Bahaya, Ciri-ciri Dan Kemunculan Dajjal Berdasarkan Hadits Shahih

Bahaya, Ciri-ciri Dan Kemunculan Dajjal Berdasarkan Hadits Shahih
Ruh4dian - Munculnya Al-Masih palsu, yakni Dajjal merupakan salah satu tanda / fenomena besar dari 10 tanda kiamat kubro (besar) yang menandakan bahwa kiamat sangat dekat. Dan kemunculan Dajjal ini akan membawa fitnah terberat bagi umat manusia yang kelak masih hidup di dunia ini, yaitu dengan mempengaruhi semua umat manusia tersebut agar menganggap dirinya (Dajjal) adalah Tuhan (dalam kata lain membuat orang-orang tertipu dan jauh dari kebenaran), dan Dajjal akan membawa bala tentaranya, kekuatan sihir dan lain semacamnya atas izin Allah sebagai cara ia (Dajjal) melakukan tipu daya berupa hal-hal yang kita anggap mustahil dan kenikmatan yang ditujukan agar umat manusia mengakuinya sebagai Tuhan dan menjadi pengikutnya.

Lantas, mengapa Allah melakukan hal demikian dan menciptakan Dajjal? Yakni sebagai ujian, untuk menilai mana orang-orang yang betul-betul beriman dan berpegang teguh kepada ajaran agama-Nya yang lurus, dan mana yang tidak. Mana orang-orang yang jujur atas keimanannya dan mana orang-orang yang munafik.

Siapa saja manusia yang telah menjadi pengikut  / penyembah Dajjal kelak, maka hingga ia menghembuskan nafas terakhir (meninggal dunia), maka ia akan tetap menjadi pengikutnya atau dalam kata lain maka ia tetap akan menjadi kafir selamanya (mungkin karena efek sihirnya). 

Selain itu bagi kita yang seorang muslim, meski mungkin tingkat keimanan yang telah kita miliki dinilai dan dirasa sudah tinggi (besar keimanannya kepada Allah Ta'ala), namun bila sengaja menjumpai Dajjal (entah untuk melawannya atau alasan apapun), maka keimanannya itu akan luntur dan kita pada akhirnya hanya akan menjadi penyembah Dajjal. Sungguh mengerikan bukan? Semoga Allah senantiasa melindungi kita semua dan memberikan selalu petunjuk serta bimbingannya di jalan Allah yang lurus. Aamiin. Nah sob, di sini Admin akan menyajikan hadits-hadits shahih tentang fitnah akhir zaman yang ditandai oleh kemunculan Dajjal yang telah diriwayatnya oleh Imam Bukhari yang juga telah diriwayatkan oleh Imam Muslim, yakni sebagai berikut.

Hadits shahih tentang Dajjal (Master Tipu Daya)



Tentang ciri-ciri Dajjal


Diriwayatkan dari Anas bin Malik radhiyallahu 'anhu katanya: Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam telah bersabda: "Tiada seorang Nabi pun yang diutuskan melainkan dia memberi peringatan (yang menakutkan) kepada umatnya tentang penipu yang buta sebelah matanya. Ketahuilah bahwa Dajjal itu buta sebelah matanya dan Rabb kamu tidak buta sebelah matanya dan ditulis di antara dua matanya (Dajjal) Kaf Fa dan Ra (dibaca kafir menggunakan huruf hijaiyah)."

Diriwayatkan dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu katanya: Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam telah bersabda: "Perhatian! Aku akan menceritakan kepada kamu tentang Dajjal apa yang belum diceritakan oleh Nabi kepada kaumnya. Sesungguhnya Dajjal itu buta sebelah matanya. Dia akan datang membawa bersamanya seperti surga dan neraka. Surga yang didakwa oleh Dajjal itu sebenarnya adalah neraka. Aku memperingatkan kamu (dalam masalah Dajjal) sebagaimana Nabi Nuh memperingatkan kaumnya."

