Cara Menjaga Hubungan Pertemanan Agar Tetap Harmonis

Cara Menjaga Hubungan Pertemanan Agar Tetap Harmonis
Ruh4dian - Suasana di mana hubungan dengan teman atau sahabat terjalin dengan harmonis, memang sepantasnya menjadi sebuah keinginan dan harapan kita di dalam hubungan pertemanan, khususnya bagi yang memang mencintai kedamaian di dalam hidup. Bagaimana tidak? Ketika kita melihat orang lain saja yang sedang saling bermusuhan atau bertikai dengan teman sesamanya, hal itu tentu bisa saja membuat diri kita yang melihatnya merasa khawatir dan bahkan bisa merasa terganggu, apalagi apabila kita yang berada di posisi orang tersebut, sehingga memang hubungan kita dengan teman atau sahabat kita di dalam hidup ini memanglah harus terjalin dengan baik dan harmonis.

Dengan teman atau sahabat, kita bisa menempuh sebuah tujuan hidup bersamanya dan saling membantu satu sama lainnya. Ketika kita sedang berduka atau sedang dirundung masalah, maka tentu teman akan senantiasa datang untuk menemani kita, menghibur kita,  dan bahkan hadir untuk memberikan solusi dari permasalahan yang sedang kita alami.

Selain itu teman juga akan senang untuk mendoakan kebaikan bagi diri kita sebagai temannya, atau minimal ketika kita sedang berduka, maka ia akan ingat pada kita ketika ia tidak mampu berbuat apa-apa, kemudian ia akan mendoakan untuk kebaikan diri kita, dan begitulah sebaliknya bagaimana sikap kita kepadanya, sehingga hal itu tentu merupakan suatu kebaikan antar sesama umat manusia di dalam kehidupan ini yang memang seharusnya selalu tercipta di dunia ini.

Tapi sebelumnya, kita memang harus tahu terlebih dahulu mana orang-orang yang memang pantas menjadi teman bergaul kita untuk diperjuangkan keberadaanya, dan mana yang tidak. Tolak ukur dari teman yang pantas dijadikan sebagai teman bergaul itu adalah teman yang bersamanya kita mendapatkan setidaknya lebih banyak pengaruh positif (kebaikan) terhadap diri kita (manfaat-manfaat baik darinya lebih terasa) ketimbang pengaruh buruknya bagi diri kita.

Jadi intinya kita memang perlu memilah dan memilih terlebih dahulu mana teman yang mempunyai pengaruh besar dalam memberikan pengaruh kebaikan untuk diri kita dan mana yang tidak, mana teman yang mengajak kita untuk sama-sama melangkah ke depan, dan mana yang ingin menjatuhkan, mana teman yang memberikan kenyamanan, mana yang tidak, mana teman yang benar-benar tulus, dan mana yang bermuka dua.

Ketika kita tahu mana orang yang tepat dan memang pantas disebut sebagai teman, maka tentu ia harus kita pertahankan, kita jalin hubungan baik dengannya, genggam tangannya jangan sampai dia pergi karena kecewa atas prilaku kita yang melampaui batas atau karena kita terlalu sering mengabaikannya. Kita harus ingat bahwa untuk mendapatkan 1 orang teman yang benar-benar teman itu tidaklah mudah. 


Sedangkan untuk orang-orang yang tidak menggap penting hubungan pertemanan itu, mereka mungkin terlalu banyak, mereka biasanya hanya ingin menikmati kesenangan saja dari diri kita, suka memanfaatkan kita demi keuntungan pribadinya, tidak mau saling memahami, sehingga cukuplah sebatas "hai" saja ketika berjumpa dengannya atau sebatas sapaan hangat saja untuk mereka, namun untuk bergaul dan lebih akrab dengannya, maka lebih baik untuk tidak dilakukan.

