Go Green

Tumbuhan Yang Mempunyai Ciri Khusus

Tumbuhan Yang Mempunyai Ciri Khusus
Ruh4dian - Ada beberapa jenis tumbuhan yang mempunyai ciri khusus yang membuatnya unik atau membuatnya berbeda dengan tumbuhan lain. Ciri-ciri tersebut memiliki hubungan dengan kemampuannya menyesuaikan diri terhadap lingkungan. Dengan penyesuaian diri itu tumbuhan bisa bertahan hidup. Berikut adalah ulasan-ulasan dari beberapa jenis tumbuhan yang mempunyai ciri khusus.

1. Tumbuhan mawar

Mawar merupakan tumbuhan yang memiliki bunga yang cukup indah. Namun, berhati-hatilah jika Anda ingin memetiknya. Sebab, Anda bisa terkena duri-durinya yang cukup tajam. Duri pada batang tumbuhan ini merupakan ciri khusus yang dimiliki oleh tumbuhan mawar. Duri tersebut berfungsi melindungi diri dari musuh. Sehingga musuh yang mendekat akan terkena duri tanaman mawar yang tajam.

2. Tumbuhan kaktus

Kaktus berasal dari daerah tandus dan bercurah hujan rendah. Kaktus merupakan tanaman yang memiliki bentuk yang beraneka macam. Ada yang berbulu seperti sikat atau batang berbentuk silinder. Tumbuhan ini dapat hidup dalam berbagai kondisi. Pada kondisi tandus, daun kaktus akan mengecil atau sama sekali tidak berdaun. Selain itu, batang kaktus juga menebal dan berlapis lilin. Batang tersebut memiliki fungsi sebagai tempat penyimpanan air.

3. Tumbuhan kantong semar

Kantong semar merupakan salah satu tumbuhan yang mempunyai keunikan. Tumbuhan ini memiliki kantong di bagian ujung daun. Kantong tersebut sebenarnya adalah ujung daun yang berubah bentuk. Kantong tersebut berfungsi untuk menangkap hewan, terutama serangga. Pada saat serangga masuk ke kantong, maka kantong akan segera menutup. Kemudian tumbuhan kantong semar akan mengeluarkan enzim untuk membunuh serangga yang telah tertangkap di dalamnya. Dan serangga inilah yang dijadikan makanan oleh tanaman kantong semar ini. Kantong semar hanya mengandalkan kantongnya untuk mendapatkan makanan. Namun tumbuhan ini tidak memerlukan pupuk. Pemberian pupuk pada tanaman ini justru dapat membuatnya mati.

4. Tumbuhan teratai

Teratai merupakan salah satu tumbuhan yang tumbuh di perairan. Bunganya memiliki ukuran yang cukup besar dan berwarna indah. Daun dan bunga pada tanaman ini tampak di permukaan air. Akan tetapi, akarnya berada di dasar perairan. Hal itu disebabkan karena teratai memiliki tangkai yang panjang. Pada tangkai dan akar, tumbuhan teratai memiliki rongga-rongga udara. Dan rongga udara inilah yang membantu pernapasan pada tumbuhan ini.

5. Tumbuhan putri malu

Putri malu merupakan tumbuhan yang memiliki daun yang dapat mengatup apabila disentuh. Dahannya halus, bercabang, dan berduri tajam. Namun, letak durinya jarang. Duri-duri tersebut berfungsi untuk melindungi diri dari serangan musuh. Jika tanaman ini dipotong, umbinya dapat bersemi. Bahkan, batangnya yang dipotong pun mampu menumbuhkan akar baru. Selanjutnya, akar tersebut tumbuh sebagai tanaman baru.

6. Tumbuhan raflesia

Raflesia merupakan tumbuhan yang memiliki bentuk bagai bunga raksasa. Berat bunga tumbuhan ini dapat mencapai 7 kg. Bunga ini dapat mengeluarkan bau yang busuk. Bau yang busuk tersebut menyebabkan serangga tertarik dan mendekatinya. Setelah dekat, serangga tersebut akan dimangsa oleh raflesia. Selain itu, tanaman raflesia juga dapat memantulkan cahaya. Dengan cahaya ini, maka akan membuat mangsanya seperti lalat datang mendekatinya. Ketika lalat sudah menghampiri, maka raflesia akan memangsanya.

Nah, itulah artikel tentang "Tumbuhan Yang Mempunyai Ciri Khusus". Apabila terdapat kesalahan dalam penulisan, mohon maaf. Jika ada kritik, saran maupun hal-hal lainnya, bisa menghubungi Admin di menu yang telah tersedia :) Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa membawa pengaruh yang baik.
Kata kunci terkait pada artikel ini:

Tanaman yang memiliki keunikan
Gunakan tombol di bawah ini bila bermanfaat!