Go Green

Keutamaan Dan Manfaat Berwudhu Bagi Kesehatan

Keutamaan Dan Manfaat Berwudhu Bagi Kesehatan
Ruh4dian - Sebagian ulama menilai wudhu bertujuan agar tubuh bersih sebelum menghadap sang khaliq (maha pencipta) yakni Allah subhanahu wa ta'ala, karena shalat yang tidak dilakukan tanpa wudhu maka shalatnya tidak sah, sebagaimana sabda-sabda Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam, "Tidak ada shalat bagi orang yang tidak berwudhu dan tidak ada wudhu bagi orang yang tidak menyebut nama Allah ta'ala atasnya." (Hadits riwayat Abu Dawud)

Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam juga bersabda, "Tidak (akan) diterima shalat tanpa bersuci (berwudhu)." (Hadits riwayat Muslim)

Selain bertujuan untuk membersihkan tubuh, wudhu juga dipercaya bertujuan untuk mensucikan manusia secara lahir dan batin. Selain itu juga, wudhu diyakini dapat menggugurkan dosa-dosa kecil yang pernah dilakukan, sebagaimana sabda Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam, "Barang siapa yang berwudhu dengan sempurna maka akan keluar dosanya dari tubuhnya, bahkan akan keluar pula dosa-dosa itu dari bawah kuku-kukunya." (Hadits riwayat Muslim)

Dari segi kesehatan, berwudhu memiliki beberapa manfaat penting bagi kesehatan tubuh manusia, misalnya saja kesehatan kulit. Kulit merupakan organ terbesar yang terdapat pada tubuh manusia, yang memiliki fungsi utama yaitu untuk membungkus tubuh dan melindungi tubuh dari berbagai bentuk ancaman, contohnya bakteri/kuman, racun atau bahkan radiasi. Selain itu, kulit juga berfungsi sebagai pengatur suhu tubuh, sebagai tempat pembuangan zat-zat sisa atau zat-zat yang tidak berguna yang akan keluar melalui pori-pori kulit dan sebagai media komunikasi antar sel syaraf.

Kestabilan fungsi kulit ditentukan oleh derajat kesamaan (pH) dan kelembapan. Dengan berwudhu berarti kita telah malakukan salah satu metode untuk menjaga kestabilan fungsi kulit, khususnya kelembapan kulit. Apabila kulit sering mengalami kekeringan, maka dampaknya akan cukup berbahaya bagi kesehatan kulit itu sendiri, terutama dengan mudahnya terjadi infeksi bakteri pada kulit. Oleh karena itu, dengan berwudhu berarti terjadi proses peremajaan dan pencucian kulit.

Dari urutan-urutan berwudhu dengan benar dan dilakukan dengan baik, maka bisa kita lihat manfaatnya dari keterangan sebagai berikut.

1. Manfaat mencuci tangan

Di abad ke-20 ini, kita sudah mengenal kebiasaan mencuci tangan sebelum melakukan sesuatu, misalnya sebelum makan sampai dengan s
eorang ahli bedah yang akan melakukan operasi terhadap pasiennya. Dengan demikian, mencuci tangan mempunyai manfaat sebagai sterilisasi dari bakteri sebelum melakukan aktivitas wudhu berikutnya.

Tahukah Anda, bahwa negara Jepang membutuhkan waktu sekitar 100 tahun untuk membudayakan (membiasakan) diri untuk mencuci tangan? Selain itu kampanye cuci tangan pun ramai di media massa seperti televisi, radio, koran dan lain sebagainya. Padahal sebagaimana kita ketahui, umat Islam sudah lebih dulu membudayakan mencuci tangan sejak abad ke-14 yang lalu.

2.
Manfaat berkumur-kumur

Berkumur-kumur memiliki manfaat untuk membersihkan rongga mulut dari beberapa macam penyakit. Dengan berkumur-kumur, maka sisa makanan yang mengendap atau tersangkut diantara sela-sela gigi bisa dibersihkan, yang jika tidak dibersihkan maka akan menjadi tempat pertumbuhan bakteri. Dengan berkumur-kumur dengan benar dan dilakukan rutin dalam sehari, tanpa kita sadari bararti dapat menghindarkan kita dari infeksi gigi. Sebuah penelitian modern membuktikan bahwa berkumur-kumur dapat menjaga mulut dan tenggorokan dari radang serta menjaga gusi dari luka. Penelitian lainnya juga membuktikan bahwa dengan berkumur-kumur bisa menguatkan otot-otot pada wajah sehingga hal itu akan membuat wajah terlihat  segar.