Namun meski demikian, bahwa terkadang hubungan pertemanan di dalam hidup itu jika begitu-begitu saja tanpa kita tahu bagaimana untuk menjaga dan mempertahankan hubungan pertemanan agar bisa tetap terjalin dengan baik dan harmonis, maka hal itu tidaklah luput dari kemunculan yang namanya masalah, yang bisa menimbulkan keretakan di dalam hubungan kita, yang di dalamnya terdapat kekesalan atau perasaan marah yang menyulut sebuah masalah yang tadinya hanya masalah kecil, bisa menjadi masalah yang semakin besar dan berkepanjangan.

Tentu kita sebagai makhluk sosial yang memang masih mengharapkan kedamaian dalam hubungan pertemanan dan menjunjung tinggi nilai solidaritas, tentu tidak nyaman dengan keadaan-keadaan pertemanan yang dihinggapi masalah, dan tentunya kita mengharapkan hubungan dengan teman itu inginnya selalu terjalin dengan baik, nyaman, akrab, cenderung harmonis, dan juga bahagia.

Nah, untuk itu, maka perlu bagi kita untuk senantiasa berusaha menjaga hubungan pertemanan di dalam hidup dengan teman atau sahabat yang memang pantas disebut sebagai teman sesungguhnya. Sedangkan cara menjaga hubungan dengan teman agar bisa terjalin tetap baik dan harmonis itu adalah dengan melalui usaha-usaha tertentu dari diri kita sendiri terlebih dahulu yang harus mampu menciptakan kondisi dan suasana di dalam hubungan pertemanan kita itu bisa membawa pengaruh atau contoh yang baik.

Usaha-usaha untuk membuat hubungan dengan teman / sahabat tetap terjalin dengan baik dan harmonis



1. Membiasakan diri untuk tidak bersikap dan berprilaku buruk


Ini adalah usaha pertama yang harus kita lakukan jika ingin hubungan dengan teman atau sahabat terjalin dengan baik. Kita bisa rasakan sendiri apabila kita terbiasa bersikap atau berprilaku tidak baik, maka rasanya untuk melakukan usaha-usaha lainnya dalam hal menjalin hubungan baik dengan teman ini tentulah tidak akan berjalan dengan semestinya, misalnya saja ketika kita merasa dengki ketika melihat teman kita sendiri mendapatkan keberuntungan, mungkinkah hal itu membuat kita ingin berusaha agar hubungan kita dengan teman kita itu berjalan dengan baik? Tentu saja tidak, kita hanya akan fokus pada rasa dengki itu dan mungkin akan muncul kebencian yang malah bisa membawa pertengkaran.

Jadi sebelum kita melakukan usaha-usaha yang tepat berikutnya, maka hindari terlebih dahulu kebiasaan kita dalam bersikap dan berprilaku yang buruk-buruk, karena kita tidak bisa menyatukan sikap dan prilaku yang buruk dengan tujuan baik kita, karena keduanya berlainan (bertentangan).

2. Mengaplikasikan pribadi yang bernilai dalam berhubungan dengan sesama


Pribadi yang bernilai itu sama artinya dengan bagaimana kita menyikapi segala sesuatunya dengan sikap dan prilaku yang baik dan benar, sedangkan contoh dari sikap dan prilaku yang bernilai itu cukup banyak. Namun demikian, meski seringkali kita mengetahui mana hal-hal yang baik untuk orang-orang yang mempunyai hubungan dengan kita dan mana hal-hal yang tidak, namun permasalahannya terletak pada ketidakmauan diri kita untuk bertindak atau mempraktekkan kebaikan itu pada mereka, sehingga tentunya hal itu menjadi percuma saja.

