Kondisi Ibu Dan Janin Dalam Kandungan Di Penghujung Kehamilan

Kondisi Ibu Dan Janin Dalam Kandungan Di Penghujung Kehamilan
Ruh4dian - Pada saat janin di dalam kandungan sudah berjalan di bulan ke 8 hingga jalan 9 bulan, atau pekan (minggu) ke 37 hingga pekan 39, secara fisik janin di dalam kandungan tersebut (pada umumnya) sudah tampak sangat sempurna. Ia pun sesungguhnya sudah siap menghirup udara di luar kandungan jika keadaan memaksanya untuk bersalin. Namun hingga menuju proses bersalin, yakni umumnya di pekan 37 hingga 39, janin di dalam kandungan masih terus mengalami proses-proses tertentu.

Kondisi janin di dalam kandungan saat sudah memasuki pekan ke 37 hingga 39


Nah, adapun berbagai proses yang terjadi pada janin dalam kandungan, kira-kira di pekan ke 37 hingga pekan 39 ialah, sebagai berikut.


Kondisi janin di pekan ke 37


  • Paru-parunya sudah sangat matang dan siap menyesuaikan diri untuk hidup di luar rahim, meski jadwal kelahiran biasanya masih 3 minggu lagi, yakni pada pekan ke 40.
  • Berat janin di pekan ini normalnya berkisar 2.75 kg (kilo gram) dan tubuhnya sepanjang kira-kira lebih dari 48 cm (centi meter).
  • Rambutnya audah lumayan lebat dengan panjang mencapai1.5 hingga 3 cm.

Kondisi janin di pekan ke 38


  • Janin sudah berbentuk sangat sempurna.
  • Genggamannya sudah tambah kuat.
  • Semua organ tubuhnya sudah matang dan siap digunakan untuk hidup di luar kandungan.

Kondisi janin di pekan ke 39


  • Janin terus membangun lapisan lemak untuk membantunya menyesuaikan diri dengan temperatur di luar kandungan.
  • Berat janin di pekan ini normalnya berkisar 3.18 kg hingga lebih dan normalnya panjang tubuhnya kira-kira lebih dari 50 cm.
  • Lapisan terluar kulitnya mengelupas dan digantikan oleh lapisan kulit di bawahnya.

Kondisi yang bisa ibu hamil alami dan rasakan pada fase pekan ke 8 hingga 9 bulan


  • Kontraksi (braxton hicks) dan kontraksi palsu mungkin sudah hadir di fase ini.
  • Mungkin akan ada juga perubahan pada vagina (terasa lebih tebal, basah, dan sebagainya). Jika terlihat flek darah atau cairan kental dengan sedikit darah, mungkin persalinan akan berlangsung beberapa hari lagi. Namun apabila warna darahnya jelas dan banyak, maka segeralah periksakan ke rumah sakit.
  • Bengkak-bengkak di kaki dan engkel adalah gejala normal di minggu-minggu ini. Akan tetapi, jika ada pembengkakan yang tak biasa, maka sebagaiknya segera periksakan diri ke dokter kandungan.
  • Dokter mungkin akan melakukan juga pemeriksaan internal untuk melihat apakah leher rahim sudah terlihat matang; melembut, menipis dan terbuka.

Perbedaan kontraksi palsu dengan kontraksi sungguhan


Kadang agak sulit membedakan mana dan kapan kontraksi benar-benar menajadi penanda terjadinya persalinan, namun berikut beberapa hal yang mungkin bisa dijadikan patokan, sebagai berikut.
  • Kontraksi palsu tidak bisa diprediksi, sehingga kontraksi jenis ini datang dengan interval yang tak teratur dan durasi serta intensitasnya bervariasi. Sementara kontraksi yang benar meski awalnya tidak teratur, namun lama-kelamaan akan menjadi teratur dan semakin pendek jarak jedanya, bertambah intens dan lebih panjang.
  • Kontraksi palsu menimbulkan nyeri (rasa sakit) terpusat di perut bagian bawah. Sedangkan kontraksi asli, menyebabkan rasa nyeri yang muncul dimulai dari belakang (punggung) kemudian menjalar hingga ke bagian perut depan.
  • Kontraksi palsu biasanya akan mereda sendiri jika sang ibu memulai atau menghentikan aktivitas atau mengganti posisi tubuh. Sedangkan kontraksi asli akan terus menetap dan meningkat terus, tak peduli apapun yang ibu lakukan.

