Macam-macam Penyebab Umum Sakit Kepala

Macam-macam Penyebab Umum Sakit Kepala
Ilustrasi seorang manusia

Ruh4dian - Mungkin banyak orang yang mengalami sakit kepala yang muncul cukup rutin, kemudian ia merasa khawatir sakit kepala tersebut merupakan salah satu tanda-tanda atau gejala penyakit serius, akan tetapi bisa saja sakit kepala tersebut sebenarbya hanyalah sakit kepala biasa yang diakibatkan oleh hal-hal biasa pula uang akan admin bahas pada ulasan kali ini.

Nah sebelumnya, mungkin ketika kepala sobat terasa nyeri, maka kemungkinan hal yang pertama kali sobat pikirkan adalah mendapat obat sakit kepala, bukan? Ya memang rata-rata semua orang di seluruh dunia ini umumnya melakukan hal yang sama. Namun yang harus sobat ketahui bahwasanya obat sakit kepala itu hanya untuk meredakan rasa nyeri di kepala kita untuk sementara waktu saja.

Bisa saja setelah mengkonsumsi obat sakit kepala rasa nyeri di bagian kepala sobat tersebut hanya mengalami sembuh sesaat, dan kemudian keesokan harinya atau seminggu kemudian rasa sakit itu muncul kembali.

Sedangkan jika sobat terus menerus mengkonsumsi obat sakit kepala, maka yang dikhawatirkan adalah efek samping yang negatif (tidak baik) dari obat tersebut.

Nah adapun macam-macam penyebab sakit kepala yang biasa terjadi di kalangan masyarakat, kurang lebih ada 6 macam penyebab, yaitu :

1. Dampak akibat kurang tidur

Pada saat kita tidur, tubuh akan melakukan recovery (perbaikan) atas kerusakan yang disebabkan stress dalam keseharian, salah satunya adalah bagian otak. Sedangkan pada bagian otak ada yang namanya neuron atau syaraf-syaraf di otak pada cortex cerebral atau cortex di otak.

Jadi neuron akan dipulihkan kembali dengan sendirinya pada saat kita tidur. Sehingga bukan pada saat kita makan tubuh mengalami pemulihan, melainkan ketika kita tidur. Makanan hanya mengisi nutrisi bagi perbaikan otak dan bagian tubuh lainnya, namun prosesnya adalah di saat kita tidur.

2. Dampak akibat stress

Bisa dikatakan semua orang di dunia ini pernah mengalami stress. Akan tetapi yang terpenting adalah bukan seberapa besar stress dihadapi, melainkan adalah bagaimana kita memanajemen (mengatur) stress atau bagaimana cara sobat dalam merespon stress ini.

Sakit kepala yang dihasilkan akibat stress paling banyak adalah TTH (Tension Type Headadche). Jadi tipe sakit kepala seperti ini terasa kaku di bagian belakang kepala sampai ke pundak dan leher.

Selain itu jika sobat pegang bagian tersebut rasanya keras seperti papan. Hal ini menyebabkan kondisi otot terlalu tegang dan otomatis pembuluh darah serta syaraf di situ akan tertekan.

Banyak dari mereka yang mengalami sakit kepala tipe ini akhirnya mencari obat untuk relaksasi. Padahal sebenarnya penyebab utamanya adalah karena stress diri sendiri.

3. Dampak akibat dehidrasi

Tubuh kita sebagai manusia itu kurang lebih 70% terdiri dari cairan. Sehingga air di dalam tubuh kita itu sangat berperan penting untuk melancarkan sirkulasi dan metabolisme di dalam tubuh.

Jadi jika seseorang kekurangan cairan, maka sirkulasi dan metabolisme di dalam tubuh orang tersebut akan terganggu, begitu pula dengan peredaran nutrisi dan peredaran oksigen ke otak seseorang. Karena sekali lagi 70% tubuh manusia itu adalah cairan.

Jadi peredaran mengalami gangguan, maka otak yang membutuhkan suplai oksigen dan nutrisi tadi akan terganggu juga. Jadi tubuh memerlukan cairan, jumlah cairannya sekitar 40 cc per kilogram berat badan kita.

Dan dalam kondisi cuaca lebih panas atau ketika sobat sedang berolahraga, maka sobat boleh menaikkan jumlah cairan kamu.

4. Dampak akibat terserang pilek

Biasanya pilek itu paling banyak disebabkan oleh infeksi virus yang akan menyebabkan peradangan. Jadi apabila tubuh mengalami peradangan, maka biasanya akan mengalami sakit di seluruh sendi, termasuk kepala sobat.

Jika hal ini terjadi, maka yang sobat butuhkan adalah beristirahat lebih banyak dan mengkonsumsi lebih banyak air putih dan juga vitamin C. Tentu saja sobat bisa mendapatkannya daei sayuran dan buah-buahan atau bisa juga dari makanan tambahan seperti suplemen.

5. Dampak akibat sakit gigi

Sakit gigi sangat erat kaitannya dengan sakit kepala, karena posisi dan syarafnya sangat dekat dan terhubung dengan kepala.

Banyak orang yang sangat malas untuk kontrol atau memeriksa gigi dan atau menjaga kebersihan gigi mereka. Akhirnya giginya mengalami kerusakan (contohnya gigi berlubang) yang tak jarang menimbulkan rasa sakit yang sangat mengganggu rutinitas.

Oleh karenanya, disarankan kepada sobat untuk kontrol ke dokter gigi yang terpercaya setiap 6 bulan sekali sekaligus sobat juga harus berupaya menjaga kebersihan mulut sobat sendiri agar mengurangi resiko terjadinya kerusakan gigi.

6. Dampak akibat mengkonsumsi makanan maupun minuman dingin terlalu cepat

Syaraf di mulut berhubungan juga dengan syaraf di otak sehingga jika terganggu, maka seseorang akan mengalami sakit kepala.

Hal itu disebabkan karena tubuh perlu waktu untuk menormalkan kembali suhu yang terlalu dingin, tubuh perlu memecah ATP (Adenosin Trifosfat) untuk menghasilkan energi.

Rasa sakit akibat terlalu cepat dalam mengkonsumsi makanan atau minuman dingin memang biasanya tidak berlangsung lama. Tapi jika sobat sering melakukannya, maka otomatis tidak baik juga bagi tubuh sobat.

Nah, itulah artikel tentang "Perbedaan Antara Manusia Dengan Malaikat". Apabila terdapat kesalahan dalam penulisan, mohon maaf. Jika ada kritik, saran maupun hal-hal lainnya, bisa menghubungi Admin di menu yang telah tersedia :) Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa membawa pengaruh yang baik. Wallahu a'lam bisshawab

"Gambar dan isi tulisan di dalam postingan ini diambil dan diperbaharui dari berbagai sumber, mohon maaf apabila terdapat kesalahan, baik itu maksud dari isi postingan ini atau kesalahan apapun. Bijaklah dan selalu belajar untuk mengambil sisi positifnya ya sob!"

Kata kunci terkait pada artikel ini:

Berbagai faktor penyebab sakit kepala yang biasa terjadi