Go Green

Ciri-ciri Gejala Penyakit Kanker Prostat

Gejala Penyakit Kanker Prostat
Ruh4dian - Kanker prostat merupakan penyakit kanker yang berkembang di prostat (sebuah kelenjar di dalam sistem reproduksi pria). Prostat merupakan kelenjar utama pada sistem reproduksi pria yang memiliki fungsi untuk memproduksi sebagian besar cairan di dalam sperma untuk menjaga sperma agar tetap hidup. Prostat terletak di bawah kandung kemih yang mengelilingi uretra (pangkal saluran kemih), yang apabila kelenjar prostat membengkak, maka kelenjar prostat bisa menekan saluran kemih, sehingga pada saat akan buang air kecil (berkemih), maka air kencing akan mengalami hambatan (tidak lancar) atau bahkan akan tersumbat.

Untuk lebih mengetahui dan memastikan apakah hanya terjadi pembesaran kelenjar prostat atau gejala kanker prostat, seorang pria dianjurkan untuk segera melakukan pemeriksaan  ke dokter apabila mengalami gejala sebagai berikut.

1. Sering ingin buang air kecil di malam hari

Sering terbangun di malam hari lebih dari sekali hanya untuk buang air kecil, dapat menandakan bahwa seseorang yang mengalami hal tersebut terkena gejala kanker prostat. Sebaiknya segeralah memeriksakan diri kepada dokter apabila mengalami hal seperti ini.

2. Sulit buang air kecil

Gejala kanker prostat dapat berupa perasaan ingin buang air kecil, akan tetapi tidak ada air kencing (urin) pun yang keluar, atau tiba-tiba berhenti saat sedang buang air kecil, masih ada perasaan ingin buang air kecil, ataupun air kencing keluar sedikit-sedikit. Gejala seperti ini muncul sebagai akibat membesarnya kelenjar prostat yang ada di sekitar saluran kemih karena ada tumor di dalamnya, sehingga proses buang air kecil pun menjadi terganggu.

3. Terasa nyeri (Sakit) pada saat buang air kecil

Masalah seperti ini juga sering disebabkan adanya tumor prostat yang menekan saluran kemih. Namun, rasa nyeri ini juga bisa merupakan gejala infeksi prostat yang disebut prostatitis. Bisa juga tanda hiperplasia prostat yang bukan merupakan kanker.

4. Keluar darah pada saat buang air kecil

Kadangkala infeksi saluran kemih pun dapat menyebabkan gejala seperti ini. Walaupun gejala seperti ini jarang terjadi, namun sebaiknya jangan diabaikan. Segeralah memeriksakan diri kepada dokter, meskipun darah yang keluar hanyalah sedikit.

5. Sulit ereksi maupun menahan ereksi

Pembesaran prostat bisa saja menyebabkan munculnya gejala seperti ini. Tumor prostat bisa saja menyebabkan aliran darah ke penis yang seharusnya meningkat ketika terjadinya ereksi menjadi terhalang, sehingga terjadilah kesulitan dalam ereksi. Bisa juga menyebabkan tidak bisa ejakulasi setelah ereksi.

6. Terjadi masalah pada saluran pencernaan

Kelenjar prostat terletak di bawah kandung kemih dan di depan rektum. Jadi, apabila terdapat tumor, maka pencernaan bisa saja menjadi terganggu.

7. Terasa nyeri terus-menerus di bagian punggung b
awah

Sering kali kanker prostat menyebar ke bagian-bagian seperti punggung bagian bawah, panggul maupun pinggul, sehingga bagian-bagian tersebut pun menjadi terasa nyeri. Jadi jangan diabaikan apabila sering merasa sakit pada bagian-bagian tersebut.


Pesan

Seperti halnya mesin (contohnya, sepeda motor atau mobil) yang memerlukan check up (pemeriksaan) atau service, tubuh manusia pun memerlukan check up secara medis atau biasa disebut dengan medical check up yang perlu dilakukan secara rutin. Selain berfungsi sebagai pencegahan, medical check up juga berfungsi untuk mengetahui kondisi tubuh maupun sebagai pendeteksi suatu penyakit sejak dini. Semakin dini suatu penyakit terdeteksi, maka dapat diberikan pertolongan dengan cepat. Dengan demikian penyakit tidak akan berlanjut ke tahap selanjutnya, sekaligus mencegah pertolongan yang lebih rumit.
Nah, itulah artikel tentang "Gejala Penyakit Kanker Prostat". Apabila terdapat kesalahan dalam penulisan, mohon maaf. Jika ada kritik, saran maupun hal-hal lainnya, bisa menghubungi Admin di menu yang telah tersedia :) Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa membawa pengaruh yang baik.
Kata kunci terkait pada artikel ini:

Gejala-gejala umum penyakit kanker prostat
Gunakan tombol di bawah ini bila bermanfaat!