Tips Belanja Di Toko Online Yang Harus Diperhatikan

Tips Belanja Di Toko Online Yang Harus Diperhatikan
Ruh4dian - Kita mungkin telah menyadari bahwasanya seiring dengan berjalannya waktu setiap saatnya selalu ada saja perubahan khususnya terhadap teknologi yang semakin canggih saja dan semakin memudahkan dan atau semakin membantu kita selaku manusia di dalam menjalani aktivitas di dalam hidup, sehingga hal itu pun berdampak pada meningkatnya keinginan kita sebagai manusia untuk mendapatkan segala sesuatunya dengan mudah dan cepat, tidak terkecuali dalam membeli barang-barang yang kita butuhkan atau pun yang tengah diidam-idamkan dengan cara yang serba simple atau mudah, sehingga tentu saja nama online shop atau biasa dikenal dengan 'toko online' semakin diminati oleh banyak orang.

Nah, sebelum membahas tips belanja di toko online, ada baiknya untuk kamu simak terlebih dahulu penjelasan mengenai kelebihan dan kekurangan berbelanja di toko online, sebagai berikut.

Kelebihan dan kekurangan belanja online di toko online



Kelebihan berbelanja online di toko online


Saat ini kita tau bahwa banyak toko online yang terkemuka dan terpercaya seperti di antaranya: Lazada, Toko pedia, Shopee, Blibli, Buka lapak, dan lain-lain, yang membuat banyak orang menjadi lebih tertarik berbelanja di toko-toko online tersebut. Bagaimana tidak? Dengan hanya menggunakan media seperti smartphone (hp) atau laptop, komputer dan semacamnya ditambah dengan jaringan internet yang kita tahu bahwasanya saat ini penggunaan itu (media dan internet) tengah marak dan nampak sudah menjadi kebutuhan sehari-hari, tentu saja hal tersebut merupakan salah satu bentuk kemudahan bagi kita sebagai manusia masa kini dalam mengakses toko online.

Seperti misalnya langsung menuju ke situs toko online tersebut dan setelahnya kita mencari barang atau prodak yang kita inginkan, kemudian memesan / menentukan barang yang kita mau tersebut, lalu membayarnya melalui bermacam jenis pembayaran seperti via transfer atau via minimarket, dan lain sebagainya (pada beberapa jenis barang tertentu biasanya jenis pembayarannya bisa menggunakan sistem bayar di tempat atau istilahnya COD) dan setelah itu kita hanya tinggal menunggu barang pesanan kita tersebut sampai ke tempat kita atau tujuan yang kita inginkan.

Itulah yang menjadikan belanja online itu dirasa sangat simple tanpa harus repot-repot mencari barang ke sana ke mari dan buang-buang energi , waktu dan biaya (ongkos bensin dan sebagainya). Selain itu, keberagaman dan kelengkapan barangnya yang luar biasa, di mana ada banyak sekali barang yang tersedia dan dijual bebas di sana, dari mulai barang hingga pembayaran pulsa, token, listrik dan sebagainya, dari barang yang kecil hingga yang besar, dari barang yang ada banyak di sekitar lingkungan kita hingga barang yang jarang atau bahkan tidak ada di lingkungan kita atau jarang ada dan semuanya hampir tersedia di sana dengan harga yang sesuai dengan harga jualnya.

Selain itu juga, apabila barang tidak sesuai dengan pesanan kita, maka barang bisa ditukarkan, bahkan bisa saja kembali uang. Kemudian sistem transaksinya pun dijamin aman karena uang yang dibayar dan dikirimkan oleh pembeli akan dipegang terlebih dahulu oleh toko online terkait, sebelum pada akhirnya diserahkan kepada penjual barang setelah pembeli memastikan terlebih dahulu barangnya.

Nah, hal-hal semacam itulah yang merupakan kelebihan dari berbelanja di toko online yang terkemuka dan terpercaya yang juga menjadi penyebab orang-orang menjadi lebih tertarik untuk berbelanja online.

