Saturday, November 17, 2018

Makanan Dan Minuman Yang Jangan Dikonsumsi Secara Bersamaan

Cara Terhindar Dari Serangan Beberapa Contoh Hewan Buas
Ruh4dian - Berbicara tentang konsumsi asupan makanan dan minuman untuk tubuh, maka hal tersebut tidak jauh dari pembahasan mengenai selera, cita rasa dan hal-hal lain sebagainya. Namun, tentunya dalam hal memberi asupan pada tubuh, tentulah kita perlu pilih-pilih, agar makanan maupun minuman yang akan kita makan bisa memberikan manfaat (berfaedah) bagi kondisi tubuh.

Ada berbagai jenis asupan tubuh yang jelas-jelas tidak baik untuk tubuh atau bisa berbahaya untuk kondisi kesehatan tubuh (entah karena dalam proses pembuatannya dicampurkan dengan bahan-bahan yang tidak sehat dan juga tidak aman), namun ada juga jenis asupan tubuh yang baik dan menyehatkan namun efeknya untuk tubuh menjadi tidak ada atau hanya sedikit saja manfaatnya, hingga bisa menimbulkan dampak negatif (bahaya) bagi tubuh karena asupan tersebut dicampurkan satu sama lain dan dikonsumsi secara bersamaan.

Nah, lalu jenis asupan apa sajakah itu? Adapun berbagai macam jenis asupan tubuh yang sebaiknya jangan dicampurkan satu sama lain dalam mengkonsumsinya di antaranya ialah, sebagai berikut.

1. Teh dengan susu

Sebenarnya, campuran antara minuman teh dengan susu dapat menghasilkan cita rasa yang enak dan unik, yang tentunya banyak disukai oleh orang-orang. Akan tetapi, sebaiknya hindari mencampurkan kedua jenis minuman ini katena keduanya memiliki kandungan yang tidak cocok. Protein dalam susu akan mengikat anti oksidan pada teh. Sedangkan, jika kita ketahui bahwa teh menjadi salah satu tanaman yang kandungan anti oksidannya sangat tinggi. Kemudian, kafein pada teh akan menurunkan daya serap tubuh terhadap kalsium tubuh. Jadi campuran dari keduanya tidak akan memberikan manfaat bagi tubuh atau akan percuma saja (manfaat teh tidak akan terasa begitu pula dengan manfaat susu). Jadi sebaiknya diminum secara terpisah dengan jangka waktu tertentu, hingga salah satu dari keduanya sudah dicerna dengan baik oleh tubuh.

2. Susu dengan juice jeruk

Campuran dua jenis asupan minuman ini tidak baik untuk tubuh. Sebagai mana kita ketahui, selain memiliki kandungan kalsium yang tinggi, susu pun memiliki kandungan protein yang tinggi, bisa mencapai hingga 80% dari keseluruhan susu. Sedangkan juice jeruk mengandung asam yang tinggi pula. Jadi jika keduanya tercampur di dalam pencernaan, maka enzim baik dalam pencernaan tersebut bisa hancur dan tentu saja hal itu dapat mengakibatkan radang pencernaan dan juga gangguan-gangguan pencernaan lainnya, serta kondisi tersebut dapat menjadi lebih parah lagi dengan ikut bercampurnya bahan makanan yang terbuat dari tepung-tepungan di dalam pencernaan.

3. Kentang dengan daging

Mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat dengan makanan yang berprotein hewani sebenarnya tidak terlalu baik. Dalam hal ini tentunya kentang dan daging, karena nantinya enzim pencernaan kedua zat antara karbohidrat dan protein hewani ini tidak mudah dicerna dengan baik oleh tubuh pada saat keduanya dimakan secara bersamaan. Jadi alangkah baiknya untuk tidak mencampurkan daging dengan kentang, namun apabila kamu menginginkan tambahan untuk mengkonsumsi daging, maka sayuran hijau lebih baik dan menjadi rekomendasi.

4. Daging dengan telur

Daging dan telur merupakan dua (2) sumber protein yang tinggi. Sehingga mengkonsumsi keduanya secara bersamaan bisa menjadi sia-sia untuk tubuh, karena satu sumber protein saja sebenarnya sudah cukup bagi tubuh. Apabila sumber protein dalam tubuh berlebih, maka hal itu malah hanya akan membuat sistem pencernaan kita bekerja lebih keras (ekstra) dan proses pencernaannya pun akan semakin lama.

5. Mentimun (timun) dan tomat

Mentimun dan tomat seringkali dijadikan juice dan dicampur secara bersamaan, dan biasanya hal tersebut dilakukan untuk terapi kesehatan atau usaha para pejuang diet di seluruh dunia dalam menjaga bobot tubuh. Namun, campuran antara mentimun dengan tomat ini bisa berbahaya untuk kesehatan tubuh. Kombinasi vitamin dari dua jenis sayuran buah ini tidak bisa dicerna dengan benar oleh tubuh, hingga membuat jalur bio kimia tubuh menjadi terganggu dan bisa mengakibatkan pembengkakan dan kalsinasi (pemanasan di dalam tubuh).