Perlu kita tahu, sikap dan prilaku bernilai di dalam hubungan pertemanan itu akan membuat mereka merasa senang terhadap sosok diri kita, sehingga tentunya hal itu akan membuat teman-teman kita merasa membutuhkan kehadiran orang seperti kita di dalam hidupnya dan tidak ingin hubungannya dengan kita bermasalah, bahkan tidak akan terbesit sedikit pun di dalam pikirannya untuk mempunyai masalah dengan kita. Nah, adapun di antara sikap dan prilaku bernilai yang perlu diketahui dan diterapkan itu adalah:

#Supel


Supel atau pandai dalam bergaul, tentunya cukup disukai oleh orang-orang pada umumnya, misalnya saja orang yang supel itu senang memberi salam dan menegur sapa terhadap temannya, suka memberikan senyuman dengan tulus di dalam hubungan pertemanan, dan lain sebagainya, yang tentunya perilaku tersebut merupakan penentu utama dalam menciptakan suana hangat dalam hubungan pertemanan dan juga ada kebahagiaan di dalamnya.

Dengan prilaku yang supel dari diri kita, maka teman-teman yang berinteraksi dengan kita bisa terkena pengaruh positifnya. Ketika kita memberikan senyuman misalnya, maka orang yang menerimanya bisa terpengaruh suasana hatinya menjadi lebih baik dan suasana yang ada akan menuju ke kekeadaan yang damai.

Atau misalnya ketika kita bersikap akrab melalui ucapan dan sapaan yang hangat, tentulah hal itu bisa membuat keadaan hati orang tersebut merasa senang dan nyaman ketika berinteraksi dengan kita. Sehingga prilaku supel ini adalah salah satu hal yang penting dalam terciptanya hubungan dengan teman (sahabat) agar terjalin dengan baik dan harmonis.

#Menghargai


Menghargai akan membuat seseorang merasa dirinya dianggap dan diperlakukan dengan baik, dan hal tersebut merupakan kunci dalam hubungan pertemanan agar senantiasa terjalin dengan baik. Misalnya ketika kita bertukar pikiran dengan teman kita, dan teman kita memberikan pendapatnya, maka kita harus senantiasa menanggapi pendapat dari dirinya itu dan tidak merendahkan pendapatnya, dan cukup ingatkan dengan cara baik-baik apabila pendapatnya keliru (salah). Atau ketika teman kita mencurahkan isi hatinya (curhat) perihal permasalahan yang ia alami di sekolah, maka kita haruslah bersedia mendengarkannya dan jika bisa, berikan solusi atau masukan yang baik dari curhatannya tersebut, sehingga teman kita itu akan merasa senang dan tidak salah bergaul dengan kita dan ia akan sentiasa menjaga agar hubungan pertemanan dengan kita itu bisa terus terjalin dengan baik dan bisa selalu akrab.

#Jalin komunikasi baik atau gunakan kata-kata dan gaya bicara yang tepat


Kita tahu bahwa berkomunikasi atau berkata-kata merupakan hal yang paling banyak kita lakukan, baik ketika kita baru berjumpa dengan teman, pada saat sedang bersama dengan mereka, atau bahkan melalui media sekalipun (contohnya: melalui pesan via handphone, via komputer dan melalui media-media komunikasi lainnya), sehingga dalam berkomunikasi ini kita haruslah menjaga aturan dalam berbicara yang baik dan benar, seperti halnya: menggunakan tata krama yang baik dalam berbicara, sopan santun, nada bicara yang sesuai, menghindari kata-kata kasar dan rawan mengundang masalah, dan mengikuti aturan berbicara lain sebagainya. Mengingat dalam berkomunikasi ini sering menjadi salah satu penyebab utama dari munculnya permasalahan dengan teman, maka kita harus berhati-hati dalam berkomunikasi.

#Menjaga hati dan perasaan teman


Seringkali masalah yang muncul di dalam hubungan pertemanan itu disebabkan karena seseorang tidak menjaga hati dan perasaan temannya, sehingga hal ini menyebabkan teman merasa kecewa atau bahkan marah, dan ujung-ujungnya bisa menyebabkan perpecahan di dalam hubungan pertemanan. Misalnya, pada saat teman kita membuat kesalahan, dan kemudian kita memberikan nasihat atas kesalahannya tersebut di depan publik atau teman-teman lainnya dengan cara yang keras, meski mungkin maksud kita baik, akan tetapi hal itu tentu saja bisa membuat teman kita merasa bahwa dirinya itu bukan sedang diberi nasihat, melainkan sedang mendapatkan hinaan dan dipermalukan.

