Go Green

Rotasi Bumi Dan Efeknya

Rotasi Bumi Dan Efeknya
Ruh4dian - Rotasi bumi merupakan perputaran bumi pada suatu sumbu yang tetap atau biasa disebut dengan perputaran bumi pada porosnya. Bumi berputar ke arah timur atau jika dilihat dari arah utara, maka bumi akan terlihat berputar melawan arah jarum jam. Untuk satu kali rotasi, bumi membutuhkan waktu sebanyak 24 jam (1 hari). Gerak rotasi bumi menyebabkan beberapa peristiwa. Nah, lalu peristiwa apa sajakah yang terjadi akibat dari rotasi bumi? Marilah kita simak ulasan-ulasan sebagai berikut!

1. Pergantian siang dan malam

Pada saat bumi berotasi, tidak semua bagian bumi mendapatkan sinar matahari secara bersamaan. Bagian-bagian bumi mendapatkan sinar matahari secara bergantian. Bagian bumi yang mendapatkan sinar matahari mengalami siang. Sementara itu, bagian yang tidak mendapatkan sinar matahari mengalami malam.

2. Gerak semu harian matahari

Bagaimanakah gerakan matahari jika dilihat dari bumi? Matahari selalu terbit di sebelah timur dan tenggelam di sebelah barat. Gerakan seperti ini disebut gerak semu harian matahari. Gerakan ini terjadi karena efek dari adanya rotasi bumi. Bumi berotasi dengan arah gerakan dari barat ke timur. Akibatnya, matahari seolah-olah bergerak dari timur ke barat.

3. Perbedaan waktu di berbagai tempat di bumi

Rotasi bumi menyebabkan adanya perbedaan waktu di berbagai tempat di dunia. Karenanya, kita sering menemui penulisan waktu yang disertai penandaan tempat. Contohnya, pukul 17.00 WIB (Waktu Indonesia bagian Barat), 20.00 WITA (Waktu Indonesia bagian Tengah), atau 06.00 WIT (Waktu Indonesia bagian Timur). Lalu apa sih fungsi penandaan tempat tersebut? Jika kita sudah mempelajari garis lintang dan garis bujur pada pelajaran IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial), maka kita bisa mengingat tentang garis ekuator. Garis-garis ini berkaitan erat dengan penentuan waktu di dunia.

Dalam satu kali rotasi, bumi membutuhkan waktu sebanyak 24 jam dan sudut tempuh sejauh 360 derajat. Berdasarkan hal tersebut, setiap tempat di bumi dengan jarak 15 derajat mempunyai perbedaan waktu satu jam. Jika jaraknya 30 derajat, maka perbedaan waktunya 2 jam, dan seterusnya. Angka ini berasal dari pembagian sudut tempuh dengan waktu tempuh (360 derajat : 24 = 15 derajat).

Indonesia terletak di antara 95 derajat bagian timur atau biasa disingkat (BT) dan 141 derajat bagian timur. Artinya, panjang wilayah Indonesia adalah 46 derajat. Karena setiap jarak 15 derajat selisih waktunya satu jam, maka Indonesia memiliki tiga daerah waktu. Tiga daerah waktu tersebut yaitu, waktu Indonesia bagian barat, waktu Indonesia bagian tengah, dan waktu Indonesia bagian timur.

Sedangkan kota Greenwich, London di Inggris terletak pada garis bujur 0 derajat. Oleh karena itu, waktu di kota ini digunakan sebagai patokan bagi waktu di seluruh dunia. Patokan waktu ini juga disebut greenwich mean time atau disingkat dengan GMT. Dengan mengacu standar greenwich mean time, maka waktu Indonesia bagian barat lebih cepat 7 jam dari greenwich mean time. Sementara itu, waktu Indonesia bagian tengah lebih cepat 8 jam dari greenwich mean time. Adapun waktu Indonesia bagian timur lebih cepat 9 jam dari greenwich mean time. Sebagai contoh, apabila green mean time menunjukkan pukul 03.00, maka waktu Indonesia bagian barat menunjukkan pukul 10.00, waktu Indonesia bagian tengah menunjukkan pukul 11.00, sedangkan waktu Indonesia bagian timur menunjukkan pukul 12.00. Pembagian waktu di Indonesia dapat dilihat pada tabel berikut.

Daerah Waktu Wilayah
Waktu Indonesia bagian Barat (WIB) Pulau Sumatra, Pulau Jawa, Pulau Madura, dan Kalimantan Barat
Waktu Indonesia bagian Tengah (WITA) Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, Pulau Sulawesi, Pulau Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur
Waktu Indonesia bagian Timur (WIT) Kepulauan Papua, dan Kepulauan Maluku

4. Perbedaan percepatan gravitasi di permukaan bumi

Rotasi bumi menyebabkan bumi berbentuk tidak bulat sempurna. Bumi pepat di bagian kutubnya. Bentuk ini mengakibatkan jari-jari bumi di daerah kutub dan khatulistiwa berbeda. Perbedaan jari-jari bumi menimbulkan perbedaan percepatan gravitasi di permukaan bumi. Perbedaan tersebut terutama di daerah khatulistiwa dengan kutub.

Nah, itulah artikel tentang "Rotasi Bumi Dan Efeknya". Apabila terdapat kesalahan dalam penulisan, mohon maaf. Jika ada kritik, saran maupun hal-hal lainnya, bisa menghubungi Admin di menu yang telah tersedia :) Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa membawa pengaruh yang baik.
Kata kunci terkait pada artikel ini:

Dampak perputaran bumi pada porosnya
Gunakan tombol di bawah ini bila bermanfaat!