Kekurangan berbelanja online di toko online yang meski terkemuka dan terpercaya


Namun meskipun demikian, tentu saja dibalik kelebihan pasti ada kekurangan / kelemahan, jadi bukan berarti toko online yang terkemuka dan terpercaya itu selalu menyenangkan dan tidak ada sisi kekurangannya, bahkan ada sebagian orang yang mungkin menjadi kecewa hingga merasa kapok dan tidak ingin lagi berbelanja di toko online, yah misalnya saja ketika mereka mendapati ketidak sesuaian barang pesanan yang telah diharapkan dengan harapan yang besar, padahal yang dipesannya adalah barang A, eh malah yang datang barang C, padahal digambar dan atau dideskripsinya barang itu B, eh kok barang aslinya kok D, yang diharapkan segera datang, eh malah proses pengiriman barangnya malah memakan waktu lama hingga berminggu-minggu, bahkan biasanya pun waktu pengiriman barang yang paling cepat adalah 3 harian saja, jadi bagi yang berharap untuk bisa mendapatkan barang yang diinginkan dengan jangka waktu kurang dari 2 hari, maka tetap simpanlah harapanmu kepada Sang Pencipta :).

Selain itu, biasanya proses pengembalian barangnya biasanya mengharuskan kita mengeluarkan uang lagi, ditambah dengan proses waktunya yang bisa berhari-hari atau mungkin lebih lama lagi (tergantung dari lokasi si penjual dengan kita sebagai pembeli, kurir dan respon dari si penjual).

Selain itu juga, proses pengembalian uang biasanya hanya terjadi apabila si penjual menyetujui proses pengembalian uang setelah barangnya kamu kembalikan dengan aman (tidak kurang dan tidak rusak), atau pada saat kamu ingin membeli barang namun tidak ada respon dari penjual (penjual tidak sedang atau tidak aktif). Biasanya itupun proses pengembalian uangnya harus menggunakan kartu ATM dengan proses yang tidak langsung.

Tips belanja di toko online: Lazada / Toko Pedia / Shopee / Blibli / Buka Lapak / DLL


Nah, sekarang kamu sudah semakin paham kan mengenai toko online? Jika ya, maka Admin ingin berbagi tips belanja online untuk meminimalisir (mengurangi kemungkinan) kamu mengalami hal-hal yang berhubungan dengan kekurangan dari belanja di toko online yang tentunya tidak kamu inginkan, bukan? Langsung saja.

1. Tinjau penilaian dari pembeli dan lokasi penjual


Ketika kamu sudah berada di halaman pencarian barang dan kamu telah menemukan barang yang kamu inginkan, maka langkah pertama lihat terlebih dahulu penilaian yang telah diberikan oleh para pembeli barang tersebut dan juga lokasi penjual, sebagai contoh lihat gambar berikut.
Tips Belanja Di Toko Online Yang Harus Diperhatikan
Jadi bila kamu belum paham apa artinya itu, maka dari gambar tersebut di atas, yang ditandai dengan kotak merah itu merupakan penilaian dari para pembeli barang tersebut yang telah berhasil membeli dan menerima barang tersebut. Penilaiannya ditandai dengan bintang berwarna kuning itu, dan terdapat 4 bintang, itu artinya rata-rata setiap 1 barang dari 486 itu mendapatkan 4 dari 5 bintang, sehingga kepuasan  pembeli dalam berbelanja / membeli barang tersebut cukup baik dan bahkan terbilang bagus.

Sedangkan lokasi si penjual tersebut (contoh gambar di atas yakni: Kota Tangerang) perlu diperhatikan, sebab jarak lokasi penjual dengan lokasi kita sebagai pembeli merupakan salah satu faktor penentu cepatnya proses pengiriman barang nantinya.

