Go Green

Khasiat Kamboja Bagi Kesehatan

Khasiat Kamboja
Ruh4dian - Tumbuhan kamboja (Plumeria rubra L.cv.Acutifolia) merupakan tumbuhan yang biasa ditanam sebagai tanaman hias di pekarangan, taman-taman, tumbuh liar di beberapa tempat atau bahkan di kuburan. Tumbuhan ini ternyata mempunyai manfaat sebagai obat untuk mengatasi beberapa macam penyakit. Diantaranya ialah, sebagai berikut.

1. Mengobati penyakit gonore (kencing nanah)

Caranya yang pertama sediakan sepotong akar kamboja, kemudian direbus dengan 3 gelas air bersih sampai tersisa 1 gelas. Setelah itu dinginkan dan saring,  lalu diminum.

Cara yang kedua, sediakan 3 jari kulit kamboja, kemudian dicuci dan dipotong-potong seperlunya. Selanjutnya rebus dengan 5 gelas air bersih sampai tersisa 2 1/4 gelas. Selanjutnya dinginkan dan saring, kemudian bisa dicampurkan madu seperlunya dan diminum. Minum ramuan tersebut 3 x 3/4 gelas sehari.

2. Mengobati benjolan (tumor)


Caranya, sediakan kulit kayu tumbuhan kamboja seperlunya, kemudian digiling halus. Selanjutnya tambahkan air bersih secukupnya hingga terasa seperti bubur. Setelah itu oles ramuan tersebut ke bagian tubuh yang terdapat benjolannya.

3. Mengobati syphilis (raja singa)


Caranya, sediakan 4 jari kulit batang kamboja, kemudian dicuci bersih dan dipotong-potong seperlunya. Setelah itu rebus dengan 4 x 1/2 gelas air bersih sampai tersisa 1/2 nya. Selanjutnya dinginkan dan saring, kemudian campurkan ramuan tersebut dengan air gula seperlunya, setelah itu diminum. Minum ramuan tersebut 3 x 3/4 gelas sehari.

4. Mengobati telapak kaki bengkak dan pecah-pecah


Caranya, sediakan sepotong kulit kamboja, kemudian direbus dengan 3 liter air bersih sampai mendidih. Setelah itu tunggu sampai hangat, kemudian gunakan air ramuan tersebut untuk merendam kaki yang bengkak maupun yang pecah-pecah.

5. Mengobati clavus (kapalan)


Caranya, sediakan bunga kamboja secukupnya, kemudian ambil dan oleskan getahnya pada bagian kulit yang terdapat kapalan. Lakukan cara tersebut secara konsisten sampai sembuh.

6. Mengobati penyakit bronchritis (radang saluran pernapasan)


Caranya, rebus bunga kamboja yang telah kering, kemudian didinginkan. Setelah itu diminum.
Nah, itulah artikel tentang "Khasiat Kamboja Bagi Kesehatan". Apabila terdapat kesalahan dalam penulisan, mohon maaf. Jika ada kritik, saran maupun hal-hal lainnya, bisa menghubungi Admin di menu yang telah tersedia :) Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa membawa pengaruh yang baik.
Kata kunci terkait pada artikel ini:

Manfaat kamboja bagi tubuh dan cara mengolahnya
Gunakan tombol di bawah ini bila bermanfaat!