampu mendeteksi adanya benda yang dapat menggangu kestabilan dan kinerja kapal selam selama berada di bawah laut. Selain dapat digunakan untuk berkomunikasi atau mendetek, sistem yang dimiliki lumba-lumba juga dapat digunakan untuk mengetahui dan mencari habitatnya, karena lumba-lumba hidupnya selalu berkelompok. Melalui kemampuan ini pula lumba-lumba dapat mengetahui posisi mangsa atau sumber makanannya.


3. Kecepatan berenang lumba-lumba sama dengan kecepatan laju standart kendaraan di jalan raya

Telah kita ketahui lumba-lumba sangat pandai berenang. Kecepatan berenang ikan lumba-lumba ini bisa sampai 40 km/jam, hal itu sama saja dengan sebuah kendaraan yang melaju dengan kecepatan standart di jalan raya atau empat (4) kali lebih cepat daripada seorang atlit renang di olimpiade. Kecepatan lumba-lumba ini bisa kita lihat pada saat ada kelompok ikan lumba-lumba yang berusaha berenang mengikuti sebuah kapal laut.


4. Lompatan lumba-lumba terbilang sangat tinggi

Selain pandai berenang, lumba-lumba senang sekali melompat dari dalam air menuju ke atas permukaan air. Hewan ini senang sekali melompat karena dengan melompat lumba-lumba dapat menjangkau air beberapa meter di depannya. Lompatan ikan lumba-lumba terbilang sangat tinggi, yaitu sekitar enam (6) meter dari permukaan air. Hal ini sama saja seperti lumba-lumba melompat setinggi bangunan rumah bertingkat 2 pada umumnya. Terkadang, hewan pintar yang satu ini juga sering melompat ketika sedang bermain dengan hewan sesamanya.


5. Lumba-lumba dapat berenang dan menyelam cukup lama di dalam air

Meski termasuk hewan air, lumba-lumba bernafas menggunakan paru-paru melalui lubang udara di atas kepalanya yang juga biasa digunakan lumba-lumba untuk menyemprotkan air kepada orang yang berada didekatnya, sehingga hewan ini tidak bisa mengambil oksigen dari air dan ia harus berenang ke permukaan air untuk kembali menghirup oksigen di udara dan menyimpannya untuk kembali berenang dan menyelam. Namun demikian, lumba-lumba mampu berenang dan menyelam dengan waktu yang cukup lama yang biasanya ia gunakan untuk berpindah tempat dan mencari pakan atau makanannya. Selama itu, hewan yang selalu hidup dengan berkelompok atau kawanan ini bisa menahan nafasnya selama tiga puluh (30) menit. Waktu yang cukup lama itu, biasanya ia gunakan dalam berkelompok untuk mencari ikan-ikan kecil untuk dimakan.


6. Lumba-lumba biasa tidur (beristirahat) dengan kondisi setengah sadar dan sebelah mata terbuka

Sebagaimana kita ketahui, bahwa setiap makhluk hidup membutuhkan tidur untuk mengistirahatkan organ tubuh dan memperbaiki sel-sel di dalamnya. Begitu pun dengan lumba-lumba, namun hewan pintar ini mempunyai keunikan dalam hal tidur, yaitu ia akan tertidur dengan sebelah matanya yang akan tetap terbuka yang disebabkan karena setengah otaknya yang tetap aktif yang berfungsi untuk memantau lingkungan sekitar sekaligus mengontrol atau mengendalikan fungsi pernafasan, lalu setengahnya lagi akan beristirahat ketika ia tidur. Apabila lumba-lumba tidur begitu saja di dalam air, maka lumba-lumba akan tenggelam dan kehabisan nafas di dalam air, sehingga lumba-lumba akan tidur di dekat permukaan air dan ia akan tidur kapan saja pada saat ia merasa aman.


7. Berbagai jenis lumba-lumba yang memiliki beragam jenis dan ciri khas pada kulitnya

Tahukah kamu bahwa ternyata lumba-lumba memiliki beragam jenis dan memiliki ciri khas kulit yang berbeda-beda. Selama ini mungkin kamu hanya mengetahui dan mengenal lumba-lumba berkulit abu-abu, namun nyatanya ada lumba-lumba dengan kulit bergaris, ada juga yang berbintik dan ada pula lumba-lumba yang memiliki warna kulit berwarna hitam-putih, seperti paus orka yang ternyata masih memiliki hubungan keluarga dengan lumba-lumba. Lalu yang cukup unik dan lucu, juga menggemaskan adalah lumba-lumba berwarna pink yang ditemukan pertama kali pada tahun 2007 oleh seorang nahkoda kapal di sungai Calcasieu, Lousiana, Amerika Serikat. Warna tubuh yang terdapat pada lumba-lumba pink tersebut disebabkan karena peredaran darah yang mengalir ke seluruh tubuhnya pada saat lumba-lumba tersebut berenang.
Nah, itulah artikel tentang "Fakta-fakta Unik Tentang Lumba-lumba". Apabila terdapat kesalahan dalam penulisan, mohon maaf. Jika ada kritik, saran maupun hal-hal lainnya, bisa menghubungi Admin di menu yang telah tersedia :) Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa membawa pengaruh yang baik.
"Gambar dan isi tulisan di dalam postingan ini diambil dan diperbaharui dari berbagai sumber, mohon maaf apabila terdapat kesalahan, baik itu maksud dari isi postingan ini atau kesalahan apapun. Bijaklah dan selalu belajar untuk mengambil sisi positifnya ya sob!"

Kata kunci terkait pada artikel ini:

Keunikan binatang lumba-lumba dan hal-hal menarik di dalamnya

Fakta-fakta Unik Tentang Lumba-lumba Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Iqbal Ruhadian

0 komentar:

Post a Comment

Apa komentar kamu?