Nah, sehingga perlu kita tahu bahwa hati dan perasaan seseorang itu sifatnya bisa sangat sensitif, jika tergores sedikit saja oleh sikap dan prilaku yang salah (meski niatnya baik), bisa menimbulkan kecewa atau rasa marah yang tidak berkepanjangan. Jadi sebaiknya jagalah hati dan perasaan teman kita agar senantiasa tercipta hubungan yang baik dengannya.

#Memaafkan kesalahan teman dan meminta maaf ketika kita salah kepadanya


Kita tahu bahwa sebagai manusia ini kita tidak luput dari yang namanya salah, sehingga kita harus sadar bahwa meskipun orang-orang yang mempunyai hubungan dengan kita memiliki kesalahan terhadap diri kita, maka kita harus berbesar hati untuk berusaha memaafkannya, apalagi bila masalah yang ia buat itu hanyalah masalah yang sepele (kecil) saja. Namun, jika memang kesalahannya teramat besar dan merugikan diri kita, maka tetap harus kita maafkan, dan biarlah dia menerima hukumannya sesuai dengan apa yang dia lakukan.

Sedangkan, sekecil apapun kesalahan yang kita lakukan (dampak kesalahannya tidaklah besar), tetaplah kita harus meminta maaf atas kesalahan itu, meskipun kita lihat teman kita tidak merasa kesal atau kecewa atas kesalahan kita itu, karena mungkin saja apa yang nampak seperti baik-baik saja, bisa saja sebenarnya itu tidak baik, isi hati seseorang hanya Sang Pencipta dan seseorang itulah yang mengetahuinya.

#Memahami dan peduli


Siapa yang tidak senang jika dirinya dipahami dan diperdulikan? Tentu saja tidak ada satu pun orang yang tidak senang. Misalnya ketika kita sedang mengalami keadaan duka, kemudian teman kita datang untuk menemani kita, memberikan semangat dan juga menghibur kita, tentulah hal itu akan membuat diri kita ini merasa diperhatikan dan mendapat perlakuan yang layak, di mana kita memang membutuhkan hal-hal itu dari teman kita, sehingga hal tersebut memberikan perasaan yang baik di dalam hubungan antar kita dengan teman kita, sehingga sikap dan prilaku memahami dan peduli merupakan hal yang harus ada di dalam hubungan pertemanan agar pertemanan bisa tetap terjalin dengan baik dan harmonis.

#Berusaha menolong semampu kita ketika mereka butuh bantuan


Sudah sepatutnya kita sebagai manusia memang saling tolong menolong. Ketika mengetahui atau melihat teman kita sedang mengalami masalah dalam urusan bisnisnya misalnya, maka kita harus berusaha untuk memberikan solusi dari permasalahannya itu, minimal dengan ucapan-ucapan yang memberikan semangat atau masukan untuk keberhasilan dari masalah bisnisnya itu apabila memang kita tidak bisa memberikan apa-apa untuk menolongnya. Yah intinya ada bentuk usaha pertolongan dari diri kita terhadap teman kita yang sedang membutuhkan bantuan itu agar hubungan dengannya tetap berjalan dengan baik.

3. Peka terhadap situasi berbeda dan cari tahu penyebabnya


Terkadang orang-orang yang mempunyai hubungan dengan kita itu tanpa alasan yang jelas tiba-tiba menjauh dan memusuhi kita. Padahal selama ini kita rasa, kita tidak melakukan hal-hal membuatnya terganggu. Sehingga, hal tersebut hanya membuat diri kita bertanya-tanya, "mengapa begitu?", "ada apa ya sebenarnya?", "apa salah saya?" dan pertanyaan-pertanyaan lainnya yang membuat kita malah semakin bingung.