Tanda-tanda bersalin


Pada pekan ke 37 hingga pekan 39, bisa saja terjadi persalinan yang lebih cepat, sehingga ada baiknya kita mengenal dan ketahui tanda jika sang janin sudah akan bersalin, yakni:
  • Bila janin di posisi jalan lahir dengan kepala di bawah, maka sang ibu akan merasakan beban berat di panggul (pelvis) dan adanya tekanan tepat di bawah tulang rusuk.
  • Akan ada kontraksi dan apabila kontraksi yang terjadi itu sering dan intens, maka hal itu bisa menjadi penanda persalinan dini, selama leher rahim sudah matang dan tahapan bukaan sudah benar-benar muncul. Beberapa ibu hamil merasakan kram dan nyeri seperti mau mens.
  • Muncul penyumbat lendir yang merupakan segumpal lendir yang menutup saluran leher rahim. Gumpalan ini dapat keluar selama beberapa hari. Lendirnya akan tampak ada sedikit darahnya berwarna coklat, merah muda atau merah.
  • Air ketuban pecah. Beberapa ibu hamil terkadang mengalami kontraksi sebelum air ketubannya pecah. Tapi ada juga yang didahului dengan pecahnya ketuban. Jika ini terjadi, maka persalinan akan segera terjadi.

Yang bisa ibu lakukan di masa-masa penghujung kehamilan


  • Memanfaatkan waktu untuk memantapkan lagi ilmu menyusui atau menyelesaikan beberapa pekerjaan rumah yang mungkin tak bisa ibu lakukan bila janin sudah lahir nanti.
  • Mengambil tidur siang, membaca sesuatu yang bermanfaat baik itu dari buku, majalah dan lain-lain, dan menghabiskan waktu berkualitas dengan suami selagi bisa.
  • Menyerap informasi seputar perawatan bayi. Inilah saat yang tepat untuk melahap semua informasi mengenai perawatan bayi dari berbagai sumber. Jika saat ini ibu tidak menyerap informasi saat ini, maka nanti ibu takkan punya cukup waktu untuk menyerap informasi apabila janin telah lahir (di minggu-minggu pertama kelahiran).
  • Membeli bra menyusui, jika ibu berencana menyusui ASI (Air Susu Ibu)ekslusif 6 bulan. Membawa bra tersebut ke rumah sakit (tempat bersalin) ketika bersalin nanti. Membeli bra menyusui dengan ukuran yang lebih besar sedikit yang mungkin ukurannya naik satu sampai dua tingkat dari ukuran biasanya. Selain itu, membeli pad puting payudara pun cukup penting untuk menahan keluarnya ASI agar tidak membasahi baju ibu nantinya.

Nah, itulah artikel tentang "Kondisi Ibu Dan Janin Dalam Kandungan Di Penghujung Kehamilan". Apabila terdapat kesalahan dalam penulisan, mohon maaf. Jika ada kritik, saran maupun hal-hal lainnya, bisa menghubungi Admin di menu yang telah tersedia :) Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa membawa pengaruh yang baik.

"Gambar dan isi tulisan di dalam postingan ini diambil dan diperbaharui dari berbagai sumber, mohon maaf apabila terdapat kesalahan, baik itu maksud dari isi postingan ini atau kesalahan apapun. Bijaklah dan selalu belajar untuk mengambil sisi positifnya ya sob!"

Kata kunci terkait pada artikel ini:

Yang terjadi pada ibu dan janin di bulan ke 8 hingga 9