Nah, apabila point No. 1 ini telah kamu jalani dan kamu pun tertarik, maka lanjut ke point berikutnya.

2. Tinjau nilai si penjual barang


Tips Belanja Di Toko Online Yang Harus Diperhatikan
Setelah kamu melakukan point pertama (No. 1 di atas), maka selanjutnya tinjau terlebih dahulu si penjual / seller / toko tersebut, apakah tingkat penilaian  positif dari para pembelinyanya baik ataukah tidak, sebagaimana contoh gambar di atas, penilaian seller (nilai bagi si penjual barang tersebut terhadap keseluruhan barang jualnya) sebesar 83%, itu artinya kepuasan para pembeli pada keseluruhan layanannya seller (penjual) ini tinggi (bagus). Kemudian 'Pengiriman tepat waktu' dan 'Tingkat respon chat' amat sangat baik (hampir mendekati 100%), itu artinya penjual ini proses pengirimannya mungkin selalu lancar dan dinilai cepat, dan tanggapan terhadap pertannyaan atau pesan dari para calom pembelinya selama ini selalu dibalas dengan tanggap.

3. Baca dan pahami deskripsi / keterangan barang dan kirim pesan atau pertanyaan bila perlu


Tips Belanja Di Toko Online Yang Harus Diperhatikan
Apabila point kedua pun dinilai baik, maka langkah selanjutnya baca dan pahami deskripsi barangnya, contohnya apabila barang yang ingin kamu beli itu merupakan sebuah tas, maka pastikan deskripsi tas tersebut bisa kamu pahami, seperti misalnya ukuran tasnya, bahannya, modelnya cocok untuk apa, dan lain sebagainya. Namun apabila ada sesuatu yang kurang atau yang ingin kamu pastikan lagi, maka kirimkan pesan pada penjual.

4. Lihat dan nilai komentar (review) dari para pembeli


Tips Belanja Di Toko Online Yang Harus Diperhatikan
Point yang ke empat ini merupakan faktor yang sangat penting, kenapa? Karena dari sinilah kita bisa melihat bagaimana reaksi dari orang-orang yang telah membeli dan menerima barang tersebut, sehingga kita bisa belajar dari mereka dan menentukan apakah nantinya barang tersebut sesuai ekspektasi (harapan) kita dan datang tepat waktu sesuai jadwal ataukah sebaliknya.

5. Berdoa


Ini sebenarnya adalah cara / point yang seharusnya pertama kali dan yang paling utama harus dilakukan, bahkan dalam setiap kita menjalani kehidupan di dunia ini, mengingat segalanya  (kehendak baik dan buruk) ada dan dikendalikan oleh Sang Pencipta Yang Maha Kuasa, sehingga dengan kita berdoa kepada-Nya dengan tujuan meminta agar dimudahkan, dihindarkan dari sesuatu yang buruk dan diberikan yang terbaik, maka sesuatu yang seharusnya bisa berakibat buruk malah berbalik menjadi suatu kebaikan, atau apapun hal yang terjadi, maka kita akan kita bisa menyadari bahwasannya inilah yang terbaik. Dengan demikian jangan lupa untuk selalu berdoa ya sob!

Nah, itulah artikel tentang "Tips Belanja Di Toko Online Yang Harus Diperhatikan". Apabila terdapat kesalahan dalam penulisan, mohon maaf. Jika ada kritik, saran maupun hal-hal lainnya, bisa menghubungi Admin di menu yang telah tersedia :) Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa membawa pengaruh yang baik.

"Gambar di dalam postingan ini diambil dan diperbaharui dari berbagai sumber, mohon maaf apabila terdapat kesalahan, baik itu maksud dari isi postingan ini atau kesalahan apapun. Bijaklah dan selalu belajar untuk mengambil sisi positifnya ya sob!"

Kata kunci terkait pada artikel ini:

Tips ketika hendak berbelanja online agar sesuai harapan