Go Green

Cara Mudah Meninggikan Badan Secara Alami

Cara Mudah Meninggikan Badan Secara Alami
Ruh4dian - Terkadang seseorang akan merasa kurang percaya diri (minder) apabila dikaruniai tubuh yang kurang tinggi, terutama bagi Anda yang sudah berusia 20 tahun ke atas. Namun, proses pertumbuhan tinggi badan seseorang dari mulai usia sekitar 20 tahun hanya akan semakin melambat. Tetapi walaupun demikian dalam kebanyakan kasus, hal itu dapat berubah-ubah. Jadi bagi Anda yang berusia sudah memasuki usia 20 tahun hingga lebih yang ingin meninggikan badan secara alami tidak ada salahnya juga untuk mencoba beberapa cara alami dan mudah untuk meninggikan badan, yaitu sebagai berikut.

1. Makan dengan bijak

Salah satu ciri makan dengan bijak ialah makan sesuai dengan jam dimana biasanya Anda makan. Misalnya pada 1 hari biasanya Anda melakukan aktivitas makan 4 kali sehari pada pukul 06:00, pukul 10:00, pukul 14:00 dan pukul 18:30, maka pada hari berikutnya pun pastikan Anda makan pada jam-jam tersebut. Dan juga pastikan jika Anda mengkonsumsi makanan atau asupan yang memiliki gizi yang seimbang dan diperlukan bagi tubuh Anda.

2. Lakukan latihan (olahraga) secara maksimal

Apa yang kita lakukan pada saat latihan atau senam, maka akan memberi kesan terhadap kelenjar pituitari (suatu kelenjar yang menghasilkan beberapa macam hormon yang  bertugas sebagai hormon pengatur beberapa kelenjar lain). Kekerapan (sering) kita melakukan latihan, maka akan menambahkan penghasilan hormon pertumbuhan. Seseorang yang kerap melakukan olahraga atau senam, akan menghasilkan lebih banyak hormon tersebut. Pastikan bahwa Anda rutin melakukan latihan sekurang-kurangnya 3 kali dalam seminggu, minimal 20 menit setiap sesesi (jangka waktu tertentu). Sebaiknya lakukan olahraga seperti berenang atau yang memerlukan banyak lompatan.

3. Konsumsi asupan penuh protein dan karbohidrat sebelum latihan

2 jam sebelum melakukan olahraga atau senam, sebaiknya anda konsumsi makanan yang mempunyai protein dan karbohirat. Meskipun Anda tidak merasakan lapar sebelum latihan, Anda boleh saja mengambil makanan ringan guna untuk menghindari rasa lapar ketika melakukan latihan. Mengapa demikian? Karena ahli makanan telah mendapati seseorang yang melakukan olahraga dengan perut kosong, maka akan mengalami penurunan terhadap penghasil hormon pertumbuhan sebanyak 54%.

4. Konsumsi multi-vitamin sebagai asupan tambahan

Pengambilan asam amino dalam pil muti-vitamin sebelum kita melakukan latihan bisa juga membantu dalam penghasil hormon pertumbuhan.

5. Tidur (istirahat) yang cukup

Pastikan Anda meluangkan waktu untuk beristirahat per harinya di atas tempat tidur sesuai dengan kebutuhan Anda dan waktu yang tepat. Karena kurang tidur dapat mengurangi penghasilan hormon pertumbuhan. Sedangkan tidur di waktu yang salah dan tidak teratur hanya akan membuat tubuh Anda tidak fresh (segar) saat bangun, meskipun sudah tidur cukup. Usahakan bagi balita mendapatkan waktu tidur yang cukup, yakni sekitar 9 jam. Sedangkan bagi remaja sampai dewasa ambillah waktu tidur sekitar 7-8 jam sehari.

6. HIndari makan dalam jumlah yang banyak menjelang waktu tidur

Hal yang satu ini perlu diperhatikan karena banyak orang yang mengabaikannya. Sebaiknya jangan ambil makanan dalam jumlah yang banyak sebelum Anda akan tidur. Hal ini  penting dilakukan agar tubuh tidak banyak menggalakan atau banyak mengeluarkan penghasil hormon insulin. Hormon insulin hanya akan menurunkan penghasil hormon pertumbuhan. Sedangkan tubuh kita akan menghasilkan hormon pertumbuhan dalam waktu sekitar 2 jam sesudah makan.
Nah, itulah artikel tentang "Cara Mudah Meninggikan Badan Secara Alami". Apabila terdapat kesalahan dalam penulisan, mohon maaf. Jika ada kritik, saran maupun hal-hal lainnya, bisa menghubungi Admin di menu yang telah tersedia :) Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa membawa pengaruh yang baik.
Kata kunci terkait pada artikel ini:

Tips ampuh menambah tinggi badan secara alami 
Gunakan tombol di bawah ini bila bermanfaat!