Diriwayatkan dari Huzaifah radhiyallahu 'anhu katanya: Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam telah bersabda: "Dajjal ialah orang yang buta matanya sebelah kiri, lebat (panjang) rambutnya serta dia mempunyai Surga dan Neraka. Nerakanya itu merupakan Surga dan Surganya pula ialah Neraka."

Tentang kehebatan tipu daya Dajjal


Diriwayatkan dari Al-Mughirah bin Syu'bah radhiyallahu 'anhu katanya: Tiada seorang pun yang bertanya kepada Nabi shallallahu 'alaihi wasallam tentang Dajjal lebih banyak dari apa yang aku tanya Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Apakah yang menyusahkan kamu. Dia tidak bisa memberi sembarang kemudaratan kepada kamu." Aku berkata: "Wahai Rasulullah! Mereka berkata, dia (Dajjal) mempunyai makanan dan sungai." Nabi bersabda lagi: "Dia merupakan makhluk yang paling hina karena bisa menipu para mukmin dengan nikmat yang diberikan oleh Allah kepadanya."

Diriwayatkan dari Abu Said Al-Khudri radhiyallahu 'anhu katanya: Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam telah menceritakan kepada kami pada satu hari, cerita yang panjang tentang Dajjal. Antara perkara yang Nabi ceritakan kepada kami ialah sabdanya: "Dajjal akan datang sedangkan dia tidak dapat memasuki jalan-jalan dan lereng-lereng bukit di Madinah maka dia berhenti di kawasan tanah yang masin dan gersang (tiada tumbuh-tumbuhan) yang terletak setelah Madinah. Maka keluar pada hari itu seorang lelaki yang paling baik atau (perawi ragu-ragu) antara manusia yang baik lalu lelaki itu berkata kepada Dajjal: "Aku bersaksi sesungguhnya engkau ini adalah Dajjal sebagaimana yang telah diceritakan oleh Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam dalam haditsnya." Dajjal pun bertanya: "Apa pendapat kamu sekiranya aku mematikan yang ini kemudian aku menghidupkannya kembali?" Apakah kamu ragu-ragu tentang masalah itu? Lelaki itu menjawab: "Tidak." Maka Dajjal telah membunuhnya kemudian menghidupkannya kembali. Lalu lelaki itu berkata setelah Dajjal menghidupkannya: "Demi Allah. Aku lebih mengetahui tentang dirimu sekarang ini dari apa yang aku tahu kemarin." Abu Said menyambung lagi: Dajjal ingin membunuh lelaki itu tetapi tidak berhasil.

Tentang tempat-tempat yang akan dimasuki oleh Dajjal


Diriwayatkan dari Anas bin Malik radhiyallahu 'anhu katanya: Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: "Tidak ada negara (dalam dunia) melainkan akan dilanda oleh Dajjal kecuali Makkah dan Madinah karena setiap jalan dan lereng bukit dijagai oleh barisan malaikat. Oleh karena itu Dajjal akan turun (berhenti) di satu kawasan bernama Sibkhah (tanah kering lagi masin) maka Madinah bergegar sebanyak tiga kali, kemudian semua para Kuffar (orang kafir) dan para Munafik keluar dari Madinah menemui Dajjal."

Nah, itulah artikel tentang "Bahaya, Ciri-ciri Dan Kemunculan Dajjal Berdasarkan Hadits Shahih". Apabila terdapat kesalahan dalam penulisan, mohon maaf. Jika ada kritik, saran maupun hal-hal lainnya, bisa menghubungi Admin di menu yang telah tersedia :) Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa membawa pengaruh yang baik. Wallahu a'lam bishshawwab

"Gambar dan isi tulisan di dalam postingan ini diambil dan diperbaharui dari berbagai sumber, mohon maaf apabila terdapat kesalahan maksud dari isi postingan ini. Bijaklah dan selalu belajar untuk mengambil sisi positifnya ya sob!"

Kata kunci terkait pada artikel ini:

Hadits-hadits shahih tentang ciri fisik dam fitnah yang berat atas kemunculan Dajjal di akhir zaman