6. Tomat dengan pasta keju

Selain mentimun, padanan atau campuran lainnya yang tidak cocok dengan tomat ialah pasta keju. Padahal keduanya cukup sering juga menjadi konsumsian orang-orang. Dua campuran ini bisa mengakibatkan sistem pencernaan menjadi terganggu dan bisa pula membuat tubuh menjadi lebih mudah lelah.

7. Durian dengan minuman bersoda

Hal yang tidak baik dan sebaiknya jangan pernah dilakukan adalah mengkonsumsi buah durian bersamaan dengan minuman bersoda maupun minuman beralkohol. Bahkan meski seseorang telah selesai mengkonsumsi buah durian selama 8 (delapan) jam yang lalu, maka sebaiknya hindari mengkonsumsi minuman bersoda apalagi minuman beralkohol, karena hal itu bisa berdampak sangat negatif bagi tubuh. Kalori yang tinggi dalam buah durian dapat membantu pembakaran dalam tubuh, sehingga biasanya badan akan terasa panas setelah memakan durian. Apabila dicampur dengan mengkonsumsi soda maupun alkohol, maka pembakaran di dalam tubuh bisa meningkat 2 kali lipat dan hal itu bisa membuat pembuluh darah menyempit. Akibatnya tekanan darah akan naik dan bisa saja seseorang yang telah mengkonsumsi kedua jenis asupan tersebut terkena penyakit struk. Dengan demikian, sebaiknya setelah mengkonsumsi buah durian, alangkah baiknya meminum air mineral atau air tawar saja dan pastikan dalam jangka waktu sekitar 8 jam setelah mengkonsumsi buah durian, maka tidak ada minumal bersoda yang masuk ke tubuh. 

8. Kopi dan susu krimer

Meminum kopi yang ditambahkan dengan susu krimer merupakan kegemaran banyak orang. Namun ternyata kedua campuran tersebut dinilai tidak baik. Krimer memiliki kandungan lemak dan gula yang tinggi, dengan begitu hobi mengkonsumsi kopi susu krimer hanya dapat mengakibatkan diabetes dan memicu obesitas (kegemukan) pada tubuh. Jadi apabila kamu penggemar kopi, alangkah baiknya untuk menggunakan pemanis yang aman atau gunakan pemanis secukupnya saja.

9. Nasi dan mangga

Ada cukup banyak kebiasaan memakan nasi dengan memakai mangga sebagai lauknya. Kombinasi antara nasi dengan mangga ini tidak bagus untuk tubuh. Sebagai mana kita ketahui bahwa nasi merupakan sumber karbohidrat yang tinggi, sedangkan mangga merupakan buah dengan tingkat keasaman yang cukup tinggi pula. Jadi apabila keduanya dimakan secara bersamaan, maka bisa membuat organ pencernaan susah bekerja dengan maksimal.

10. Berbagai asupan makanan dengan minuman

Makan sambil minum air maupun meminum juice itu tidak terlalu baik. Mengapa demikian? Karena hal tersebut bisa mempengaruhi derajat Ph keasaman dalam tubuh. Apabila hal itu terjadi, maka tingkat penyerapan vitamin di dalam tubuh tidak terlalu bagus, serta proses pemecahan protein bisa terganggu. Jadi sebaiknya makan terlebih dahulu saja, baru setelahnya minum air, namun hal itu pun perlu menunggu makanan dicerna tubuh dulu (sekitar beberapa menit) barulah kita boleh meminum air.
Nah, itulah artikel tentang "Makanan Dan Minuman Yang Jangan Dikonsumsi Secara Bersamaan". Apabila terdapat kesalahan dalam penulisan, mohon maaf. Jika ada kritik, saran maupun hal-hal lainnya, bisa menghubungi Admin di menu yang telah tersedia :) Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa membawa pengaruh yang baik.
"Gambar dan isi tulisan di dalam postingan ini diambil dan diperbaharui dari berbagai sumber, mohon maaf apabila terdapat kesalahan, baik itu maksud dari isi postingan ini atau kesalahan apapun. Bijaklah dan selalu belajar untuk mengambil sisi positifnya ya sob!"

Kata kunci terkait pada artikel ini:

Asupan tubuh yang sebaiknya tidak dicampurkan bersamaan pada saat dimakan

Makanan Dan Minuman Yang Jangan Dikonsumsi Secara Bersamaan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Iqbal Ruhadian

0 komentar:

Post a Comment

Apa komentar kamu?