Nah, kita jangan cuma bingung atau bahkan terus cuek saja dan menunggu keadaan yang berbeda ini terus menerus berjalan seperti ini, sebaiknya ambillah tindakan segera untuk mendekati teman kita itu, sambil menanyakan alasannya berbuat demikian, kemudian cari solusinya dan segera perbaiki apa yang salah, karena jika kita mengabaikan atau tidak memperhatikan apa yang sebenarnya mereka butuhkan atau harapkan dari diri kita, maka hal ini biasanya akan menyulut masalah yang kecil menjadi semakin besar dan semakin sulit nantinya untuk diatasi.

4. Jangan selalu serius dalam bergaul dan sesekali berikan candaan yang pantas


Apa jadinya hubungan pertemanan jika di dalamnya dipenuhi dengan interaksi melalui sikap dan perbuatan yang selalu serius? Tentu saja yang akan terjadi adalah timbulnya rasa bosan dan semakin bosan di dalam hubungan pertemanan tersebut, sehingga tidak ada kenyamanan di dalam hubungan pertemanan jika terus berlangsung seperti itu. Oleh karena itu, sebaiknya berinteraksilah dengan sewajarnya dan tidak terlalu serius, dan mengeluarkan candaan sesekali adalah hal yang tepat untuk membangun mood (suasana hati) kita bersama menjadi lebih baik ketika suasana mulai membosankan.

5. Berdoa kepada Sang Pencipta


Terkadang kita lupa bahwa memanjatkan segala keinginan dan harapan baik kita dengan doa kepada Sang Pencipta itu adalah hal yang sangat penting selain berusaha. Padahal dengan doa, maka usaha-usaha baik yang kita lakukan bisa berjalan dengan lancar, mengingat Sang Penciptalah yang mempunyai kehendak dan yang menentukan apakah usaha-usaha kita tersebut itu bisa berjalan lancar ataukah tidak. Dengan doa yang di dalamnya berisi keinginan dan permohonan yang baik, pasti akan dikabulkan oleh-Nya, sehingga tanpa doa kepada-Nya, meskipun bisa berhasil, namun rasanya tujuan kita itu tidak akan berjalan dengan baik nantinya dan bisa memunculkan masalah-masalah di kedepannya.

Selain itu, tanpa kita berdoa kepada Sang Pencipta, berarti kita telah bersikap sombong terhadap-Nya, padahal Dialah Yang Maha Agung dan Maha Kuasa atas segala sesuatu dan kita telah menyalahi aturan sebagai makhluk yang seharusnya terus bergantung kepada-Nya. Jadi mulailah mengisi segala keinginan dan harapan baik kita dengan berdoa kepada Sang Pencipta.

Pesan

Apa yang menjadi tujuan baik kita dalam hubungan pertemanan adalah hal yang penting. Namun, ada kalanya kita harus mengambil sikap dan prilaku yang benar menyesuaikan dengan ajaran agama yang lurus, mengingat teman itu terkadang ada yang terasa sikapnya itu baik namun ia membuat kita menjauh dari mengingat Sang Pencipta. Dengan demikian, bertemanlah diiringi dengan rasa iman kepada Sang Pencipta, agar hidup senantiasa terarah dengan baik juga benar!


Nah, itulah artikel tentang "Cara Menjaga Hubungan Pertemanan Agar Tetap Harmonis". Apabila terdapat kesalahan dalam penulisan, mohon maaf. Jika ada kritik, saran maupun hal-hal lainnya, bisa menghubungi Admin di menu yang telah tersedia :) Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa membawa pengaruh yang baik.

"Gambar dan isi tulisan di dalam postingan ini diambil dan diperbaharui dari berbagai sumber, mohon maaf apabila terdapat kesalahan, baik itu maksud dari isi postingan ini atau kesalahan apapun. Bijaklah dan selalu belajar untuk mengambil sisi positifnya ya sob!"

Kata kunci terkait pada artikel ini:

Tips menjaga hubungan pertemanan agar tetap hangat