Hewan Dan Tumbuhan Langka Di Indonesia

Hewan Dan Tumbuhan Langka Di Indonesia
Ruh4dian - Ada beberapa faktor yang menyebabkan kelangkaan dari sebagian jenis hewan dan tumbuhan di bumi ini, khususnya di Indonesia. Ada faktor yang disebabkan oleh sebagian manusia yang melakukan perusakan lingkungan dan pemburuan liar yang dilakukan demi keuntungan diri mereka sendiri, tanpa memikirkan dampak apa yang akan terjadi, mereka terus saja melakukan hal-hal demikian. Padahal hal itu bisa mengakibatkan terganggunya keseimbangan ekosistem. Dengan terjadinya ketidakseimbangan ekosistem, maka hal tersebut akan mengakibatkan dampak buruk sebagai berikut.
  • Bencana alam.
  • Punahnya suatu jenis atau spesies binatang maupun tumbuhan tertentu.
  • Munculnya suatu keanehan di suatu ekosistem (anomali).

Selain dari keterangan di atas, kelangkaan juga dapat terjadi karena perubahan lingkungan yang drastis. Hewan dan tumbuhan tidak dapat menyesuaikan diri terhadap lingkungan, akibatnya jumlah mereka semakin berkurang. Dengan terus berkurangnya suatu spesies hewan dan tumbuhan, maka hal itu dapat mengakibatkan populasi mereka menjadi langka , dan dikhawatirkan lama kelamaan bisa menjadi punah. Oleh karenannya, hewan dan tumbuhan langka harus dilindungi agar kepunahan tidak terjadi.

Daftar macam-macam hewan dan tumbuhan langka di Indonesia


Nah, lalu hewan dan tumbuhan langka apa saja yang dilindungi di Indonesia? Berikut adalah ulasan daftar berbagai macam hewan dan tumbuhan yang termasuk langka dan dilindungi di Indonesia.

1. Berbagai jenis hewan langka di Indonesia


No Daerah Asal Jenis Hewan Langka
1 Sumatra Harimau sumatra, orang utan, badak sumatra, tapir, ular sanca, dan gajah asia
2 Jawa Harimau jawa dan banteng
3 Kalimantan Orang utan
4 Sulawesi Babi rusa, rangkong, dan maleo
5 Papua Cendrawasih, kasuari, kanguru pohon, dan buaya irian
6 Nusa Tenggara Komodo

2. Berbagai jenis tumbuhan langka di Indonesia


No Daerah Asal Jenis Tumbuhan Langka
1 Sumatra Bunga bangkai dan kemenyan
2 Jawa Nangka celeng, kluwak, bendo, mundu, dan sawo kecik
3 Kalimantan Kayu besi/kayu ulin
4 Papua Matoa

Pesan

Sudah saatnya bagi kita selaku umat manusia yang mempunyai akal sehat dan mencintai kedamaian di bumi ini untuk senantiasa memiliki akhlaq dan prilaku yang baik, menyadari dan senantiasa peduli terhadap keseimbangan ekosistem di lingkungan kita maupun di luar lingkungan kita.

Selain itu hindari juga sifat egois dan serakah karena kedua hal tersebutlah yang dapat mendasari seseorang untuk melakukan berbagai cara agar mendapatkan keuntungan pribadi termasuk pengerusakan dan pemburuan liar. Oleh karena itu, selalu ingat bahwa hidupmu bukan hanya untuk dirimu saja dan segala macam perbuatanmu akan ada pertanggungjawaban dan balasannya sesuai dengan apa yang kamu kerjakan.

Nah, itulah artikel tentang "Hewan Dan Tumbuhan Langka Di Indonesia". Apabila terdapat kesalahan dalam penulisan, mohon maaf. Jika ada kritik, saran maupun hal-hal lainnya, bisa menghubungi Admin di menu yang telah tersedia :) Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa membawa pengaruh yang baik.

"Gambar dan isi tulisan di dalam postingan ini diambil dan diperbaharui dari berbagai sumber, mohon maaf apabila terdapat kesalahan, baik itu maksud dari isi postingan ini atau kesalahan apapun. Bijaklah dan selalu belajar untuk mengambil sisi positifnya ya sob!"

Kata kunci terkait pada artikel ini:

Macam-macam binatang dan tumbuhan langka di Indonesia