Friday, February 13, 2015

Cara Mengatasi Dan Mencegah Flek Di Wajah

Cara Mengatasi Dan Mencegah Flek Pada Wajah
Ruh4dian - Munculnya flek hitam (biasanya tampak seperti bintik-bintik kecoklatan) pada kulit area wajah seringkali membuat seseorang terganggu, termasuk kamu juga bukan? Kulit yang diharapkan bersih tak memiliki noda dan mulus tanpa masalah, malah terganggu dengan adanya flek yang muncul. Namun, tahukah kamu apa arti sebenarnya dari flek itu? Flek adalah penumpukan pigmen melanin pada kulit. Letaknya bisa di permukaan pada epidermis (kulit ari), atau pada dermis (kulit dalam). Flek pada area kulit wajah dapat timbul akibat berbagai macam faktor, antara lain yaitu:
  • Faktor keturunan. 
  • Bekas adanya jerawat.
  • Dampak atau akibat kehamilan.
  • Dampak atau akibat paparan sinar matahari.
  • Dampak atau akibat pemakaian obat hormonal.
  • Dampak atau akibat pemakaian obat antibiotik.
  • Dampak atau akibat pemakaian obat antiepilepsi.
  • Dampak atau akibat pemakaian obat antiperadangan.
  • Dampak atau akibat pemakaian kosmetik yang mengandung merkuri dan asam salisilat.

Nah setelah kamu sudah mengetahui faktor penyebabnya, sebaiknya kamu mulai menghindari point-point penting di atas cara mencegah munculnya flek, kecuali dari faktor kehamilan yang tidak bisa untuk kita dihindari (khusus bagi wanita) atau setelah munculnya jerawat yang membekas yang kemudian menjadi flek hitam dan atau mengkonsumsi obat-obatan yang memang mengharuskan kamu untuk mengkonsumsinya. Jadi bagaimana agar kita bisa mengatasi masalah tersebut atau terlanjur memiliki flek hitam? Ada beberapa cara alami yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah timbulnya flek pada wajah, yaitu sebagai berikut.

1. Dengan menggunakan kulit buah pepaya

Caranya, ambil bagian kulit buah pepaya seperlunya, lalu bersihkan dan haluskan. Setelah itu oleskan halusan kulit pepaya tersebut pada bagian flek yang terdapat pada kulit wajah. Diamkan dan tunggu hingga kering, kemudian cuci dengan air bersih.

2. Dengan menggunakan jeruk nipis

Caranya, sediakan jeruk nipis seperlunya, lalu belahlah hingga menjadi 2 bagian. Setelah itu ambil bagian belahan buah jeruk nipis tersebut, kemudian gosokkan pada area wajah secara lembut dan merata. Diamkan dan tunggu hingga kering, lalu setelah itu bersihkan dengan air hangat, kemudian bilas dengan air dingin.

3. Dengan menggunakan perpaduan antara jeruk nipis dan tomat

Caranya, Sediakan jeruk nipis dan tomat seperlunya. Belah jeruk nipis dan ambil airnya sedangkan tomat dipotong menjadi beberapa bagian. Selanjutnya campurkan air perasan jeruk nipis tersebut dengan potongan bagian-bagian tomat ke dalam blender, kemudian haluskan dengan cara diblender hingga halus. Setelah itu, oleskan bahan campuran air jeruk nipis dan tomat yang telah diblender tersebut ke bagian kulit wajah hingga merata. Diamkan dan tunggu hingga 10-15 menit, kemudian cuci dengan air bersih.

4. Dengan menggunakan buah bengkoang

Caranya, Sediakan buah bengkoang secukupnya. Setelah itu kupas kulitnya dan cuci bersih buahnya. Selanjutnya parut buah bengkoang secukupnya, dan oleskan parutan buahnya pada bagian kulit wajah yang terdapat flek secara lembut dan merata. Diamkan dan tunggu sekitar 15 menit hingga mengering, kemudian cuci dengan air bersih.


Informasi penting dan tambahan


Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan cara-cara tersebut secara rutin dan konsisten hingga flek hitam pada wajah kamu menghilang. Apabila terjadi sesuatu yang janggal ketika kamu menggunakan tips dan cara di atas (seperti jika terkena alergi dan lain-lain), sebaiknya dihentikan dan lebih baik kamu menghubungi atau mengunjungi langsung dokter ahli kulit khusunya kulit wajah.

Untuk mencegah dari faktor paparan sinar matahari, hindari paparan langsung sinar matahari antara pukul 09:00-15:00. Sebaiknya gunakan payung, topi atau semacamnya yang lebar untuk menghindari paparan langsung sinar ultarviolet dari matahari bila kamu mau bepergian keluar rumah antara jam-jam tersebut. Jangan lupa juga untuk menggunakan tabir surya (produk perawatan kulit untuk melindungi kulit dari radiasi sinar UV) yang tepat untuk melindungi kulitmu. Gunakan tabir surya secara berulang dalam waktu beberapa jam. SPF (Sun Protection Factor) 15 untuk aktivitas sehari-hari dan SPF 30 untuk paparan intens (sering).
Nah, itulah artikel tentang "Cara Mengatasi Dan Mencegah Flek Pada Wajah"Apabila terdapat kesalahan dalam penulisan, mohon maaf. Jika ada kritik, saran maupun hal-hal lainnya, bisa menghubungi Admin di menu yang telah tersedia :) Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa membawa pengaruh yang baik.
"Gambar dan isi tulisan di dalam postingan ini diambil dan diperbaharui dari berbagai sumber, mohon maaf apabila terdapat kesalahan, baik itu maksud dari isi postingan ini atau kesalahan apapun. Bijaklah dan selalu belajar untuk mengambil sisi positifnya ya sob!"

Kata kunci terkait pada artikel ini:

Tips mengobati dan mencegah flek hitam membandel di wajah

Cara Mengatasi Dan Mencegah Flek Di Wajah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Iqbal Ruhadian

0 komentar:

Post a Comment

Apa komentar kamu?