3. Manfaat istinsyaq (menghirup air dengan lubang hidung melalui rongga hidung sampai tenggorokan bagian hidung)

Istinsyaq mempunyai manfaat untuk mensucikan atau membersihkan selaput dan lendir hidung yang telah tercemar oleh udara kotor maupun bakteri. Perlu kita ketahui bahwa selaput dan lendir hidung adalah basis pertahanan utama pernapasan, yang berfungsi untuk menyaring udara kotor dan bakteri yang masuk ke rongga hidung sehingga perlu dibersihkan secara rutin. Dengan bersihnya rongga hidung, maka akan mencegah terjangkitnya infeksi saluran pernapasan atas atau biasa disingkat ISPA dan penularan penyakit TBC (Tuberkulosis).


Penelitian modern yang dilakukan oleh tim kedokteran dari salah satu universitas terkemuka di Mesir membuktikan bahwa kebanyakan orang yang melakukan wudhu secara rutin, maka hidung mereka tampak bersih dan bebas dari kotoran seperti debu maupun bakteri. Dengan demikian, seringnya orang-orang melakukan istinsyaq, maka hidung mereka pun dapat terbebas dari berbagai penyakit hidung, seperti penyakit sinusitis (peradangan/pembengkakan yang dapat menyebabkan penyumbatan pada rongga sinus) maupun bakteri.

4. Manfaat membasuh wajah

Membasuh wajah memiliki manfaat dalam menghilangkan sisa-sisa keringat, debu maupun bakteri serta memberikan efek kesegaran sekaligus peremajaan pada kulit wajah. Selain itu, dengan membasuh wajah dapat melindungi kulit wajah dari berbagai gangguan infeksi pada kulit wajah seperti jerawat dan lain sebagainya.


5. Manfaat membasuh kedua telapak tangan sampai sikut

Membasuh kedua telapak tangan sampai sikut mempunyai manfaat untuk menghilangkan sisa-sisa keringat dan menghilangkan minyak maupun lemak yang disebabkan oleh sekresi (proses pengeluaran zat sisa metabolisme baik berupa zat cair maupun zat gas yang sudah tidak bermanfaat bagi tubuh) pada kulit.

6. Manfaat mengusap kepala

Mengusap kepala memiliki manfaat untuk membantu menurunkan dan mencegah tekanan darah tinggi maupun sakit kepala. Air bersih dan menyegarkan yang digunakan untuk mengusap kepala pun mampu memberi pengaruh yang baik bagi kebugaran tubuh, membantu mengatasi sakit kepada dan kelelahan otak.

7. Manfaat membasuh kedua telinga

Membasuh kedua telinga mempunyai manfaat untuk menambah konsentrasi dan daya ingat. Selain itu, dengan membasuh kedua telinga maka akan membuat kedua telinga terbebas dari kotor-kotoran maupun bakteri yang dapat menyebabkan gangguan pada fungsi telinga.

8. Manfaat membasuh kedua telapak kaki sampai mata kaki

Membasuh kedua telapak kaki sampai mata kaki memiliki manfaat untuk membersihkan telapak kaki dari berbagai macam kotoran, bakteri maupun infeksi jamur. Dengan 
memijat secara baik pada saat membasuh telapak kaki sampai mata kaki, dapat menimbulkan perasaan tenang dan nyaman, karena telapak kaki merupakan cerminan atau bentuk seluruh perangkat tubuh.

Selain itu, seseorang yang berwudhu seakan-akan memijat seluruh tubuhnya satu per satu, padahal ia hanya membasuh kedua telapak kakinya dengan air dan memijatnya dengan baik. Hal ini merupakan salah satu rahasia dari timbulnya perasaan tenang dan nyaman yang dirasakan oleh seorang muslim yang telah berwudhu dengan sempurna, sebagaimana sabda Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam yang menjelaskan apabila seseorang sedang marah maka berwudhulah, karena perbuatan itu akan menentramkan hati. "Sesungguhnya marah itu (datang) dari setan, dan setan terbuat dari api, dan api hanya bisa dipadamkan oleh air. Oleh karena itu apabila salah seorang diantara kamu marah maka berwudhulah." (Hadits riwayat Abu Dawud)
Nah, itulah artikel tentang "Keutamaan Dan Manfaat Berwudhu Bagi Kesehatan". Apabila terdapat kesalahan dalam penulisan, mohon maaf. Jika ada kritik, saran maupun hal-hal lainnya, bisa menghubungi Admin di menu yang telah tersedia :) Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa membawa pengaruh yang baik. Wallahu a'lam bishshawwab
Kata kunci terkait pada artikel ini:

Ketentuan tentang wudhu dan khasiatnya bagi kesehatan
Gunakan tombol di bawah ini bila bermanfaat!